Page

Wednesday, May 22, 2013

Bentuk-bentuk demokrasi: langsung dan tak langsung (perwakilan) lengkap

Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan yang memberikan hak kepada setiap warga masyarakatnya untuk menentukan keputusan yang bisa merubah hidup mereka (dari wikipedia). Ada juga pengertian demokrasi yang lain, seperti "pemerintahan dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat". Dengan demokrasi memungkinkan semua rakyat untuk ikut andil serta dalam pembuatan, perumusan dan pengembangan hukum baik itu secara langsung maupun secara tak langsung (perwakilan). Suatu negara yang memiliki sistem pemerintahan demokrasi akan sangat berbeda bila dibandingkan dengan pemerintahan yang lain, misalnya saja monarki. Demokrasi lebih memfokuskan pada rakyat untuk berkuasa guna memilih pemimpin yang mereka sukai, mengendalikan pemimpin mereka, dan menjatuhkan pemimpin bahkan tanpa perlu melakukan revolusi.

Sebenarnya terdapat beberapa jenis demokrasi, namun yang kita bahas kali ini hanya dua saja bentuk demokrasi standar yakni demokrasi langsung dan tak langsung (perwakilan). Di Indonesia tentunya anda mengenal yang namanya pemilu dan DPR, nah pemilu merupakan wujud demokrasi langsung sedangkan DPR (dewan perwakilan rakyat) merupakan wujud demokrasi tak langsung (perwakilan). Berikut ini akan kita bahas pengertian demokrasi langsung dan tak langsung:

1. Demokrasi langsung
Yang pertama kita akan membahas mengenai bentuk demokrasi langsung. Demokrasi langsung merupakan bentuk demokrasi yang semua warga negara ikut serta secara langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan. Dalam demokrasi langsung semua rakyat mempunyai hak untuk membuat keputusan sehingga masing-masing dari keputusan mereka mempengaruhi keadaan politik yang ada. Demokrasi jenis ini menuntut partisipasi yang sangat tinggi dari masyarakat, sedangkan tidak semua masyarakat melek politik dan kebanyakan dari masyarakat tidak memiliki waktu untuk memikirkan urusan negara seperti ini.

2. Demokrasi tak langsung (perwakilan)
Demokrasi perwakilan (tak langsung) adalah seluruh rakyat memilih perwakilan mereka melalui pemilihan umum (pemilu) untuk menyampaikan pendapat dan sebagai pengambil keputusan bagi mereka. Demokrasi tak langsung intinya semua rakyatnya memiliki hak dan daulat, namun kedaulatannya tersebut diwakilkan melalui perwakilan sehingga disebut dengan demokrasi tak langsung (perwakilan). Demokrasi tak langsung juga berarti seluruh rakyat telah diwakili oleh seseorang (kalau di Indonesia DPR) untuk menyampaikan pendapat dan pengambilan keputusan kepemerintahan.

Untuk mempercepat tercapainya suatu negara yang maju, adil serta makmur memang dibubuthkan kinerja yang keras. Seperti halnya dengan membuat komputer lebih cepat, menjadikan negara maju dengan cepat juga dibutuhkan pengetahuan dari segala elemen. Terutama kalau di negara berkembang seperti Indonesia ini kita membutuhkan masyarakat yang cerdas akan hukum dan melek politik. Kedepannya diharapkan agar tak ada lagi masyarakat yang memilih caleg (calon legislatif) karena diberi uang atau karena embel-embel lain.

Tambahan
Sedikit alasan mengapa demokrasi langsung (murni) sangat sulit diterapkan di beberapa negara khususnya Indonesia.  Alasannya karena negara pada umumnya (seperti Indonesia) memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak, disamping itu wilayahnya juga sangatlah luas. Sehingga untuk melakukan demokrasi secara langsung sangatlah sulit dan tidak memungkinkan. Demokrasi langsung lebih cocok untuk diterapkan di suatu kota (negara) kecil, yang memungkinkan untuk mereka berkumpul dalam suatu tempat dan bermusyawarah bersama dengan seluruh rakyatnya untuk menyelesaikan suatu permasalahan pemerintahan. Demokrasi langsung seperti ini berkembang di Roma dan Yunani kuno. Demokrasi langsung tidak dapat di terapkan dalam negara besar dan luas seperti Indonesia ini.

Bisakah anda menentukan termasuk sistem demokrasi manakah yang digunakan negara Indonesia saat ini? Apakah langsung atau tidak langsung? Indonesia mengadakan pemilu untuk DPR dan presiden berarti demokrasi langsung, namun Indonesia juga memilih perwakilan seperti DPR yang diberi tugas untuk mewakili rakyat memberi keputusan dalam kepemerintahan berarti demokrasi tak langsung. Lalu termasuk yang manakah demokrasi Indonesia? Jawab di komentar ya :)

Terimakasih telah membaca !!!

4 comments:

Komentar dengan kata tidak sopan, mengandung link, berwujud promosi, spam, SARA, tidak berkaitan dengan artikel terkait tidak akan pernah di publikasikan!