Miung.com

Selasa, 11 Juni 2013

Cara upload video ke youtube (mengunggah video di youtube)

Youtube, Google, Gmail, Blogger, Facebook, Twitter, dan Yahoo merupakan sederetan situs besar terkemuka yang ada di dunia. Di peringkat pertama dikuasai oleh google, taukah anda bahwa youtube, gmail, google+, dan blogger semua itu di kuasai dan dimiliki oleh Google? Posisi Google sebagai raksasa internet semakin mantap dengan adanya youtube, blogger, gmail dan google+. Youtube sendiri merupakan situs yang memiliki ranking nomor 3 di dunia (berdasarkan data Alexa), situs yang memiliki pengunjung lebih dari 800 juta setiap bulannya ini mampu membuat para pengunjungnya untuk datang lagi dan lagi.

Sebenarnya sudah banyak orang yang tau bagaimana cara upload video ke youtube, namun tak ada salahnya pula jika saya masih membuat artikel ini. Tujuannya supaya dibaca oleh orang yang belum tau dan pada akhirnya menjadi tau. Siapa tau saja dengan mengunggah sebuah video ke youtube nantinya anda bisa terkenal menjadi artis dadakan, contohnya saja si keong racun. Mungkin juga anda bisa menemukan cewek untuk dijadikan pacar / cowok untuk dijadikan pacar. Dengan mengupload video ke youtube anda juga bisa mendapatkan penghasilan, caranya dengan mengikuti program adsense untuk video youtube. Namun kali ini saya tak akan membahas mengenai adsense, jadi jika anda tertarik untuk menghasilkan uang dari youtube cari saja tutorialnya di internet (situs lain).

Langsung saja ke inti artikel, bagaimana cara mengupload video ke youtube. Sebenarnya mengupload video ke situs milik google "Youtube" itu sangatlah mudah, anda bisa menguploadnya menggunakan Komputer, Tablet, Laptop/Notebook, Smart Phone (Seperti Android dan Iphone) dan juga bisa menggunakan HP. Kali ini saya akan memberi contoh bagaimana cara mengupload video ke youtube menggunakan komputer, jadi saya mohon maaf bagi yang tidak menggunakan komputer mungkin bisa mencari tutorial lain di Internet.

Cara mengunggah video ke Youtube.com menggunakan komputer (cara umum):

Pertama anda harus memiliki sebuah akun google, jika anda memiliki alamat email di gmail berarti anda telah memiliki akun google. Jika belum memiliki akun google, bisa terlebih dahulu membaca artikel dengan judul cara membuat email (akun google) di gmail.
Setelah mempersiapkan akun google silakan masuk (log in) ke akun tersebut.
Nah setelah log in silakan mengunjungi situs Youtube, alamatnyawww.Youtube.com
Jika anda sudah log in akan ada tombol upload yang letaknya berada diatas tampilan situs, seperti gambar dibawah ini:

Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar ukuran penuh seperti dibawah ini, perhatikan bagian yang saya beri kotak berwarna merah:


Masih pada bagian upload, silakan klik menu drop down kemudian pilihdashboard. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar dibawah ini:


Jika ini merupakan kali pertama anda mengupload video ke youtube maka akan muncul pesan "Anda belum memiliki video apapun". Setelah itu langsung saja klik mengunggah video

Setelah itu anda bisa mengupload video ke youtube. Ada beberapa pilihan untuk mengupload video ke youtube, diantaranya adalah mengupload dari komputer dan merekam secara langsung melalui webcam. Untuk itu perhatikanlah beberapa tombol yang saya beri nomor dibawah ini, masing-masing nomor mewakili fungsi dari tombol disampingnya.

Berikut ada keterangan gambar untuk perintah gambar yang ada dibawahnya, sesuai dengan
nomor:
  1. Untuk mengupload video dari komputer anda
  2. Untuk merekam video menggunakan webcam secara langsung, dan menguploadnya ke Youtube
  3. Untuk membuat slide foto (kumpulan beberapa foto yang dijadikan layaknya video)
  4. Untuk mengedit video yang anda upload
Saat mengupload tunggu hingga proses selesai, satuan proses di nilai dalam persen (%). Sembari menunggu anda bisa memasukkan Judul Video, Deskripsi Video dan Tag video. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar dibawah ini:

Klik untuk memperjelas Gambar

  • Judul: Isilah dengan judul video yang sedang anda upload, misalnya saja Video Lucu
  • Deskripsi: Isilah dengan deskripsi (cerita singkat) mengenai video yang sedang anda Upload, misalnya saja Video Lucu di dalam kereta bersama dengan dua orang cowok dan 3 orang cewek.
  • Tag: Isilah dengan keyword (kata kunci) dari video yang anda upload, kata kunci ini nantinya akan mempengaruhi pemirsa anda. Jadi masukkan kata kunci yang sekiranya banyak orang cari, misalnya saja video paling lucu dan terbaru, Video gokil, Video Seru dan lain-lain. Harap diperhatikan anda bisa memasukkan beberapa tag, pisahkan masing-masing tag dengan tanda koma.
Setelah proses upload mencapai 100% maka anda telah berhasil mengupload video ke Youtube.

Cara mengupload video ke Youtube (cara mudah)

Cara ini merupakan cara yang lebih mudah untuk mengupload video ke Youtube, meskipun cara ini cara yang mudah namun ada kalanya cara ini gagal. Untuk itu jika cara ini gagal gunakanlah cara umum diatas.

Pertama pastikan anda sudah masuk (log in) ke akun google yang anda miliki, sekali lagi jika belum punya silakan baca cara buat akun google disini.
Setelah anda log in/masuk, klik link ini Youtube.com/upload
Kemudian anda akan dibawa ke halaman tempat upload video youtube, seperti gambar dibawah ini:



Nah setelah menjumpai halaman seperti gambar diatas tinggal upload video yang anda inginkan, tunggu hingga proses upload selesai dan lihatlah hasil video yang baru saja anda upload. Hanya sekedar saran dari saya uploadlah video yang memang benar-benar karya anda sendiri, jangan sampai mengupload video yang melanggar hak cipta. Kemudian uploadlah video yang bermanfaat, contohnya saja mengupload video cara menghilangkan jerawat, cara menghilangkan tahi lalat secara alami, contoh pidato bahasa Indonesia / bahasa Jawa atau cara mentatasi global warming (pemanasan global).

Untuk bisa mendapatkan pemirsa yang banyak dari Youtube anda bisa mengupload video yang sekiranya banyak orang cari. Misalnya saja di kalangan remaja banyak yang mencari ciri-ciri cowok suka sama cewek dan ciri-ciri cewek suka sama cowok, atau anda juga bisa mengupload video seputar cinta dan berita yang lagi hangat. Sekian semoga artikel singkat ini bisa membawa manfaat bagi anda yang membacanya, tak lupa saya juga memohon maaf bila terdapat kesalahan didalamnya.

Terimakasih atas waktunya untuk membaca ... !
Rating: 4.5