Miung.com

Minggu, 01 September 2013

Pengertian dan contoh visi, misi, motto, citacita dan hobi

Dalam kehidupan sehari-hari anda tentunya pernah mendengar bahwa orang maupun perusahaan tertentu memiliki visi, misi, moto dan juga cita-cita tertentu. Nah sebenarnya apa sih pengertian dari visi, misi, moto, hobi dan cita-cita itu? Melalui artikel singkat kali ini kita akan membahas mengenai pengertian visi, misi, hobi, cita-cita dan juga moto. Kita awali dengan pengertian dari masing-masing:

Pengertian Visi

Visi adalah suatu pandangan jauh kedepan, mengenai apa yang harus dilakukan oleh perusahaan, tujuan perusahaan dan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Contohnya menjadi perusahaan yang dipercaya masyarakat, sukses dan menjadi unggul dalam segala bidang.

Pengertian Misi

Misi merupakan suatu hal (pernyataan) yang dilakukan oleh suatu lembaga tertentu dalam mewujudkan Visi. Contohnya untuk bisa mewujudkan visi yang saya tulis diatas maka kita harus memiliki misi berupa, melayani pelanggan dengan tulus, ramah dan penuh kasih sayang. Mengutamakan kepuasan pelanggan dan pelayanan prima, dan lain-lain.

Sampai disini anda mungkin akan kebingungan mengenai apa sih sebenarnya perbedaan dari Visi dan Misi itu, karena memang kalau dilihat sepertinya sangat mirip. Jadi secara kesimpulan dan menggunakan bahasa saya sendiri begini, Visi merupakan pandangan atau bisa dikatakan sebuah cita-cita masa depan yang menyatakan suatu perusahaan ingin menjadi yang bagaimana, sedangkan misi merupakan langkah-langkah nyata yang sudah berada didepan mata untuk mampu mewujudkan dari visi tersebut. Kita lanjutkan dengan pengertian Cita-cita, hobi dan Motto.

Pengertian Moto

Moto atau dalam bahasa Inggris dituliskan dengan Motto, merupakan sebuah kalimat ataupun kata yang dijadikan sebagai prinsip dan semboyan dalam kehidupan. Contohnya moto saya adalah "kejujuran diatas segalanya" maka dengan demikian saya tidak akan berbohong karena bertolak belakang dengan moto yang saya jadikan semboyan hidup.

Pengertian cita-cita

Cita-cita merupakan kehendak atau keinginan yang selalu berada dalam benak pikiran dan kita berusaha untuk mewujudkannya. Misalkan saya memiliki cita-cita menjadi pengusaha yang sukses, hal tersebut selalu berada dalam benak pikiran saya. Sebagai langkah untuk mewujudkannya maka saya belajar menjadi seorang pembisnis, belajar dengan giat dan juga berdoa kepada Allah swt.

Pengertian Hobi

Hobi atau dalam bahasa Inggris ditulis dengan Hobby merupakan kegiatan atau kesenangan yang dilakukan dalam waktu senggang. Hobi berbeda dengan pekerjaan, biasanya seseorang akan melakukan hobinya dengan senang hati dan bahkan tanpa dibayar. Hobi berbeda jauh dengan pekerjaan utama yang dimiliki seseorang, misalnya orang yang mencari ikan dengan cara memancing dilaut demi memenuhi kebutuhan hidupnya bukan berarti bahwa hobinya adalah memancing. Berbeda dengan orang yang memancing diwaktu senggangnya karena hanya untuk sekedar rekreasi dan hobi. Hobi hanya untuk memenuhi suatu keinginan dan mendapatkan kesenangan atas hobi yang dimiliki tersebut.

Nah sekarang bisakah anda membedakan apa yang dimaksud dengan visi, misi, cita-cita, hobi dan moto? Mungkin saja anda masih kebingungan, untuk itu saya akan memberikan salah satu situs rujukan yang bagus untuk anda. Untuk mendapatkan Informasi yang lebih akurat kebenarannya buka saja kamus besar bahasa Indonesia online, disana banyak sekali mengenai istilah-istilah dan apa pengertiannya sekaligus contohnya. Anda bisa membuka situs kamus besar bahasa Indonesia di http://kamusbahasaindonesia.org, karena artikel ini juga menggunakan referensi dari sana jadi saya mohon maaf jika terdapat kesamaan kata, makna maupun kalimat. Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca ini.
Rating: 4.5