Miung.com

Friday, June 07, 2013

Cara agar modem smartfren lebih cepat (mempercepat koneksi smartfren)

Setelah sebelumnya membuat artikel dengan judul cara mempercepat kinerja komputer/laptop, kali ini saya akan membuat artikel dengan judul cara mempercepat koneksi internet smartfren. Sebagai salah satu pelanggan smartfren saya juga merasakan terkadang koneksi internet smartfren lambat. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan koneksi internet smartfren menjadi lambat. Koneksi internet yang lambat bukanlah sepenuhnya menjadi kesalahan provider, melainkan juga disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa hal yang bisa menyebabkan lambatnya koneksi internet adalah sebagai berikut ini:

1. Modem yang anda Gunakan
Berbagai perangkat modem memiliki kecepatan akses internet yang berbeda-beda, ada yang memiliki kecepatan hingga 157Kbps, 3.1Mbps, 7.2Mbps dan ada juga yang sampai 14.7Mbps. Jadi modem yang anda gunakan juga menentukan prestasi dari koneksi yang akan anda dapatkan. Jadi jika anda menggunakan modem dengan batas kecepatan 157Kbps jangan berharap bisa mendapatkan kecepatan 3.1Mbps atau bahkan lebih.

2. Paket Internet yang anda beli
Smartfren menyediakan beberapa pilihan paket internet, misalnya saja untuk paket unlimited bulanan seharga 49rb dengan FUP 2 GB kecepatan download maksimal adalah 512Kbps. Untuk mendapatkan kecepatan akses yang lebih cepat anda bisa membeli paket lain, misalnya membeli paket seharga 99rb untuk 2GB dengan kecepatan download maksimal 1Mbps. Jadi paket yang anda beli juga menentukan prestasi.

3. Kekuatan Jaringan (signal)
Kualitas dari jaringan yang ada di daerah anda juga menentukan kecepatan akses internet. Misalnya saja saat hujan terkadang signal menjadi sangat lemah dan sedikit, hal ini akan menyebabkan koneksi internet menjadi lambat. Seseorang yang tinggal di kota apa lagi rumahnya dekat dengan tower pemancar sinyal biasanya akan memiliki signal yang kuat dan berkesempatan berinternetan lebih cepat.

4. Virus di Komputer anda
Virus tidak hanya bisa menyebabkan komputer menjadi lambat dan rusak saja, namun juga bisa menjadikan koneksi internet anda melambat. Beberapa virus komputer di desain agar mengunduh file virus lain secara otomatis di internet, bayangkan koneksi internet anda akan dibagi 2 dengan virus ini sehingga koneksi internet akan terasa melambat.

Nah dari beberapa faktor yang bisa menyebabkan lambatnya koneksi internet diatas kali ini kita akan membahas bagaimana supaya koneksi internet khususnya smartfren menjadi lebih cepat. Cara kali ini cukup simpel, yakni menggunakan DNS Google. Bagaimana cara menggunakan DNS Google untuk koneksi internet smartfren yang lebih cepat? Simak caranya dibawah ini:

Pertama silakan Masukkan modem smartfren ke komputer/laptop
Buka software smartfren
Kemudian klik tools dan pilih options, seperti pada gambar dibawah ini:


Kemudian klik Profile management dan pilih New, lihat pada gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya:

Setelah itu perhatikanlah data dibawah ini:
Pada bagian Profile Name di isi dengan terserah anda, misalnya saja Koneksi cepat
Pada bagian Acces number isi dengan #777
Pada bagian User name Isi dengan smart
Pada bagian Passowrd isi dengan smart

Masih pada gambar diatas, silakan klik Advanced kemudian pada bagian DNS setting pilih statik, Primary DNS isi dengan 8.8.8.8 sedangkan untuk secondary DNS isi dengan 8.8.4.4 untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar berikut ini:


Terakhir tinggal klik OK/Apply kemudian koneksikan jalur akses yang baru saja kita buat. Pada halaman awal nantinya akan menjadi seperti dibawah ini:


Mengenai DNS 8.8.8.8
Primary DNS 8.8.8.8 dan secondary DNS 8.8.4.4 merupakan DNS milik Google. DNS ini bisa dengan gratis di gunakan oleh semua orang. Dengan menggunakan DNS ini mungkin saja anda akan tidak merasakan kecepatan dari koneksi yang didapatkan. Misalnya anda membeli paket internet dengan kecepatan maksimal 512Kbps, dengan menggunakan DNS ini tidak berarti koneksi akan bisa melebihi 512Kbps. Penggunaan DNS ini dimaksudkan agar respon dari server (disebut dengan ping) lebih cepat, misalnya ketika anda membuka situs Google.com maka server akan segera merespon dengan cepat, sehingga koneksi akan terasa sedikit lebih cepat. Namun hal ini tak berarti menambah kecepatan download, karena kecepatan download smartfren telah dibatasi oleh pihak operator itu sendiri sesuai dengan harga paket yang anda beli.

Demikian artikel singkat mengenai cara mempercepat koneksi internet smartfren ini. Semoga dengan koneksi yang lebih cepat anda bisa memanfaatkannya untuk tujuan positif, misalnya saja facebookan dengan tujuan yang baik, twitteran, mengirim email, ngeblog, mengerjakan tugas sekolah (seperti mencari artikel dengan judul cara mengatatasi pemanasan global) dan masih banyak lagi. Akhir kata semoga artikel singkat ini bermanfaat, jika masih ingin yang ditanyakan jangan ragu untuk berkomentar.

Terimakasih telah membaca !!!
Rating: 4.5

15 comments:

  1. gak ada bedanya alias sama saja

    ReplyDelete
  2. buat browsing emang jd lebih cepet gan...
    Paling kerasa klo mw cari pix dari google... mayanlah buat update2 wallpapper... hehhee.. but thax anw gan...

    ReplyDelete
  3. gimana dengan modem yg berbentuk ponsel,, caranye gimana ya

    ReplyDelete
  4. klw mau cepat pake dns speder gan ane jamin 99%

    ReplyDelete
  5. Bang kalo settingan buat maen game online kayak Point Blank/Dragon nest
    sama ajja ato nggak?

    ReplyDelete
  6. Kalo buat maen game online manjur gk tuh gan

    ReplyDelete
  7. penipu,kecepatanya nggak berubah...

    ReplyDelete
  8. wah kecepatan nya berubah
    alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  9. makasi kak kecepatanya bertambah

    ReplyDelete

Komentar dengan kata tidak sopan, mengandung link, berwujud promosi, spam, SARA, tidak berkaitan dengan artikel terkait tidak akan pernah di publikasikan!