Miung.com

Rabu, 04 September 2013

Macam-macam sistem operasi (OS) Komputer/PC

Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan akan komputer semakin hari semakin meningkat, bahkan bisa dikatakan bahwa komputer merupakan teknologi yang sangat membantu kehidupan manusia. Dengan adanya komputer yang semula tidak mungkin  atau sulit untuk dilaksanakan kini menjadi didepan mata dan sangat mudah untuk dilaksanakan. Contoh pekerjaan yang kini telah dipermudah dengan adanya komputer sudahlah banyak sekali, contohnya: Pengelolaan data, pemrograman suatu robot, pemrograman PLC (biasa digunakan di mesin Industri), mempermudah dalam transaksi online, menjadi media komunikasi (baik menggunakan jejaring sosial maupun menggunakan video calling), dan masih banyak lagi.

Pengertian Operating System (Sistem Operasi)

Secara mudah saja kita sebagai pengguna menggunakan komputer melalui media aplikasi atau yang lebih kerap disebut dengan Software (perangkat lunak). Aplikasi-aplikasi dalam komputer ini bekerja menurut OS (Operating System) yang telah ditanamkan dalam komputer, jadi tanpa adanya OS maka komputer tidak dapat digunakan. Secara gambaran aplikasi bekerja menurut OS, dan OS bekerja menurut perangkat keras komputer. Kesimpulannya sistem operasi merupakan sebuah program yang mengatur dan mengelola perangkat-perangkat keras (hardware) dari komputer dan memberikan pelayanan (sumber daya) terhadap aplikasi-aplikasi perangkat lunak. Sekarang anda bisa menyimpulkan bahwa Monitor, keyboard, speaker dan semua perangkat keras yang terdapat dalam komputer sepenuhnya dikendalikan oleh OS. OS juga memberikan pelayanan terhadap aplikasi-aplikasi yang ingin menggunakan Hardware dari komputer namun terbatas berdasarkan OS yang digunakan, misalnya aplikasi pemutar musik yang mengendalikan speaker.

Apa saja macam sistem operasi untuk komputer yang sudah ada saat ini?
Sistem operasi komputer saat ini sudah ada banyak, tak hanya komputer bahkan perangkat mobile seperti HP (Smartphone) kini juga telah menggunakan sistem operasi. Macam sistem operasi untuk HP yang populer contohnya: Android, Windows Phone, Symbian, dll. Macam-macam sistem operasi untuk komputer;

1. Windows
Microsoft Windows atau disebut dengan Windows saja merupakan salah satu sistem operasi yang ada saat ini. Windows menjadi sistem operasi yang sangat populer, bahkan bisa dikatakan hampir semua komputer pernah menggunakan OS ini. Dominasi Windows terhadap OS komputer menjadikannya semakin maju dan diperbaharui, bahkan untuk perangkat seluler telah menciptakan OS windows Phone. Kini Sistem Operasi mutakhir dari windows diberi nama Windows 8 setelah sebelumnya sukses dengan Windows 7. Beberapa versi dari windows diantaranya Windows 98, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

2. Linux
Sistem Operasi Linux merupakan salah satu sistem operasi yang sukses. Meskipun tidak sesukes Microsoft Windows namun Berbagai perusahaan besar seperti Intel telah mengenal sistem operasi ini. Sistem operasi linux biasanya digunakan untuk server, Video game (Playstation 2, 3, 4), Ponsel, dan juga untuk komputer. Keunggulan sistem Operasi Linux dibanding windows yang paling mencolok adalah dari tingkat keamanannya. Secara gamblang akan banyak sekali orang yang bersemangat untuk mempelajari sistem operasi Windows karena hampir semua komputer menggunakan windows, namun akan sedikit yang mempelajari sistem operasi linux karena pengguna linux tidak sebanyak windows. Mungkin hal inilah yang menyebabkan sistem operasi linux dikatakan lebih aman dibanding sistem operasi windows, ibaratnya banyak yang pakai pasti banyak yang ingin mencuri sedangkan sedikit yang pakai sedikit pula yang ingin mencuri.

3. Mac OS
Anda mungkin sudah sering mendengar dengan yang namanya Windows dan Linux, namun bagaimana dengan Mac OS? Mac OS merupakan singkatan dari Macintosh Operating System, sistem operasi yang dibuat oleh aplle dan dibuat untuk komputer keluaran Macintosh. Mac OS tidak dapat di gunakan oleh PC yang memiliki basis IBM (International Business Machines Corporation).

4. Android
Sudah kenal dengan Android? saya yakin anda sudah pernah mendengar nama android, sistem operasi besutan Google ini kini telah merajai OS dari Ponsel. Sifatnya yang Open Source menjadikan OS Android bisa digunakan oleh perusahaan Ponsel dengan merk apa saja, seperti: Samsung, Sony, LG, dan masih banyak lagi. Kini sistem operasi yang telah merajai pasar Smartphone ini telah mendukung untuk dijadikan sebagai sistem operasi Komputer. Android Jelly Bean 4.3 kini telah bisa dijadikan OS komputer, meskipun demikian Google masih terus melakukan pengujian terhadap sistem operasi ini.

5. Chrome OS
Google Chrome OS, satu lagi produk yang dihasilkan oleh raksasa Internet Google. Chrome OS merupakan sistem operasi yang dapat berjalan pada komputer (perangkat keras) tertentu. Chrome OS dirancang secara khusus bagi mereka yang menghabiskan waktunya di internet. Goole Chrome OS menggunakan standar web HTML 5. Kini Browser Google Chrome juga telah merebut sebagian besar pasar dari Mozila firefox, nampaknya Google benar-benar akan menguasai di semua bidang dalam hal Teknologi Informasi.

Masih terdapat banyak sekali sistem operasi yang lain namun tidak saya sebutkan satu persatu. Baik buruknya sebuah sistem operasi tidak bisa di lihat dari harganya, misalnya sistem operasi yang free alias gratis bukan berarti sistem operasi tersebut buruk. Contohnya saja Android, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa android merupakan sistem operasi yang kini telah sangat sukses dalam dunia Smartphone. Dan mungkin saja kedepannya Android akan menguasai pasar komputer juga. Jika Windows ingin mempertahankan posisinya sebagai penguasa OS komputer sudah seharusnya memikirkan mengenai Sistem operasi Open Source seperti Android.
Rating: 4.5