Miung.com

Senin, 05 Agustus 2013

Contoh curriculum vitae (CV) dalam bahasa Inggris

CV atau kepanjangan dari curiculum vitae merupakan daftar riwayat hidup seseorang yang mencakup riwayat sekolah, pekerjaan, dan pengalaman-pengalam lain yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Dalam melamar suatu pekerjaan selain harus mempersiapkan surat tanda kelulusan sekolah (Ijazah) anda juga akan diminta untuk menunjukkan CV (Currriculum vitae). Data-data yang terdapat dalam CV haruslah ditulis dengan benar dan harus dapat dibuktikan, misalnya saja anda menuliskan lulusan perguruan tinggi tertentu didalam CV maka anda juga harus memiliki bukti bahwa anda memang benar-benar lulusan dari perguruan tinggi tersebut.

Dengan adanya sebuah CV maka pihak perusahaan akan dengan mudah memeriksa kapabilitas dengan pekerjaan yang anda lamar. Misalnya saja jika anda melamar pekerjaan dalam bidang teknik tenaga listrik maka sebaiknya anda menunjukkan riwayat pendidikan dan pengalam kerja anda pada CV yang berhubungan dengan bidang pekerjaan listrik. Akan sangat sulit menerima seseorang yang tidak kapabilitas dengan pekerjaan yang dilamar, meskipun hal ini tidak menutup kemungkinan namun saya rasa akan menjadi sulit.

Dalam mempersiapkan sebuah surat lamaran pekerjaan dan CV sebaiknya benar-benar dipersiapkan dengan matang. Persiapkan surat-surat yang diperlukan dalam keadaan rapi dan indah untuk dipandang. Perhatikan bahwa pihak perusahaan mungkin akan memperhatikan sampai sedetil-detil mungkin, bahkan menurut pengalaman yang sudah-sudah tanda tangan yang anda bubuhkan juga akan mempengaruhi apakah anda akan diterima bekerja atau ditolak. Kini dalam menerima sebuah karyawan baru, sudah dikenal yang namanya melihat karakter dari tanda tangan, entah benar atau tidak namun Guru sekolah saya sendiri menceritakan hal ini kepada saya. Baik atau buruknya karakter seseorang ternyata dapat dibaca dari tanda tangan yang anda keluarkan.

Sekali lagi jangan asal-asalan, tampilan berantakan, tidak berniat bekerja, dan segala macam yang buruk lainnya. Untuk bisa mendapatkan yang terbaik anda harus menunjukkan bahwa anda memang benar-benar layak untuk diterima dan memang benar-benar berniat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Perlu anda ketahui bahwa orang yang berkarakter baik serta disiplin akan memiliki peluang lebih banyak diterima dalam suatu perusahaan dibanding dengan orang yang pintar saja. Perusahaan membutuhkan orang untuk bekerja dan mau menuruti apa yang di inginkan oleh perusahaan, bukan orang pintar yang memiliki pemikiran sendiri dan biasanya akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Lalu apakah perusahaan tidak membutuhkan orang yang pintar? Tentu saja butuh, hanya saja orang disiplin dan berkarakter baik jauh lebih dibutuhkan.

Tanpa berpanjang lebar lagi berikut ini adalah contoh CV (Curriculum Vitae) dalam bahasa Inggris yang mungkin akan bermanfaat bagi anda:


Personal Detail

Name : Dedi styawan

Sex : Male

Religion : Islam

Nationality : Indonesian

Marital status: Single

Address : Jl Magelang-Purworejo KM 9 Tempurejo Tempuran Magelang

Place and date of birth : Sragen, December 19, 1995

Phone number: 082325850241

Email: dedistyawan68@yahoo.com


Educational Background

1991-1997: SDN Jambangan 1 Tirip Mondokan Sragen

1997-2000: SMPN 1 Mondokan Sragen

2000-2003: SMKN 1 Kota Magelang jurusan Teknik Instalasi tenaga listrik

2003-2007: Perguuruan tinggi UNES jurusan kelistrikan

2008-2009: English language courses in Yogyakarta


Job experience

1. Three months on the job training on PLN Borobudur

2. Three months on the job training on Pabrik tekstil Pandatex Magelang

3. One year working on PLN

4. Two years working on Merpati Air Line


Personality

I am a funny person, I was able to work with other people, I am most afraid of the old man and the religion I profess. According to my friends kind and helpful person, other than that I have never been late when it comes to school and come to my previous job.


Other advantages

I speak English and I was able to operate a computer.


Magelang, May 7, 2013


Dedi styawan



Nah demikianlah contoh CV (curriculum vitae) dalam bahsa Inggris yang bisa saya berikan. Tidak lupa saya mengingatkan, untuk mendapatkan pekerjaan yang baik mulailah dari diri anda sendiri. Berfikirlah positif, jika anda orangnya baik maka anda akan mendapatkan pekerjaan yang baik pula. Yang paling penting jaga disiplin dan jangan terlalu sembrono (ceroboh). Saat melamar pekerjaan kenakan baju yang rapi, tatap mata si pewawancara, jaga sikap, jangan meminta gaji yang berlebihan dan utamakan kualitas kerja. Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca ini.
Rating: 4.5