Miung.com

Saturday, April 27, 2013

cara mempercepat komputer (laptop)

Seperti halnya dengan manusia komputer pada awalnya cepat dan sangat responsive, namun seiring makin banyaknya software yang di instal dan semakin banyak pula penggunaan memori penyimpanan dapat menyebabkan komputer yang sebelumnya cepat menjadi lambat. Selain itu faktor dari usia juga menyebabkan beberapa komponen dalam komputer menjadi tua dan sudah tak bisa lagi jika di ajak untuk bekerja secara cepat, seperti halnya manusia yang sudah tua pasti berjalannya akan lambat. Banyak sekali tips dan tutorial yang ada di internet, ada tips yang membagikan cara mempercepat loading komputer menggunakan software, namun menurut saya hal semacam itu justru membuat lambat komputer. Menurut saya komputer yang di instal software justru akan melambat dan sama sekali tidak menjadi cepat, kalaupun berubah menjadi cepat hal tersebut dikarenakan komputer tersebut dipaksa bekerja dengan keras oleh software yang baru saja di instal.

Pada era informasi digital ini sudah banyak sekali pekerjaan yang mengandalkan komputer untuk mengelola data dan berbagai macam pekerjaan lain yang bisa di otomasi. Tidak hanya sampai disitu bahkan di dunia pendidikan juga menerapkan hal yang sama, anda tentunya tau bahwa saat ini Ujian Nasional bisa terselenggara berkat adanya komputer. Pencetakan naskah juga dilakukan dengan komputer kemudian hasil pekerjaan para peserta didik ujian Nasional juga di scan oleh komputer. Sangat pentingnya fungsi sebuah komputer bagi manusia sehingga kebutuhan akan komputer dari hari ke hari semakin meningkat. Dengan komputer pula anda tidak perlu membeli koran setiap harinya, dengan komputer anda bisa membaca berbagai macam berita dan berbagai macam informasi dari dalam maupun luar negeri secara gratis. Bayangkan untuk membeli sebuah koran anda harus membayar setidaknya Rp. 5000 setiap harinya namun dengan memiliki sebuah komputer yang terkoneksi ke Internet anda hanya membutuhkan sekitar Rp. 1000 saja untuk bisa Internetan menggunakan Komputer dan modem yang anda miliki. Di internet berbagai macam Informasi sangatlah lengkap, anda belum tentu bisa membaca sejarah Candi Prambanan dari koran yang anda beli namun dengan Internet semua itu ada.

Kebutuhan akan komputer yang sangat signifikan menjadikan komputer saat ini beragam jenis, ada komputer duduk atau kita sering menyebutnya dengan nama Laptop. Laptop sendiri masih ada lagi dalam berbagai jenis, ada yang ukurannya kecil disebut notebook/netbook dan sedangkan yang ukurannya besar di sebut dengan nama Laptop. Dengan menggunakan Laptop telah disediakan Keyboard dan papan sentuh yang fungsinya untuk menggantikan tetikus (mouse). Nah berhubung komputer memiliki fungsi yang sangat penting dan beragam maka jangan sampai komputer yang kita miliki menjadi lambat dan lelet, komputer seharusnya bisa membantu mempercepat pekerjaan kita bukan malah memperlambat pekerjaan kita. Sebenarnya untuk menjadikan komputer loadingnya cepat itu mudah begitu pula dengan cara menghilangkan tahi lalat dan cara mudah membuat blog.  Berikut ini adalah beberapa cara untuk mempercepat loading komputer yang anda miliki:

1. Hapus atau UnInstal Software/program yang tidak Penting (tidak/jarang digunakan).
Jika anda merupakan orang yang suka berselancar di dunia maya mungkin anda sering kali dengan sengaja atau tidak sengaja mendownload software dari internet kemudian menginstalnya di komputer yang anda miliki. Anda mungkin saja sebenarnya tidak membutuhkan software-software ini, namun tanpa kesengajaan anda menginstalnya kemudian tidak pernah menggunakannya. Untuk pengguna Windows 7 coba buka start-control panel-remove or add program-dan temukan berbagai macam program yang tidak pernah anda gunakan disana, hapuslah progarm yang tidak pernah anda gunakan tersebut. Dengan menghapus program secara otomatis ruang penyimpanan anda akan bertambah, selain itu biasanya suatu program yang telah terinstal akan berintregasi dengan OS yang anda gunakan. Ada sebagian software yang otomatis membuka saat komputer dihidupkan dan ada juga software yang terbuka dalam modus background (tersembunyi) tanpa diketahui oleh pemilik komputer. Program-program seperti inilah yang biasanya memperlambat kinerja komputer anda.

