Miung.com

Sabtu, 24 Agustus 2013

Tips berkendara sepeda motor yang aman


Sepeda Motor atau kerap disebut dengan nama Motor saja merupakan salah satu barang yang tak mewah lagi. Hampir setiap keluarga memiliki sepeda motor bahkan dari satu keluarga ada yang memiliki lebih dari 1 buah sepeda motor, selain dapat digunakan untuk alat transportasi sepeda motor juga bisa membantu pekerjaan manusia misalnya saja digunakan untuk berdagang dan masih banyak lagi. Tidak seperti kendaraan dengan roda 4, sepeda motor memiliki roda 2 dan lebih ramping sehingga memudahkan bila melewati jalan-jalan yang sempit. Selain itu berkendara sepeda motor juga di kesan lebih menyenangkan karena akan melihat secara langsung pemandangan yang ada disekitar perjalanan tanpa harus tertutup oleh kaca, kita juga bisa secara langsung merasakan sejuknya udara disekitar saat sedang perjalanan.

Berkendara sepeda motor memiliki resiko kecelakaan yang lebih besar dari pada kita naik angkot atau bus, untuk itu dalam mengendarai sebuah sepeda motor diperlukan adanya kehati-hatian supaya kita bisa selamat sampai tujuan. Nah berikut ini saya akan menuliskan beberapa tips yang bisa anda terapkan guna tercapainya keselamatan, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara sepeda motor. Meskipun demikian saya juga tidak memaksa untuk anda menggunakan tips ini, karena ini sifatnya hanyalah informasi yang bisa anda sharing dan terapkan dalam kehidupan anda atau tidak.

Tips berkendara sepeda motor yang aman:

1. Kelengkapan komponen sepeda motor
Nah ini merupakan pokok utama yang harus anda perhatikan, jangan sampai anda meninggalkan satu komponenpun dalam sepeda motor. Perlu di ingat bahwa Motor tersebut dibuat sudah berdasarkan perhitungan dan percobaan untuk kepentingan keselamatan, jadi tak usahlah anda menghilangkan komponen-komponen dalam sepeda motor tersebut. Misalnya saja mencopot spion, sebenarnya spion sendiri berfungsi agar anda bisa melihat kendaraan yang dibelakang hanya dengan melirik spion. Yang parah lagi jangan sampai anda mencopot mesin, karena mesin merupakan nyawa dari sepeda motor... hehehe

2. Menggunakan komponen yang standar
Anak-anak remaja didaerah saya suka sekali dengan mengotak-atik motor mereka. Kebanyakan dari mereka lebih suka memodifikasi motor dengan mengganti komponen-komponen yang semula standar menjadi tidak standar. Contohnya saja ban-nya diganti dengan yang kecil, knalpot diganti dengan yang suaranya kenceng, spion diganti dengan yang gaul dan masih banyak lagi.

3. Menggunakan Helm standar
Setelah Motor menggunakan komponen lengkap dan standar kini tiba saatnya bagi anda melengkapi diri anda dengan Helm. Kita semua tentunya tidak mengharapkan yang namanya kecelakaan, namun Helm digunakan untuk berjaga-jaga seandainya anda mengalami suatu musibah maka setidaknya kepala anda akan terlindungi. Selain itu Helm juga berfungsi menutupi mata anda dari debu dan air hujan.

4. Taati peraturan lalu lintas
Nah setelah keselamatan diri sendiri terpenuhi kini tiba saatnya juga untuk memperhatikan keselamatan pengguna jalan yang lain. Perlu di ingat bahwa melanggar tata tertib lalu lintas selain bisa membahayakan diri sendiri juga sangat bisa membahayakan pengguna jalan yang lain. Jadi pikirlah bahwa anda akan melukai orang lain yang tak bersalah, tentunya anda juga tidak akan mau jika diri anda di lukai oleh orang lain bukan?

5. Mempersiapkan segala sesuatu
Jika anda akan bepergian jauh menggunakan sepeda motor anda harus mempersiapkan segala sesuatunya, diantaranya meliputi bekal makanan, jas hujan, jaket, dan yang paling penting harus membawa uang bensin. Teman saya bahkan ada yang memakai jas hujan saat cuaca sedang cerah, mengapa? Karena saat bepergian jauh kita melewati satu wilayah ke wilayah lain, bisa saja di wilayah satu cuacanya cerah namun kenyataannya di wilayah yang lain sedang hujan deras. Untuk itu memakai hujan saat bepergian jauh memang tidak ada salahnya juga.

Nah demikianlah beberapa tips yang bisa anda terapkan supaya bisa aman dan nyaman dalam berkendara. Sebenarnya saya yakin bahwa anda sendiri sudah tau 5 macam yang saya sebutkan diatas, namun tujuan dari artikel ini adalah bagaimana anda bisa menerapkan dan mengingatkan anda semua akan bahayanya saat berada dijalan raya. Saya sangat meminta maaf jika artikel ini kurang berkenan dan tidak menambah wawasan bagi anda, akhir kata semoga ada manfaatnya.

Rating: 4.5