Miung.com

Sabtu, 23 November 2013

Fungsi jenis-jenis dan pengertian kapasitor

Dalam dunia listrik dan elektronika kita mengenal banyak hal, salah satu komponen elektronika yang sangat banyak manfaatnya adalah kapasitor. Kapasitor atau disebut juga dengan nama kondensator merupakan komponen yang mampu menyimpan arus listrik dalam bentuk muatan selama waktu tertentu dengan mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kapasitor termasuk dalam komponen elektronika pasif, yaitu jenis komponen elektronika yang dapat bekerja dengan tanpa adanya arus pijar. Satuan kapasitor dinamakan dengan Farad, kata Farad sendiri berasal dari nama seseorang yakni Michael Faraday, beliau merupakan orang yang memiliki sebutan "Bapak Listrik" karena berkat usahanya kini listrik menjadi teknologi yang sangat banyak manfaatnya. Michael faraday merupakan ilmuan asal Inggris yang lahir pada tanggal 22 september 1971 dan beliau wafat pada tanggal 25 agustus 1867, masa hidupnya beliau memiliki umur 75 tahun.

Jenis-jenis kapasitor

Sebagai komponen elektronika yang banyak digunakan dalam berbagai macam alat maupun teknologi elektronik, kapasitor memiliki banyak jenis. Jenis-jenis kapasitor dibedakan menurut polaritas, bahan pembuatan, dan ketetapan nilainya. Jenis-jenis kapasitor tersebut diantaranya:

Menurut bahan pembuatannya

Pada dasarnya kapasitor atau kondensator merupakan dua buah lempeng dielectric yang terpisahkan oleh bahan isolator. Bahan isulator ini yang menjadikan nama dari kapasitor itu berbeda-beda.


Kapasitor mika: Bahan isulatornya terbuat dari Mika

Kapasitor Elektrolit: Bahan isulatornya terbuat dari bahyan elektrolit

Kapasitor udara: Bahan isolatornya terbuat dari udara

Dan lain sebagainya


Menurut polaritasnya

Menurut polaritasnya kapasitor dibedakan menjadi

Kapasitor Non Polar atau Bipolar Capasitor merupakan jenis kapasitor yang bisa dipasang secara bolak-balik.

Kapasitor Polar merupakan kapasitor yang memiliki polaritas (+) dan (-) sehingga dalam pemasangannya tidak boleh terbalik.


Menurut tetapan nilai

Kapasitor Variabel atau biasa dipanggil dengan Varco (VC) yang merupakan singkatan dari Variable Capasitor. Kapasitor variabel memiliki tetapan nilai yang tidak tetap dan dapat kita ubah sesuai kebutuhan.

Kapasitor permanen atau tetap merupakan kapasitor yang nilai kapasitansinya sudah ditetapkan sehingga tidak bisa di ubah-ubah.

Fungsi dan satuan kapasitor

Fungsi kapasitor

Fungsi kapasitor yang inti adalah menyimpan listrik. Pada kehidupan nyata kapasitor banyak digunakan sebagai penggeser fasa, pembangkit frekuensi, perata tegangan pada adaptor (adaptor merupakan alat elektronika yang digunakan untuk merubah sumber listrik AC menjadi sumber listrik DC), dan lain sebagainya.


Satuan farad dalam kapasitor

1 farad sama dengan 1.000.000 (1 juta) µF (dibaca mikro Farad)

1 µF sama dengan 1.000 (seribu) nF (dibaca nano farad)

1 nF sama dengan 1000 (seribu) pF (dibaca piko farad)

1 pF sama dengan 1000 (seribu) Femtofarad


Tegangan kerja kapasitor

Setiap kapasitor memiliki tegangan kerja yang berbeda-beda, untuk itu perlu diperhatikan sebelum membeli hendaknya anda harus mengetahui kapasitor dengan tegangan kerja berapa dan mampu menyimpan muatan listrik berapa farad. Sebagai contoh sebuah kapasitor memiliki data sebagai berikut "100µF/25v", dengan data tersebut dapat dibaca bahwa kapasitor tersebut memiliki nilai 100 mikro farad dan bekerja pada tegangan kerja 25 volt. Hal yang perlu anda perhatikan adalah pada tegaannya, jika disitu sudah jelas tertulis 25 Volt berarti kapasitor tersebut akan bekerja dengan baik jika diberi sumber tegangan sebesar 25 Volt. Apa yang terjadi jika sumber tegangan melebihi yang ditentukan (25 Volt)? Yang jelas sesuatu yang buruk akan terjadi, atau katakan saja kapasitor akan mati atau dalam bahasa yang lebih sulit untuk dipahamai kapasitor akan mengalami "break down". Biasanya anda bisa menemukan data nilai kapasitor (tegangan dan juga besarnya satuan farad yang bisa disimpan) pada body kapasitor tersebut.

Terimakasih semoga bermanfaat bagi anda yang membaca ini.
Rating: 4.5