Miung.com

Senin, 24 Juni 2013

Macam-macam energi alternatif (contoh-contohnya)

Energi alternatif merupakan energi selain energi utama saat ini (bahan bakar minyak) yang diharapkan tidak akan menimbulkan efek samping (kerugian) dari penggunaan energi tersebut. Pada umumnya energi alternatif digunakan untuk menggantikan energi bahan bakar minyak yang merusak lingkungan. Dengan menggunakan energi alternatif diharapkan lingkungan akan lebih aman dan kebutuhan akan energi bagi manusia tercukupi. Istilah "alternatif" disini mengandung arti bahwa energi yang digunakan merupakan energi (teknologi) jenis baru (selain bahan bakar minyak) dan tak akan menimbulkan efek berbahaya sebagaimana efek yang bisa ditimbulkan dari energi dengan bahan bakar minyak. Selain itu energi alternatif juga bisa dikatakan sebagai energi yang tujuannya menggantikan penggunaan energi berasal dari alam supaya pengrusakan terhadap alam dan lingkungan bisa dihentikan.

Energi memanglah suatu hal yang sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan ini. Rasanya tanpa adanya energi akan sangat sulit sekali bagi manusia untuk hidup, dalam dunia keseharian semuanya kita lakukan menggunakan energi. Contohnya saja kendaraan yang setiap hari kita gunakan, sadarkah anda bahwa kendaraan tersebut juga membutuhkan energi untuk bisa bergerak? Persoalan akan energi semakin hari semakin memburuk, seiring dengan menipisnya persediaan energi bahan bakar minyak maka manusia dituntut agar berfikir lebih keras memikirkan pengganti dari bahan bakar minyak.

Mungkin anda mengira bahwa Bahan Bakar Minyak (BBM) yang saat ini kita gunakan bukanlah jenis energi alternatif. Padahal BBM merupakan jenis energi alternatif. Dahulu manusia menggunakan minyak ikan paus sebagai Bahan Bakar Minyak, bayangkan setiap harinya terdapat ikan-ikan paus mati untuk diambil minyaknya guna sebagai bahan bakar. Seiring dengan berkembangnya waktu akhirnya manusia mampu menemukan energi alternatif minyak ikan paus, yakni minyak dari fosil. Akhirnya minyak ikan paus digantikan dengan minyak fosil. Akhir-akhir ini minyak dari fosil mulai menipis, dan akhirnya ditemukan lagi energi alternatif lain contohnya saja energi matahari.

Berikut ini merupakan contoh-contoh energi alternatif yang dapat diperbaharui. Seperti yang kita ketahui bahwa energi yang saat ini kita gunakan (BBM) tidak bisa diperbaharui, untuk itu diperlukan adanya anergi alternatif. Contoh energi alternatif yang bisa diperbaharui:

Energi matahari
Matahari berperan penting dalam siklus kehidupan, tanpa adanya matahari mustahil dunia ini bisa hidup. Selain bermanfaat bagi manusia matahari juga sangat bermanfaat bagi tumbuh-tumbuhan, sinar matahari digunakan oleh tumbuh-tumbuhan untuk melakukan fotosintesis guna memenuhi kebutuhan makanan mereka. Selain sangat bermanfaat bagi tumbuhan, matahari ternyata juga bisa digunakan sebagai penghasil energi alternatif. Misalnya saja panel surya yang bisa merubah energi panas matahari menjadi energi listrik yang ditampung dalam aki (acumulator). Di beberapa negara maju bahkan telah menciptakan mobil yang sumber energinya berasal dari matahari. Jika seandainya penggunaan energi matahari semakin dikembangkan, bukan tidak mungkin jika suatu saat matahari menjadi sumber energi utama bagi manusia. Keuntungan menggunakan energi matahari adalah jumlahnya yang tak terbatas dan mudah sekali untuk didapatkan.

