Miung.com

Sabtu, 11 Mei 2013

cara menghilangkan jerawat secara alami

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sampai saat ini masih terus saja menjadi masalah besar bagi kaum remaja yang sedang tumbuh menjadi dewasa. Jerawat memang menjengkelkan, apa lagi jerawat yang berada di muka selain bisa menimbulkan rasa sakit juga bisa mengganggu penampilan. Bagi sebagian orang jerawat merupakan masalah besar yang harus segera di atasi, apa lagi bagi mereka kaum wanita. Seorang wanita biasanya akan melakukan berbagai macam cara agar bisa memperoleh penampilan yang cantik dan maksimal, bahkan mereka rela pergi ke tempat kecantikan secara rutin untuk bisa mempertahankan kecantikan yang mereka miliki.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan jerawat? Mengapa banyak orang yang tidak suka dan bahkan membenci adanya jerawat di tubuh mereka terutama pada bagian wajah? Jerawat merupakan tonjolan pada kulit yang diakibatkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat sehingga menyebabkan kantung nanah yang meradang. Sebenarnya jerawat tidak hanya bisa terjadi di wajah namun juga bisa terjadi pada kulit lain seperti di lengan, punggung maupun leher. Sebenarnya jerawat itu hampir mirip dengan tahi lalat perbedaannya kalau tahi lalat itu pada umumnya berwarna hitam sedangkan jerawat tidak berwarna hitam. Dengan menghilangnya jerawat pada kulit diharapkan penampilan akan bisa maksimal dan bisa banyak cewek/cowok yang "suka" sama kita, hehehe.

Banyak hal yang bisa menimbulkan jerawat, sebelum kita membahas bagaimana cara menyembuhkan jerawat dengan alami ada baiknya pula anda harus mengetahui apa saja yang bisa menimbulkan jerawat. Tujuannya adalah setelah jerawat sembuh maka tidak akan kembali lagi, jika anda tidak mengetahui apa saja yang bisa menimbulkan jerawat maka besar kemungkinan jerawat yang sudah sembuh akan kembali lagi. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa menimbulkan jerawat:

1. Kulit yang kotor
Kebersihan merupakan suatu hal yang sangat penting, begitupun kebersihan kulit. Jika kulit anda kotor maka berbagai macam penyakit akan sangat mudah untuk menghampiri anda. Tak hanya jerawat bahkan penyakit kulit lain seperti gatal juga akan dengan mudah melanda anda jika kulit anda kotor. Dalam agama Islam sendiri dikatakan bahwa Kebersihan merupakan bagian dari Iman.

2. Memakan makanan yang mengandung kafein
Makanan yang mengandung kafein bisa menimbulkan jerawat pada kulit anda. Beberapa contoh makanan yang mengandung kafein adalah : gorengan (makanan berminyak) dan kopi. Selama proses penyembuhan jerawat coba hentikan makan makanan jenis ini, setelah jeawat sembuh bolehlah memakan makanan ini namun jangan berlebihan.

3. Memakai alat kecantikan (kosmetik) yang menyumbat pori kulit
Berbagai macam alat kecantikan (komestik) yang biasanya digunakan oleh wanita untuk mempercantik
diri bisa menyumbat pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat dapat menimbulkan kantung nanah yang meradang (jerawat). Sebenarnya kalau boleh jujur tanpa menggunakan alat kosmetik sekalipun anda sudah bisa cantik, atau kalau memang sangat membutuhkan alat kosmetik pakailah sewajarnya dan jangan berlebihan.

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari jerawat diatas sekarang tiba saatnya bagi kita untuk membahas bagaimana cara mengatasi jerawat dengan alami dan tentunya tanpa obat yang mengandung bahan kimia. Cara mengatasi jerawat secara alami akan saya bagi dalam beberapa cara. Simak dibawah ini:

Cara menghilangkan jerawat Pertama (gaya hidup sehat)

  • Hindari 3 hal yang dapat menimbulkan jerawat diatas, terutama jangan memakan makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat serta makanan yang berminyak (gorengan).
  • Minum air putih yang banyak namun tidak berlebihan
  • Makan makanan yang sehat dan berimbang seperti buah dan sayur-sayuran
  • Istirahatlah dan tidurlah yang cukup untuk menghindari timbulnya stres, tidur yang efektif bagi manusia adalah minimal 8 jam setiap hari.


Cara menghilangkan jerawat Kedua (menggunakan putih telur)
Gunakanlah putih telur sebagai masker. Caranya persiapkan satu buah telur kemudian ambil putih telurnya saja dan jadikan sebagai masker. Tunggu hingga beberapa menit (bisa sekitar 20 menit) kemudian bilaslah dengan air sampai bersih. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara menyembuhkan jerawat Ketiga (dengan menggunakan mentimun)
Gunakanlah mentimun untuk menghilangkan jerawat. Caranya persiapkan mentimun, kemudian irislah tipis-tipis berbentuk lingkaran. Kemudian tempelkan pada jerawat sehingga bisa menimbulkan efek sejuk pada jerawat. Lakukan hingga sekitar 15 menit setelah itu bilaslah dengan air bersih.

Sebenarnya masih ada banyak hal lagi yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat. Meskipun demikian menurut saya anda harus lebih fokus pada apa saja yang bisa menimbulkan jerawat. Usahakan untuk mencegah terjadinya jerawat dari pada harus mengobati jerawat. Sama saja bagi anda mengobati jerawat namun juga terus melakukan berbagai hal yang bisa menimbulkan timbulnya jerawat.

Satu lagi cara mengatasi jerawat ke empat (dengan kulit jeruk)
Kali ini kita akan menggunakan kulit jeruk. Jika anda memiliki buah jeruk jangan terburu-buru untuk membuang kulitnya karena bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan jerawat pada kulit anda. Cara menggunakan kulit jeruk sebagai obat jerawat sangatlah mudah yakni dengan menumbuk kulit jeruk sampai halus kemudian campurlah sedikit air (secukupnya) dan oleskan hasil campuran air dan kulit jeruk tadi ke bagian kulit yang berjerawat. Tunggu hingga beberapa menit (sekitar 15 menit) kemudian bilas dengan air bersih.

Selanjutnya tetap lebih baik mencegah dari pada mengobati. Lebih baik mencegah timbulnya jerawat dari pada harus mengobati jerawat. Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca ini.
Rating: 4.5