Miung.com

Jumat, 12 Juli 2013

Peluang usaha bisnis modal kecil dirumah

Usaha bisnis tidak hanya bisa dilakukan diluar rumah saja, terdapat beberapa bisnis yang dapat anda lakukan didalam rumah. Orang-orang terlalu sibuk mengerjakan apa yang menjadi pekerjaan mereka setiap harinya, jika anda bisa lebih kreatif anda bisa mengerjakan sesuatu yang simpel namun bisa menambah penghasilan anda setiap bulannya. Terdapat banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan dirumah, semua itu bisa dilakukan oleh semua orang namun kebanyakan tidak melakukannya karena merasa sudah berada di titik aman pada pekerjaan yang dilakukan setiap harinya. Saat ini orang-orang terlalu fokus untuk sekolah tinggi dan tujuannya supaya mudah dalam mendapatkan pekerjaan, seharusnya anda bisa memanfaatkan kesempatan ini. Jika orang-orang berfikir bersekolah untuk mendapatkan pekerjaan, itu berarti mereka ingin menjadi seorang pegawai dan sama sekali tidak ingin membangun usaha mereka sendiri.

Menjadi pegawai memang tidak buruk, namun sesukses-suksesnya seorang pegawai tetaplah lebih sukses seorang bos dari pegawai tersebut. Untuk itu anda harus berfikir kritis bagaimana menanggapi semua peluang yang ada di dalam lingkungan anda. Saat memutuskan untuk bersekolah tinggi anda harus berfikir untuk apa anda bersekolah, tujuan apa anda bersekolah dan mengapa anda bersekolah.

Melakukan bisnis usaha dirumah sebenarnya sangatlah mudah, tentu saja yang anda butuhkan adalah modal, waktu serta sedikit kesabaran. Untuk memulai bisnis usaha dirumah anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama anda. Anda bisa melakukan bisnis usaha dirumah ketika sedang libur dari pekerjaan anda atau dalam waktu-waktu lain yang memungkinkan. Jika anda memiliki seorang istri mungkin usaha dalam rumah yang ditangani oleh istri akan sangat bagus bagi keluarga anda. Beberapa usaha kecil dengan modal kecil yang bisa anda lakukan dirumah antara lain sebagai berikut ini:

1. Berjualan Pulsa
Ini merupakan usaha yang paling mudah, dengan uang sedikitnya Rp. 100.000,- (atau mungkin lebih kecil lagi) anda sudah bisa memulai bisnis kecil-kecilan ini. Bisnis berjualan pulsa tidak hanya bisa dilakukan dirumah saja namun bisa anda lakukan dimana saja anda berada. Meskipun pendapatan dari bisnis ini sangatlah kecil (tergantung dari modalnya) namun ini akan menjadi usaha sampingan anda yang paling mudah. Untuk mengembangkan bisnis ini gunakanlah trik orang-orang China, yakni ketika mendapat keuntungan jangan gunakan keuntungan tersebut untuk keperluan lain melainkan gunakanlah sebagai modal kembali, begitu seterusnya sehingga lama-kelamaan usaha anda akan berkembang.

2. Membuka sebuah warung
Buatlah warung kecil-kecilan, usahakan jangan sampai memakan modal lebih dari 1 juta. Dengan modal yang kecil tersebut gunakanlah trik orang china, yakni gunakan keuntungan yang didapat untuk dijadikan modal kembali. Juallah barang-barang yang dibutuhkan orang-orang disekitar anda, usahakan agar harganya berada dibawah standar namun masih bisa memberikan keuntungan bagi anda, mengurangi sedikit keuntungan itu tidak mengapa yang penting anda mendapatkan hati dari para pelanggan setia. Selain itu menjual barang sesuai dengan situasi dan kondisi juga sangat diperlukan, misalnya di bulan Ramadhan juallah sesuatu yang dibutuhkan untuk berbuka puasa ataupun kebutuhan yang lain.

3. Memanfaatkan barang-barang (peralatan) yang anda miliki
Manfaatkan barang-barang yang ada dirumah anda untuk menghasilkan uang tambahan. Apakah anda termasuk orang yang berpenghasilan lumayan dilingkungan anda? Jika YA, kemungkinan anda memiliki barang-barang yang tidak di miliki oleh orang-orang disekitar anda. Misalnya saja dengan mesin cuci anda bisa membuka usaha laundry, atau lebih tepatnya usaha pencucian baju. Anda hanya perlu memasukkan baju-baju tetangga ke mesin cuci kemudian tanpa perlu menyetelikanya, tentunya anda harus memberikan harga yang wajar (murah). Selain itu anda juga bisa memanfaatkan barang-barang yang lain seperti Kulkas. Dengan Kulkas di suasana Ramadhan seperti ini akan sangat bagus jika anda menjual ES, sebagai contoh jika ES dijual dengan harga Rp 500 per batang anda bisa menjualnya dengan harga Rp 400.

4. Membuat sebuah situs di Internet
Dengan memiliki sebuah situs di Internet baik itu merupakan sebuah website maupun blog, anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya saja seperti situs saya ini, saya meskipun sedikit namun bisa memperoleh penghasilan dari situs ini. Dari mana sebuah situs di internet bisa memperoleh penghasilan? Jawabannya banyak, bisa dari barang atau jasa yang ditawarkan dalam situs tersebut dan juga bisa dari iklan yang ditempatkan dalam situs tersebut. Misalnya saja seperti situs saya ini berhubung berisi mengenai informasi maka saya memperoleh penghasilan dari para pengiklan. Jangan di anggap remeh jika situs anda suatu saat sudah memiliki pengunjung yang sangat banyak bukan mustahil untuk mendapatkan jutaan rupiah setiap bulannya dari situs yang anda miliki di internet.

5. Menjual barang Online
Masih berkaitan dengan poin nomor 4 diatas, buatlah situs atau gunakanlah situs yang sudah ada untuk berbisnis dengan jalan Online. Keuntungan bisnis online adalah menjangkau semua calon pembeli dari semua penjuru dunia. Cara mudanya begini: Anda mencari toko yang menjual barang-barang dengan harga termurah di kota anda, kemudian anda tidak perlu membelinya: anda hanya perlu memfotonya kemudian memasangnya di internet (misalnya di tokobagus) dengan harga yang sedikit lebih mahal. Bagi para calon pembeli yang berada di kota lain akan beranggapan bahwa barang tersebut di jual dengan harga yang murah sehingga anda akan mendapatkan seorang pembeli. Ketika pembeli memesan barang yang anda jual, belilah barang tersebut di toko murah tadi kemudian mengirimkannya ke pembeli.

Demikianlah artikel singkat mengenai apa saja yang bisa dilakukan untuk berwirausaha dirumah dengan modal yang kecil. Mungkin masih banyak usaha lain yang bisa anda lakukan, semua itu tergantung pemikiran anda. Pahamilah bagaimana situasi dan kondisi ditempat anda, apa yang anda lakukan hari ini menentukan apa yang akan anda dapatkan besok. Berfikirlah jika anda hanya melakukan hal yang biasa anda lakukan maka anda juga hanya akan mendapatkan apa yang telah biasa anda dapatkan. Semoga bermanfaat!!

Terimakasih telah membaca!!!
Rating: 4.5