Miung.com

Senin, 12 Agustus 2013

Contoh surat lamaran pekerjaan bahasa Indonesia

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa manusia membutuhkan uang untuk tetap hidup dan cara untuk mendapatkan uang adalah dengan bekerja. Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang kita senangi memanglah tidak mudah, hal tersebut membutuhkan perjuangan dan juga pengorbanan yang melibatkan waktu, tenaga dan materi. Untuk bisa mendapatkan suatu pekerjaan tertentu dalam suatu perusahaan maka yang perlu anda lakukan adalah melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, untuk melamar pekerjaan dibutuhkan yang namanya surat lamaran kerja. Nah, bagi anda yang belum pernah atau mungkin ini merupakan kali pertama hendak melamar kerja mungkin akan menjadi masalah yang cukup besar namun jika anda mau belajar dari surat lamaran pekerjaan yang sudah ada mungkin akan sedikit membantu anda.

Dalam menuliskan suatu surat lamaran pekerjaan harus menggunakan bahasa yang sopan serta tidak akan menyinggung perasaan, terutama perasaan pihak perusahaan. Gunakanlah bahasa yang baku (umum) jangan menggunakan bahasa Gaul (alay) yang sehari-hari biasa digunakan oleh anak muda. Perlu diketahui setelah anda mengirimkan surat lamaran pekerjaan maka perjuangan tidak hanya berhenti sampai disitu saja, setelah itu anda harus menunggu panggilan dari pihak perusahaan selanjutnya anda akan diberikan tes tertulis dan tes wawancara.

Sedikit tips dari saya saat menghadiri suatu tes wawancara kenakan pakaian yang sopan dan bercorak ringan (simpel), jangan kenakan pakaian dengan gambar tertentu: misalnya pakaian dengan logo Monster energi atau sebagainya. Lebih baik kenakan pakaian polos saja, seperti putih kotak-kotak atau pakaian dengan corak simpel yang lain. Tanpa berpanjang lebar lagi berikut ini merupakan sebuah contoh surat lamaran pekerjaan:


Magelang, 20 Maret 2013


Kepada Yth,

Pimpinan Manager

PT DEDI-ES corporation

Jl Magelang-Purworejo KM 9 Tempuran

Kabupaten Magelang



Dengan hormat



Yang bertanda tangan dibawah ini saya:

Nama: Dedi styawan

Alamat: JL Magelang-purworejo KM 9 Tempuran Magelang

Tempat, tanggal lahir: Sragen, 19 desember 1995

Status: Belum menikah

Pendidikan terakhir: SMK N 1 Kota Magelang

No yang bisa dihubungi: 082325850241



Berdasarkan iklan dari PT DEDI-ES corporation yang saya baca di situs MIUNG.COM yang mengatakan bahwa perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan pekerjaan dalam bidang teknisi listrik, maka dengan ini saya menawarkan diri saya untuk bisa menempati bidang pekerjaan teknisi listrik tersebut. Bersamaan dengan surat ini saya juga melampirkan:

1. Foto copy ijazah SMK

2. Foto copy KTP

3. Foto copy SKCK dari pihak kepolisian

4. Daftar riwayat hidup (CV)

5. Foto 3X4 sebanyak 2 lembar

Demikianlah semoga lampiran-lampiran diatas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan. Harapan saya semoga saya diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas kesediaan waktu dan perhatian yang Bapak/Ibu berikan dalam menanggapi surat lamaran ini saya ucapkan terimakasih.


Dengan Hormat


Dedi styawan



Contoh surat lamaran diatas cocok jika anda menemukan informasi lowongan dari iklan, bisa iklan di situs tertentu, iklan di koran atau iklan di TV. Lalu bagaimana jika seandainya anda ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan namun perusahaan tersebut tidak menerbitkan iklan sebelumnya? Surat lamaran pekerjaan yang di buat juga hampir sama, hanya saja pada kata "Berdasarkan iklan dari PT DEDI-ES corporation yang saya baca di situs MIUNG.COM yang mengatakan bahwa perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan pekerjaan dalam bidang teknisi listrik, maka" dihapus.

Supaya bisa diterima dalam suatu perusahaan yang anda inginkan memanglah dibutuhkan banyak kerja keras dan perjuangan. Satu hal yang harus jangan anda lupakan adalah meminta restu orang tua, terutama ibu dan jangan lupa untuk menjaga sholat lima waktu. Bila diperlukan sholat malamlah dan memohon kepada yang maha kuasa agar anda mudah dalam mendapatkan perkerjaan dan diberi kelancaran dalam mencari rezeki. Jika pekerjaan sudah ditangan jangan melupakan perjuangan yang dulunya anda alami.

Perlu anda ketahui bahwa surat lamaran pekerjaan tidak harus terpaku harus sama persis dengan contoh diatas, anda masih bisa membuat surat lamaran pekerjaan dengan kreasi sendiri. Intinya harus menggunakan bahasa yang baik, sopan, jangan menyinggung perasaan, menggunakan bahsa yang baku. Berikutnya semoga anda diterima dalam suatu perusahaan yang anda inginkan selama ini, semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk anda.
Rating: 4.5