Miung.com

Minggu, 12 Mei 2013

panduan lengkap cara memuat twitter baru dengan mudah

Twitter sebagai salah satu situs jejaring sosial memiliki keunikan tersendiri di badningkan situs jejaring sosial yang lain. Meskipun kepopulerannya belum bisa menandingi facebook (baca cara membuat facbook disini), namun twitter tetaplah menjadi salah satu situs jejaring sosial Idola. Sebenarnya membuat akun twitter itu mudah (bahkan lebih mudah dari cara membuat blog), yang perlu anda lakukan hanyalah mengisi form (tempat) pendaftaran. Anda hanya perlu mengisi nama, tanggal lahir dan berbagai informasi pribadi lainnya.

Sebagaimana facebook, Twitter juga memiliki kebijakan tersendiri. Jika dalam facebook anda mengenal istilah pertemanan sedangkan dalam Twitter terdapat Follow (ikuti). Twitter sendiri merupakan sebuah situs berbasis jejaring sosial yang di budayakan oleh Twitter Inc. Situs ini merupakan sebuah mikro blog (dari wikipedia) yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengirim dan membaca pesan yang disebut dengan kicauan. Jumlah karakter yang di perbolehkan dalam kicauan twitter terbatas yakni maksimal hanya 140 karakter. Dengan jumlah yang terbatas inilah pengguna harus memikirkan kata singkat namun menjelaskan semua yang mereka ingin bagikan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel dengan tema bagaimana membuat sebuah akun twitter dengan panduan lengkap yang akan saya berikan. Bagi anda yang belum memiliki twitter jangan khawatir karena sebenarnya membuat twitter itu sangatlah mudah dan cepat. Untuk membuat twitter khususnya bagi pemula silakan iktui langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Seperti halnya membuat blog dan membuat facebook, saat ingin membuat twitter anda juga harus menggunakan alamat email. Alamat email harus masih bisa digunakan dan anda masih memiliki akses atas email tersebut, jika anda belum memiliki alamat email silakan baca cara membuat email dengan mudah di gmail disini.

2. Setelah memiliki sebuah alamat email kini anda siap untuk mendaftar di twitter. Silakan kunjungi situs halaman utama twitter di www.twitter.com kemudian ikuti langkah selanjutnya.

3. Ketika anda mengunjungi halaman utama twitter di www.twitter.com maka akan nampak tampilan halaman utamanya seperti dibawah ini:


Sampai disini anda harus menemukan kolom tempat pendaftaran twitter. Sebenarnya tempat pendaftaran twitter terdapat pada halaman utama, untuk lebih jelasnya seperti dibawah inilah tempat pendaftarannya:



Nah silakan isi data-data yang diminta dengan benar:

  • Nama Lengkap: Isi dengan nama lengkap anda, misalnya Dedi styawan
  • Email: Isi dengan alamat email yang anda miliki dan tentunya masih aktif, jika belum punya email silakan baca cara membuat email disini. Contoh alamat email saya sharedouble@gmail.com
  • Kata sandi: Isikan dengan kata sandi yang anda inginkan, kata sandi ini nantinya akan menjadi sandi yang dapat anda gunakan log in ke akun twitter.


Setelah di isi semuanya silakan klik daftar ke Twitter seperti pada gambar dibawah ini:


Seperti yang saya beri tanda panah merah diatas setelah semuanya di isi silakan klik Daftar ke Twitter,
dan selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman berikutnya yang harus Anda isi.

3. Pada halaman seperti gambar diatas silakan klik Buat akun saya, kemudian twitter akan segera membuatkan sebuah akun twitter baru untuk anda. Tunggu hingga
pembuatan akun baru selesai hingga anda menujumpai halaman dengan tulisan selamat datang.

Nah pada langkah selanjutnya anda akan mendapatkan tawaran dari twitter. Tawaran tersebut berupa orang atau publik figur terkenal yang mungkin ingin anda ikuti, jika anda tertarik silakan klik ikuti, saran dari saya ikutilah 5 orang. Terserah siapa yang anda ikuti pokoknya 5 orang. Setelah anda mengikuti 5 orang maka seharusnya tampilannya akan menjadi seperti dibawah ini:


4. Pada seperti gambar diatas silakan klik selanjutnya (telah saya beri kotak merah dan tanda panah merah). Sampai disini anda masih akan diminta untuk menemukan teman yang mungkin anda kenal dengan cara import kontak dari alamat email anda. Menurut saya ini menjengkelkan, dan lagi pula sampai langkah ini akun twitter anda juga sudah jadi. Untuk mulai menggunakan twitter baru anda silakan langsung menuju beranda twitter di www.twitter.com, jika anda menemui halaman utama twitter lagi silakan isi alamat email dan password yang baru saja anda daftarkan seperti gambar dibawah ini:


Kemudian klik Masuk, biasanya sih anda tidak akan diminta untuk memasukkan alamat email dan sandi karena browser anda telah menyimpan alamat email dan sandi tersebut. Jika anda tidak diminta untuk memasukkan alamat email dan sandi maka anda akan langsung dibawa ke beranda twitter seperti dibawah ini, sama halnya setelah anda memasukkan alamat email dan sandi yang baru saja anda daftarkan seperti pada gambar diatas maka anda akan dibawa pula ke beranda twitter seperti gambar dibawah ini:


Perhatikalnlah pada bagian yang saya beri kotak merah seperti pada gambar diatas, apakah itu? Yap, anda diminta untuk memverifikasi alamat email yang anda gunakan untuk mendaftar ke twitter sebelumnya. Cara memverfikasinya  cukup mudah, silakan buka email anda (untuk pengguna gmail silakan buka gmail.com sedangkan pengguna ymail silakan bukaymail.com) dan disana akan terdapat pesan dari twitter seperti gambar dibawah ini:


5. Seperti pada gambar diatas silakan klik Konfirmasi akun Anda sekarang (yang saya beri kotak merah), selesailah akun baru twitter anda telah sepenuhnya terbuat. Kini anda bisa menggunakan twitter dengan alamat email dan sandi yang baru saja anda daftarkan. Untuk memulai menemukan teman di twitter tanyalah kepada teman-teman anda apa nama akun twitter mereka kemudian silakan follow mereka. Lama-kelamaan saya yakin anda akan pintar dengan sendirinya menggunakan twitter.

Sekian semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi anda yang membacanya, jika anda mendapati artikel ini kurang lengkap mohon untuk berkomentar dibawah. Harap perhatikan bahwa saya tidak mengijinkan bentuk komentar disertai dengan link, untuk info lanjut silakan baca kebijakan privasi kami.

Terimakasih atas waktunya untuk membaca ... !
Rating: 4.5