Miung.com

Minggu, 14 Juli 2013

Bahaya akibat kurang tidur

 Seperti makhluk lainnya manusia juga membutuhkan istirahat terutama tidur dalam kehidupannya, bahkan 33% (sepertiga) dari hidup manusia digunakan untuk tidur. Tidur merupakan kebutuhan pokok yang dilakukan manusia secara rutin setiap harinya. Manusia tidur pada umumnya karena mengantuk, namun tidur juga bisa disebabkan oleh kebiasaan. Misalnya saja kebiasaan tidur siang, meskipun sebenarnya manusia tersebut tidak mengantuk. Terkadang kebutuhan akan tidur bagi manusia tidak bisa terpenuhi, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Hal-hal yang menyebabkan kurangnya tidur bagi manusia diantaranya; pekerjaan yang terlalu menguras waktu, memiliki penyakit susah tidur, tempat yang tidak mendukung untuk tidur dan masih banyak lagi.

Kebutuhan akan tidur bagi manusia haruslah dipenuhi, menjaga untuk tidur dengan teratur dan cukup sangatlah penting. Jika kebutuhan akan tidur tidak bisa dipenuhi maka akan menimbulkan bahaya tersendiri. Bagi manusia, kekurangan tidur bisa menimbulkan efek samping yang sangat buruk. Diantara bahaya dan efek samping yang bisa ditimbulkan oleh kekurangan tidur bagi manusia adalah sebagai berikut ini:

1. Berpotensi penyakit kanker P*y*dara

Akibat yang bisa ditimbulkan dari kekurangan tidur ternyata tidak bisa dianggap main-main. Salah satu penelitian dari universitas di Jepang mengatakan bahwa wanita yang setiap harinya hanya tidur kurang dari 6 jam memiliki resiko mengidap penyakit kanker p*y*dara 62% (enam puluh dua persen) lebih tinggi. Untuk itu bagi anda terutama kaum wanita jagalah tidur dan jangan sampai mengidap penyakit mengerikan ini.

2. Menurunkan Konsentrasi, Belajar menjadi sulit

Kekurangan tidur dapat menyebabkan konsentrasi otak menurun, tidak hanya konsentrasi namun juga akan mengganggu logika (penalaran) dan pemecahan masalah. Untuk itu bagi pelajar memang sebaiknya menjaga akan kebutuhan tidur. Jika tidur sudah tidak diurus maka konsentrasi akan hilang, dan jika konsentrasi hilang maka akan sangat sulit sekali untuk bisa menerima dan menguasai pelajaran di sekolah. Menurunnya konsentrasi juga menimbulkan bahaya tersendiri bagi para pengendara, pastikan saat berkendara tidak berada dalam posisi mengantuk karena akan sangat membahayakan keselamatan anda.

3. Menurunkan daya ingat

Orang tua pelupa itu biasa namun jika anda yang masih muda sudah pelupa itu berarti ada yang salah dalam diri anda. Dalam sebuah penelitian di Amerika mengatakan bahwa kekurangan tidur dapat mengganggu memori otak manusia, terganggunya memori ini akan menyebabkan daya ingat yang menurun. Sekali lagi bagi para pelajar hal ini akan sangat mempengaruhi hasil prestasi kalian di sekolah, apalagi mengingat banyaknya mata pelajaran yang menuntut untuk di hafalkan.

4. Resiko kecelakaan lebih tinggi

Seluruh pekerjaan yang anda kerjakan menuntut anda untuk berhati-hati dan dalam keadaan yang sehat serta prima. Dari sebuah penelitian dikatakan bahwa akibat kekurangan tidur dapat meningkatkan tingkat kecelakaan saat bekerja. Akibat yang ditimbulkan dari kecelakaan bisa bervariasi diantaranya luka biasa, luka kecil dan bahkan luka serius. Jika anda memiliki pekerjaan dengan resiko yang sangat tinggi contohnya bekerja di PLN bagian gangguan jaringan, tentunya anda akan sangat berhati-hati disana. Mungkin inilah sebabnya PLN membagi jam kerja menjadi 2, yakni sift malam dan siang dan itupun bergantian dengan banyaknya pekerja lain sehingga karyawannya tidak terlalu kecapekan/mengantuk.

5. Mudah untuk stress

Apakah anda sering emosi, marah-marah tidak jelas dan membentak-bentak orang disekitar anda? Mungkin anda kekurangan tidur. Kekurangan tidur dapat menyebabkan mudahnya untuk stress, mudah emosi dan marah-marah karena hal sepele.

6. Mengganggu kesehatan mata

Nah tentunya anda tau bahwa saat anda kurang tidur anda akan melihat mata anda berwarna merah. Warna merah tersebut merupakan ungkapan dari mata bahwa ada sesuatu yang salah dengan diri anda. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akan mengganggu kesehatan mata anda. Usahakan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan mata yang baik.

7. Mudah sakit

Dalam sebuah penelitian seorang yang setiap harinya kekurangan tidur 7 jam sehari hanya memiliki sistem imun 50% dari seseorang yang kecukupan tidur. Berkurangnya sistem imun (anti bodi) ini akan menyebabkan banyak kuman dan virus-virus mudah menginfeksi diri anda, akibatnya jadi mudah sakit terutama flu dan pilek. Cukupkanlah akan tidur karena mampu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga anda akan lebih kebal dari penyakit.

Demikianlah beberapa akibat dan bahaya yang bisa diakibatkan oleh kekurangan tidur. Tetap jaga kesehatan dengan tidur cukup perhari, usahakan minimal 8 jam sehari. Jika anda setiap harinya bangun jam 5 pagi berarti usahakan untuk tidur jam 9 malam setiap harinya. Sangat pentingnya tidur karena bisa mengganggu kegiatan sehari-hari anda, usahakan untuk tidak begadang kecuali memang ada suatu alasan yang mengharuskan anda melakukan tersebut. Demikian semoga bermanfaat bagi anda yang membaca artikel ini. Baca juga artikel saya yang lain melalui artikel terkait yang berada dibawah artikel ini.

Terimakasih atas waktunya untuk membaca ... !
Rating: 4.5