Miung.com

Jumat, 12 Juli 2013

Pengertian puasa: Doa niat puasa dan Doa berbuka puasa ramadan

Puasa merupakan tindakan yang dilakukan oleh manusia dengan menahan dari makan, minum, perbuatan tercela dan segala macam yang mampu membatalkan puasa pada waktu yang telah ditentukan. Dalam Islam sendiri puasa merupakan salah satu kewajiban d ibulan Ramadan. Puasa atau dalam bahasa Arabnya disebut dengan Saum menurut agama islam adalah menahan diri dari makan, minum dan segala hal yang bisa membatalkan puasa dimulai dari terbut fajar hingga terbenamnya matahari untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT. Puasa sendiri diperintahkan oleh Allah melalui Al-Qur'an dalam surat Al-Baqarah ayat ke 183. Didalam agama islam terdapat beberapa jenis puasa, diantaranya adalah puasa wajib (bulan ramadan) dan puasa sunah (contohnya puasa senin dan kamis). Meskipun terdapat hukum antara sunah dan wajib namun tata cara berpuasa keduanya tetaplah sama, hanya saja dibedakan dengan niat orang yang akan berpuasa tersebut.

Mendengar kata Puasa akan sangat identik dengan yang namanya bulan ramadan. Saat bulan ramadan, menjadi kesenangan tersendiri bagi anak-anak terutama saat menjelang berbuka, biasanya akan diadakan pengajian kilat yang di ikuti oleh anak-anak. Saat berkumpulnya anak-anak tersebutlah yang membuat suasana ramadan sangat menyenangkan bagi anak-anak. Pengertian ramadan sendiri merupakan bulan kesembilan menurut penanggalan hijriyah (agama islam), bulan ini merupakan bulan suci bagi agama islam, pada bulan ini umat islam melakukan serangkaian ibadah seperti berpuasa, shalat tarawih, mencari datangnya malam lailatul qadar dan juga memperingati diturunkannya kitab suci Al-Qur'an. Sebelum berpuasa terdapat doa niat berpuasa, doa ini biasanya dibaca saat malam hari setelah shalat tarawih:

Doa niat berpuasa

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍّ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bacanya: Nawaitu saumaghodin 'an ada-i fardhi syahri romadhoni hadzihis sanati Lillahita'ala
Artinya: "Sengaja aku berpuasa esok hari pada Ramadan tahun ini karena Allah Ta'ala"

Doa niat berpuasa seperti diatas biasanya dibaca setelah shalat tarawih. Kalau ditempat saya setelah usai shalawat tarawih biasanya imam memimpin untuk berdoa niat berpuasa secara bersama-sama. Dengan dibacanya doa ini pada malam hari setelah shalat tarawih sehingga keesokan harinya kita tinggal sahur saja, sebenarnya ada juga yang mengatakan bahwa dengan sahur saja itu berarti sudah berniat (dalam hati) akan berpuasa, jadi tidak perlu menggunakan doa lagi. Ketentuan membaca doa niat berpuasa adalah diantara waktu shalat maghrib sampai dengan shalat subuh. Kemudian seperti apa doa berbuka puasa, silakan lihat dibawah ini:

Doa berbuka
puasa


اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ ءَامَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Dibaca: Allahumma lakasumtu wabika amantu wa'alarizqika aftortu birokhmatika yaa-arkhamarrokhimiin
Artinya: "Ya Allah untukMu aku berpuasa dan kepadaMu aku beriman dan atas rizkimu aku berbuka wahai Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang."

Untuk doa berbuka puasa dibaca sebelum berbuka puasa, biasanya saat terdengar suara adzan maghrib (beduk) pada sore hari. Sebaiknya saat berbuka puasa jangan makan terlalu banyak dahulu, karena jika terlalu berlebihan maka akan membuat sakit perut dan ngantuk, hal ini biasanya akan membuat anda tidak berangkat shalat tarawih di masjid. Makanlah secukupnya kemudian dilanjutkan lagi setelah shalat tarawih selesai.

Demikianlah doa berbuka dan doa hendak berpuasa yang bisa saya sampaikan, jika ada kekurangan maupun kesalahan dalam penulisan saya sangatlah memohon maaf. Sudi kiranya bagi para pengunjung yang menemukan kesalahan dalam penulisan di situs ini agar memberitahukan saya melalui komentar supaya bisa saya perbaiki secepatnya. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan Ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini.

Sanggahan:
Orang-orang memiliki pendapat yang berbeda-beda, dengan adanya artikel ini saya tidak menjamin bahwa doa niat puasa dan doa niat berbuka puasa diatas merupakan doa yang sahih dan benar. Rahasia akan sahih dan benar, Allahlah Tuhan semesta alam yang maha tau. Jadi di kemudian hari jika ada yang memiliki pendapat berbeda dengan dua doa diatas bisa menambahkannya di komentar tanpa harus mencela sesama saudara muslim sendiri. Kedua doa ini merupakan doa yang saya baca menurut kepercayaan saya, jadi jika anda memiliki pendapat yang berbeda biarlah perbedaan ini menjadi suatu kelebihan bagi kita untuk menjalin rasa persaudaraan yang baik. Jika anda memiliki pendapat mengenai doa berbuka puasa dan doa akan berpuasa yang anda gunakan saat ini silakan tuliskan di komentar tanpa harus mencela doa puasa yang saya tuliskan disini. Harap diperhatikan demi tercapainya kenyamanan pengguna, semua komentar saya moderasi dan hanya komentar dengan kata-kata baik, berkaitan dengan artikel serta tidak mencela dan mengandung sara yang akan saya publikasikan.

Allahu'alam

Terimakasih atas waktunya untuk membaca ... !
Rating: 4.5