Miung.com

Kamis, 04 April 2013

cara membuat email gmail dengan mudah

Surat elektronik atau dalam bahasa Inggris dipanggil dengan Email merupakan sarana untuk mengirim surat melalui jaringan komputer (online melalui koneksi internet). Dibandingkan dengan mengirim surat biasanya, mengirim surat melalui email jauh lebih mudah dan lebih murah. Dengan surat biasa anda harus membeli kertas, amplop pembungkus surat dan anda juga harus membeli perangko (alat yang digunakan untuk membayar pengiriman surat). Dengan menggunakan pos elektronik (email) anda tidak perlu lagi harus membayar semacam itu, mungkin anda hanya akan dikenakan biaya koneksi internet.

Alamat email biasanya memiliki ciri khusus yakni selalu memiliki tanda @ (at) misalnya saja anda memiliki nama Harap Bagi maka alamat email anda nantinya adala harapbagi@email.com, jika anda membuat email di gmail berarti alamat email anda nantinya akan menjadi harapbagi@gmail.com.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari Email, mulai dari harganya yang murah (bahkan gratis) hingga bisa mengurangi pemanasan global (global warming). Taukah anda bahwa kertas-kertas yang selama ini anda buat untuk mengirim surat terbuat dari kayu yang berusia minimal 5 tahun? Bayangkan jika semua kayu yang berusia 5 tahun hanya untuk habis mengirim surat saja maka pohon akan semakin berkurang dan pemanasan global tak dapat di hindarkan. Selain itu biasanya kertas yang habis digunakan untuk mengirim surat setelah isi suratnya di baca maka akan dibuang begitu saja, hal ini tentu saja merupakan pemborosan,

Email biasanya dibuat untuk menggantikan surat biasa, baik itu surat resmi (formal) maupun surat pribadi. Untuk kalangan remaja biasanya mereka lebih sering menggunakan SMS untuk sekedar kontak dengan teman atau dengan pacar mereka. SMS memang tidak cocok jika dijadikan pengiriman surat resmi, karena memang SMS hanya digunakan untuk mengirim pesan singkat. SMS cocok digunakan untuk mereka para remaja khususnya untuk SMS-an dengan kekasih mereka.

Kembali ke jdul artikel ini bagaimana sebenarnya cara membuat email di gmail.com? Sebenarnya untuk bisa membuat email di gmail itu sangatlah mudah. Gmail didesain untuk gratis jadi anda bisa memiliki email di gmail secara gratis di sana. Untuk membuat email di gmail hal utama yang anda butuhkan adalah akun google, dengan satu akun google anda bisa memiliki Youtube, memiliki sebuah blog di blogger, gmail, goole+ dan masih banyak lagi. Nah simak deh cara membuat email di gmail di bawah ini:

Pertama silakan kunjungi situs resmi Gmail di alamat Gmail.com, pada halaman pertama Gmail, anda akan diminta untuk memasukkan email dan password yang anda miliki. Berhubung anda belum memiliki sebuah email, abaikan saja email dan password tersebut dan langsung klik buat akun baru (lihat gambar di bawah):

Berikutnya anda akan diminta untuk memasukkan data-data pendaftaran. Sebagai contoh saja, nama saya adalah Dedi setiawan, saya ingin memiliki alamat email setiawandedi68@gmail.com, tanggal lahir saya adalah 19-12-1995 dan saya adalah seorang laki-laki yang memiliki nomor telepon 082325850241
saya bertempat tinggal di Indonesia dan sebelumnya saya belum pernah memiliki alamat email. Berhubung saya belum memiliki alamat email maka saya kosongi. Kemudian klik Langkah berikutnya.

Setelah itu anda akan diminta untuk memverifikasi nomor telepon yang tadi anda masukkan. Pilihlah verifikasi melalui SMS, untuk lebih lanjutnya silakan lihat di bawah ini:

Klik lanjutkan kemudian segera buka HP anda di sana akan terdapat SMS dari google yang memberi tau apa kode verifikasinya. Biasanya kode verifikasi terdiri dari 6 digit yang kesemuanya adalah angka. Lihatlah kode verifikasi yang telah saya terima, anda harus memasukkannya ke dalam kotak yang disediakan.

Silakan Klik lanjutkan kemudian anda akan menemukan halaman dengan tampilan seperti di bawah ini. Langsung klik saja Langkah berikutnya.

Setelah ini akun email anda sudah jadi, untuk menyelesaikan pembuatan email di gmail silakan klik lanjutkan ke gmail, seperti gambar di bawah ini:

Sekarang anda sudah memiliki email, untuk membuka email anda silakan kunjungi situs gmail.com. Disana masukkan alamat email dan password yang baru saja anda masukkan, apabila ada seseorang yang mengirimkan anda email maka akan masuk ke bagian inbox. Sekian artikel ini semoga membawa manfaat bagi anda yang membacanya, jangan lupa jika main ke Yogyakarta silakan mampir ke candi prambanan. Kalau bukan kita sendiri yang mengunjungi tempat wisata dalam negeri lalu siapa lagi? Tidak harus ke luar negeri di dalam negeri juga masih banyak tempat wisata.

Terimakasih atas waktunya untuk membaca ... !
Rating: 4.5