2. Gunakanlah Anti-Virus terpercaya
Sebuah Anti-Virus bisa melindungi komputer anda dari program jahat yang ada di dunia komputer. Selain digunakan untuk tujuan jahat seperti mencuri data Virus juga sering digunakan untuk iseng dan memperlambat kinerja komputer korban. Misalnya saja virus Sorchut, virus ini akan selalu memperganda dirinya sendiri ketika ada disk baru yang terdeteksi. Virus ini akan berjalan di modus background sehingga anda tidak akan tau saat virus ini sedang aktif di background. Selain memakan disk penyimpanan virus ini juga memperlambat kinerja komputer anda karena akan secara otomatis hidup saat komputer dihidupkan dan bekerja di background. Dengan anti-virus yang terinstal di komputer akan sangat kecil kemungkinan bagi virus ini untuk bisa menyerang komputer anda. Gunakanlah Anti-Virus yang sudah teruji di dunia untuk hasil yang lebih baik.

3. Stop/hentikan program yang berjalan di background ketika tidak dibutuhkan
Banyak program yang berjalan di backround, misalnya saja sebuah program Internet Download Manager atau oleh sebagian orang kerap memanggilnya dengan nama IDM. Mungkin ketika sedang berinternetan program semacam ini sangat diperlukan, namun ada kalanya ketika anda sedang offline dan tidak membutuhkan program ini. Untuk mematikan program ini sementara anda bisa dengan membuka Task Manager kemudian End Proces dari IDM. Ketika anda membutuhkannya kembali anda bisa merestart Komputer anda.

4. Jangan terlalu banyak menaruh Icon di desktop
Dulu saya menaruh semua icon di desktop sampai-sampai desktop terlihat penuh dan buruk sekali untuk di lihat. Menaruh icon didesktop memanglah dapat memudahkan kita untuk segera dengan cepat bisa membuka program yang kita inginkan. Sekarang  cobalah untuk memindahkan icon-icon tersebut ke tempat lain, misalnya saja di harddrive. Apa bedanya menyimpan icon di ruang penyimpanan dan disk anda? Bedanya komputer akan lebih cepat dan selain itu icon yang disimpan didesktop tersimpan di system C, sedangkan anda bisa memindahkannya ke disk data D.

5. Hapus isi dari tong sampah (recycleBin)
Semakin banyak file yang kita hapus maka akan semakin banyak file yang ditampung di tempat daur ulang (RecycleBin). Menurut pengalaman pribadi Laptop teman saya saat dihidupkan membutuhkan waktu yang sangat lama, setelah bertanya kepada teman yang mengambil jurusan TKJ (menyangkut hal komputer) kemudian teman saya disuruh membuka recycleBin dan disana terdapat ratusan atau bahkan ribuan file. Pantas saja selama ini disk C penuh ternyata file yang dihapus hanya di pindahkan ke recycleBin. Dihapuslah seluruh isi RecycleBin dan akhirnya Laptop saat di hidupkan terasa lebih cepat. Lagi pula file yang berada di recycle Bin merupakan sile yang sudah kita hapus dan tidak kita butuhkan lagi, jadi buat apa disimpan.

Demikian tips mempercepat kinerja komputer dari saya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang lain dengan judul Sejarah Candi Prambanan. Di Candi prambanan anda akan bisa melihat bagaimana karya seni yang sesungguhnya, keindahan serta kemegahannya akan membawa Inspirasi baru untuk bisnis anda. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri jika didalam negeri sendiri terdapat tempat wisata yang murah dan tentunya menarik untuk dikunjungi.

Terimakasih telah membaca !!!
Rating: 4.5

3 comments:

  1. Mau tanya ni masbro, cara diatas ud ane coba berhasil. Saat menggunakan hp android atau iphone ko wifinya tidak bisa di connectkan kenapa yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf maksudnya wifi apa ya? Artikel ini membahas mengenai cara mempercepat kinerja komputer, dan tidak ada hubungannya dengan wifi.

      Delete
  2. Ok gan terima kasih Jangan lupa kunbal blog aku yah
    reynaghgaul.blogspot.com

    ReplyDelete

Komentar dengan kata tidak sopan, mengandung link, berwujud promosi, spam, SARA, tidak berkaitan dengan artikel terkait tidak akan pernah di publikasikan!