Energi Biogas
Energi Biogas bisa diperoleh dari kotoran-kotoran, baik kotoran hewan, manusia maupun dari sampah. Pada Biogas memanfaatkan bakteri tertentu yang bisa menghasilkan suatu gas yang mudah terbakar. Gas inilah yang bisa digunakan oleh manusia sebagai energi alternatif. Gas ini ramah terhadap lingkungan sehingga bisa dijadikan sebagai energi alternatif pengganti energi gas yang ada saat ini (LPG). DI Indonesia sendiri sudah ada beberapa daerah yang mulai menggunakan biogas untuk kepentingan energi sehari-hari, misalnya saja untuk memasak. Karena Gas yang dihasilkan mudah terbakar sehingga sangat cocok jika digunakan untuk memasak.

Energi Angin
Dalam beberapa hal angin memanglah bisa membahayakan kehidupan manusia, contohnya saja angin ribut. Meskipun bisa membahayakan namun angin (Udara) lebih memberikan banyak manfaat kepada manusia. Contohnya saja dengan angin kita bisa membuat energi alternatif penghasil listrik. Angin (udara) pada kecepatan tertentu bisa memutarkan kincir, baling-baling dari kincir tersebut bisa diteruskan ke generator (alat perubah energi gerak menjadi listrik), listrik yang dihasilkan dari generator bisa kita manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Dengan demikian kita bisa lebih mandiri menggunakan energi tanpa harus tergantung pada PLN. Di Indonesia terdapat banyak daerah yang mendukung pembangunan kincir angin, jika seandainya hal ini bisa di realisasikan mungkin akan sangat membantu PLN dalam memenuhi kecukupan energi dalam negeri.

Energi Air
Seperti halnya dengan Udara (Angin), Air juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasil energi alternatif. Anda tentunya tau bahwa listrik yang anda gunakan setiap harinya merupakan jenis sumber energi alternatif yang ramah terhadap lingkungan. Untuk itu pemanfaatan energi air dengan benar bisa menghasilkan listrik. Listrik-listrik yang dihasilkan bisa membantu PLN untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri. Selain itu pembakaran batu bara yang digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik juga akan berkurang jika seandainya pemanfaatan energi air benar-benar bisa di realisasikan. Seiring dengan semakin bertambahnya waktu, saya yakin suatu saat nanti energi air akan digunakan dengan maksimal oleh manusia. Alasannya karena manusia tidak mungkin untuk secara terus-menerus menggunakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui (Minyak, Batu bara, dan juga gas bumi).

Energi baterai
Baterai juga bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM). Penggunaan baterai terhadap kendaraan (baik itu roda 2 maupun roda 4) akan sangat membantu pemenuhan BBM dalam negeri. Kendaraan dengan bahan energi baterai biasanya menggunakan baterai yang bisa di isi ulang. Kendaraan jenis ini sangat simpel, menggunakan motor listrik sebagai mesin utamanya dan menggunakan baterai yang bisa di isi ulang sebagai sumber energi utamanya. Menggunakan kendaraan jenis ini jelas akan sangat ramah terhadap lingkungan karena tak ada pembakaran yang dilakukan, kendaraan ini hanya merubah energi listrik (dari baterai) dan di ubah menjadi energi gerak. Untuk mengisi ulang baterai biasanya digunakan listrik PLN, untuk jenis kendaraan yang lebih maju proses pengisian ulang baterai menggunakan energi matahari.

Dari beberapa macam sumber energi alternatif diatas masih terdapat banyak sekali sumber energi yang lain. Untuk saat ini mungkin jenis sumber energi alternatif yang menggunakan energi listrik adalah yang terbaik. Mengapa kita harus menggunakan listrik? Ada banyak manfaat/alasan, diantaranya adalah: Listrik bisa diciptakan (dibuat), Listrik ramah terdapat lingkungan, Listrik bisa digunakan untuk banyak hal, listrik jauh lebih murah dari BBM, Listrik bisa dibuat dengan mudah (dari matahari, air, angin dan masih banyak lagi).

Terimakasih telah membaca !!!
Rating: 4.5