Miung.com

Kamis, 01 Agustus 2013

Kacang tanah menyebabkan jerawat? Benarkah?

Kacang tanah sebagai salah satu sumber pangan yang mudah kita dapatkan di Indonesia merupakan salah satu makanan yang misterius, orang-orang terutama para kaum remaja enggan memakan kacang tanah karena takut mereka akan terkena jerawat. Anggapan mereka bahwa kacang tanah bisa menyebabkan jerawat dipercaya karena mereka mendengar berita mulut dari mulut soal kacang tanah tersebut. Meskipun demikian benarkah kacang tanah yang selama ini kita makan dan enak rasanya itu merupakan makanan penyebab jerawat? Untuk lebih jelasnya kali ini saya akan membahas mengenai benarkah kacang tanah merupakan penyebab jerawat.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai permasalahan sebenarnya, sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan jerawat? Jerawat merupakan suatu kondisi saat pori-pori kulit tersumbat sehingga menyebabkan timbulnya kantung nanah meradang (dari wikipedia bahasa Indonesia). Penyakit jerawat sendiri merupakan salah satu penyakit yang jumlah penderitanya sangat banyak di dunia, bukan hanya di Indonesia namun juga tingkat dunia. Jerawat biasanya sering terjadi pada kulit wajah terutama pada kaum remaja, sebenarnya jerawat bisa saja muncul di kulit lain selain wajah namun kebanyakan jerawat timbul di kulit wajah.

Apa saja hal yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat?

Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan jerawat, kali ini saya hanya akan menyebutkan hal-hal yang pokok/sering menimbulkan jerawat saja. Diantaranya adalah:

1. Faktor keturunan/hormon

Jerawat bisa timbul disebabkan oleh faktor hormonal dan gen yang dimiliki oleh orang tua. Jadi jerawat juga bisa anda derita disebabkan oleh faktor keturunan.

2. Stres

Jerawat bisa timbul jika anda terlalu sering stres, menurut wikipedia bahasa Indonesia saat seseorang stres akan mengeluarkan suatu hormon tertentu, nah hormon inilah yang bisa menimbulkan jerawat. Selain itu stres juga menimbulkan orang tersebut banyak memakan makanan berlemak dan manis yang kemudian bisa menimbulkan penyakit jerawat.

3. Dehidrasi/kekurangan cairan

Saat manusia kekurangan cairan maka kulit akan kasar dan kering, hal ini dapat menimbulkan tumpukan sel-sel kulit mati. Tumpukan sel kulit mati ini akan menyumbat pori-pori kulit, sehingga timbulnya jerawat tidak di elakkan lagi. Saat terjadi kekurangan cairan, kelenjar sebaceous (kelenjar penjaga kelembapan kulit) akan bekerja dengan keras dan memproduksi minyak dalam jumlah yang lebih banyak, minyak-minyak bercampur dengan kotoran dan partikel lain ini akhirnya akan menimbulkan jerawat.

4. Penggunaan kosmetik

Menggunakan kosmetik seperti menggunakan bedak bersatu dengan foundation dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Hal ini bisa terjadi karena foundation yang terdapat didalam bedak akan menyebabkan bubuk bedak dengan mudah akan masuk dan menyumbat pori-pori kulit, jika pori-pori tersumbat maka jerawat akan timbul.

Nah setelah mengetahui apa saja yang bisa menimbulkan jerawat diatas kini kita akan kembali ke inti artikel ini, yakni apakah benar makanan ringan Kacang Tanah bisa menimbulkan jerawat? Kalau di lihat dari beberapa hal yang bisa menimbulkan jerawat diatas, intinya jerawat bisa terjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga menyebabkan kantung nanah yang meradang. Pertanyaannya apakah kacang tanah menyebabkan terjadinya sumbatan pada pori-pori kulit? Berdasarkan sumber-sumber yang ada di internet dan penelitian-penelitian yang telah dilakukan dikatakan bahwa kacang sebagai salah satu makanan penyebab jerawat merupakan mitos, atau dengan kata lain belum/tidak terbukti dalam dunia ilmiah/kedokteran.

Sebaliknya kacang tanah sebagai salah satu sumber pangan memiliki manfaat yang sangat banyak, salah satunya adalah menurunkan resiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan secara teratur dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung.

Intinya Kacang tanah merupakan makanan yang mudah kita temui dan memiliki manfaat banyak bagi tubuh kita. Selain itu sampai saat ini kacang tanah sebagai makanan yang gurih belum terbukti bahwa bisa menimbulkan penyakit jerawat, penyakit jerawat bisa terjadi yang paling umum karena terjadinya penyumbatan pori-pori kulit. Penyumbatan pori-pori kulit bisa terjadi karena penggunaan kosmetik, stres, kekurangan cairan/dehidrasi, dll. Selain itu memakan makanan berlemak/berminyak serta yang mengandung kafein (seperti kopi dalam jumlah berlebihan/terlalu sering) juga berpotensi akan menimbulkan jerawat. Memakan kacang tanah boleh saja dan jangan takut terkena penyakit jerawat namun meskipun demikian tetaplah jangan berlebihan dan makanlah dalam jumlah yang normal saja, agama kita sendiri mengatakan sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Akhir kata jika terdapat banyak salah kata dan informasi saya memohon maaf.
Rating: 4.5