Miung.com

Sabtu, 17 Agustus 2013

Cara memperbaiki Nokia symbian s60v2-s60v3-s60v5 dengan format memori dan reset pengaturan pabrik

Nokia sebagai salah satu platform ponsel terkemuka di dunia akhir-akhir ini semakin di tinggalkan, hal ini karena persaingan para produsen ponsel yang semakin menanjak dan tak dapat di elakkan lagi bahwa Nokia kini telah kalah pasar. Terlebih di Indonesia sendiri kini bermunculan banyak sekali ponsel canggih yang di jual dengan harga yang sangat murah, biasanya ponsel jenis ini adalah buatan China. Dari segi harga sendiri Nokia memang tergolong sedikit lebih mahal ketimbang HP dengan merek yang lain, namun dari segi kualitas jangan ditanya Nokia memang lebih unggul. Ada harga ada kualitas itulah tren yang saat ini muncul.

Dalam pasar Indonesia sendiri Nokia sempat menjadi rajanya Ponsel, dulu setiap orang yang memiliki ponsel kebanyakan pastilah bermerek Nokia. Namun jika sekarang anda memperhatikan lingkungan tempat anda tinggal kini nokia mulai ditinggalkan, banyak orang kini lebih suka untuk beralih ke HP buatan China. Seperti yang anda ketahui bahwa masyarakat Indonesia memanglah menyukai harga yang murah, bagi rakyat Indonesia mungkin kualitas di nomor duakan yang paling penting harganya murah dan sudah bisa digunakan untuk telfon, sms, ditambah lagi bisa buat Radio dan nointon TV.

Persaingan antara Nokia dengan HP buatan China sudah lama terjadi, kini ditambah lagi dengan munculnya OS (operating system) Android, OS yang merupakan besutan raksasa internet Google ini kini menjadi mendominasi pasar. Ditambah lagi OS ini memiliki sifat open source, sehingga banyak produsen ponsel cerdas dan bahkan tablet atau ipad menggunakan OS ini. Akibatnya kini OS buatan Nokia (Syimbian) semakin tertinggal, banyak orang kini lebih suka menggunakan Android. Yang tak habis saya pikir kenapa Nokia tidak mengikuti pasar saja dengan menggunakan OS Android? Malahan sekarang justru Nokia menggunakan OS Windows Phone entah apa yang di pikirkan Nokia, mungkin mereka ingin tampil beda dengan yang lain.

Akhir-akhir ini saya mendengar bahwa produksi HP dengan OS symbian akan dihentikan oleh pihak Nokia, mungkin hal ini terjadi karena tingkat penjualan mereka yang dari hari ke hari semakin menurun. Meskipun demikian namun nokia masih mengembangkan ponsel cerdas mereka dengan OS Windows Phone, semoga saja usaha nokia untuk kembali mendominasi pasar bisa terwujud. Bukan tidak mungkin jika Nokia mampu menjual produk mereka dengan harga yang murah namun kualitas tetaplah bagus, mungkin Nokia akan segera menguasai pasar Ponsel lagi.

Sekarang kita kembali ke Inti permasalahan, bagaimana cara memperbaiki HP Nokia symbian S60v2 dan S60v3 dengan melakukan pemindahan pengaturan ke pengaturan awal (pengaturan pabrik) dan dengan melakukan pemformatan memori pada memori telepon. Pada ponsel nokia sering terjadi kerusakan, diantaranya: Terkena virus, mendadak tidak bisa digunakan untuk telfon, tridak bisa digunakan untuk sms, tidak mendeteksi signal, dan masih banyak lagi.

Kerusakan-kerusakan tersebut bisa terjadi karena HP telah anda setting ke pengaturan yang salah atau terdapat sebuah perangkjat lunak yang mengganggu kinerja system ponsel syimbian. Jika dua
hal tersebut ternyata tidak berhasil kemungkinan besar kerusakan terjadi pada perangkat keras ponsel, sehingga langkah terakhir adalah dengan membawanya ke service HP supaya di perbaiki. Berikut ini adalah cara mengatur ulang ponsel nokia ke pengaturan awal dan bagaimana cara memformat memori telepon:

Cara mengatur ulang ponsel symbian s60v2, s60v3 dan s60v5 ke pengaturan awal (pabrik)
Mengatur ulang ponsel ke pengaturan standar atau pabrikan sebenarnya mudah, caranya silakan langsung saja ketik *#7780#. Tanpa harus menekan tombol "call" seharusnya ponsel akan dengan sendirinya menanyakan konfirmasi yang intinya berupa "Ponsel akan dikembalikan ke pengaturan awal" silakan klik "yes/ok" kemudian masukkan kode ponsel. Secara default jika anda belum pernah mengubah kode ponsel adalah terdiri dari 5 angka yakni "12345". Dengan cara ini maka ponsel akan di reset ulang menjadi pengaturan pabrikan, misalnya sebelumnya anda mengatur nada dering A maka nada dering akan dikembalikan ke nada dering default.

Cara memformat memori telepon Symbian S60v2, s60v3dan S60v5

Jika dengan menggunakan cara diatas ternyata hasilnya kurang memuaskan alias kerusakan pada HP belum teratasi maka kita lanjut ke cara yang kedua. Memformat telepon biasanya dilakukan karena adanya software pengganggu atau terdapat virus dalam HP anda. Cara memformatnya juga mudah, pertama untuk berjaga-jaga silakan back up terlebih dahulu data-data penting yang terdapat di memori telepon, misalnya saja pada kontak. Untuk keamanan silakan cabut kartu memori kemudian tekan *#7370#, sama seperti diatas ponsel juga akan menanyakan konfirmasi dan meminta password. Masukkan password dan tunggu beberapa saat, setelah selesai maka telepon akan dimulai ulang dan anda akan mendapatai memori telepon yang kosong. Sampai disini jika ternyata kerusakan sebelumnya diakibatkan oleh virus seharusnya sudah bisa diperbaiki, namun virus tersebut masih terdapat di kartu memori solusi jitunya formatlah kartu memori menggunakan card reader dengan bantuan komputer.

Memformat memori telepon jika telepon dalam keadaan tidak bisa di hidupkan akibat Virus
Saya sendiri pernah mengalami hal ini, suatu ketika ketika mendownload aplikasi dari internet mendadak HP tidak bisa di hidupkan dan terdapat pesan "I LOVE VIRUS", langkah mengatasinya matikan HP kemudian tekan *,3,call secara bersamaan dan dibarengi dengan menekan tombol power. Jangan lepaskan tombol *,3, dan call sebelum HP benar-benar menyala dengan sempurna. Jika cara ini masih gagal mungkin anda harus mencoba membawa ke service center terdekat.

Bagaimana jika dengan dua cara diatas masalah kerusakan belum juga teratasi?

Jika sampai disini ternyata masih belum bisa juga teratasi kemungkinan besar masalah sebenarnya terjadi pada hardware (perangkat keras) ponsel itu sendiri. Solusinya adalah dengan membawa ponsel ke service HP terdekat atau kalau bisa yang berlogo resmi Nokia. Jangan lupa jika pihak service menanyakan akan melakukan instal ulang, back up dulu data-data penting yang terdapat dalam ponsel.
Rating: 4.5