Miung.com

Kamis, 21 November 2013

Manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia

Hutan Gedong Songo (Semarang)
Memang tak bisa dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa lepas dari yang namanya tumbuhan dan hewan. Terutama pada tumbuhan, karena posisi tumbuhan sebagai produsen itu berarti merupakan rantai utama dalam kehidupan setelah air. Selain membutuhkan air yang cukup setiap harinya, manusia juga membutuhkan makanan. Kebutuhan akan makanan ini bisa terpenuhi dengan adanya tumbuhan dan hewan di lingkungan sekitar manusia itu tinggal. Selain itu keberadaan tumbuhan dan hewan di lingkungan manusia juga memberikan manfaat yang sangat banyak, diantaranya sebagai berikut ini:

Manfaat Tumbuhan
Didunia ini terdapat banyak sekali jenis dan ragam dari tumbuhan, mulai dari tumbuhan yang besar hingga tumbuhan yang kecil-kecil. Fungsi tumbuhan sendiri sangat luas dan beragam, diantaranya:

Bahan Pangan bagi Manusia dan Makhluk lain (hewan)
Tumbuhan merupakan sumber makanan yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan makhluk lain seperti binatang/hewan. Posisi tumbuhan yang mampu menghasilkan makanannya sendiri melalui fotosintesis menjadikan tumbuhan sebagai produsen dalam rantai makanan.

Bahan obat-obatan
Selain bisa digunakan untuk bahan makanan tumbuhan juga berfungsi sebagai bahan obat-obatan. Namun tidak semua jenis tumbuhan dapat dimanfaatkan untuk obat-obatan, ada beberapa tumbuhan yang justru akan menimbulkan penyakit jika dimakan. Meskipun demikian saya yakin bahwa semua yang diciptakan oleh Tuhan di dunia ini itu bermanfaat, jika kita belum bisa melihat manfaatnya itu karena kebodohan kita sendiri yang belum menemukan fungsi dari tumbuhan itu sendiri. Misalnya tumbuhan-tumbuhan yang dijadikan sebagai obat-obatan, dahulunya tentu manusia tidak tahu bahwa tumbuhan tersebut dapat dijadikan sebagai obat-obatan namun karena manusia mau belajar dan melakukan penelitian sehingga dapat diketahui bahwa tumbuhan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Menjaga keseimbangan Alam
Tidak dihiraukan lagi bahwa peranan tumbuhan dalam menjaga Alam Bumi ini sangatlah banyak. Dimulai dari penghasil oksigen, mencegah terjadinya tanah longsor, menyerap air sehingga terdapat mata air didaerah tertentu, mencegah pemanasan global, dan masih banyak lagi.


Manfaat hewan/binatang bagi manusia
Tidak kalah dengan tumbuhan, hewan atau binatang juga memiliki segudang manfaat bagi manusia. Manfaat-manfaat itu diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Sumber pangan
Anda tentunya pernah atau bahkan sering makan daging hewan bukan? Hewan memiliki peran penting dalam urusan pangan manusia. Daging hewan dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan sedangkan susu hewan sapi bisa dimanfaatkan sebagai minuman yang bergizi dan menyehatkan tubuh.

Alat transportasi
Mungkin sudah jarang sekarang ini menggunakan hewan sebagai sarana transportasi. Penggunaan hewan sebagai sarana transportasi masih bisa anda temui saat anda pergi ke tempat wisata atau daerah tertentu, disana anda bisa melihat kuda sebagai sarana transportasi, dan bahkan ada juga yang menggunakan sapi sebagai saran transportasi.

Membantu pekerjaan manusia
Dahulu untuk memindahkan suatu barang ke tempat lain tidak menggunakan mobil seperti sekarang ini, hal tersebut karena dahulu masih jarang/belum ada yang namanya kendaraan bermotor.  Sebagai alternatifnya penggunaan hewan untuk menarik gerobak merupakan jalan yang tepat. Biasanya hewan yang digunakan untuk menarik gerobak adalah sapi, kerbau, dan hewan-hewan lain yang memiliki tenaga besar.

Kita sebagai manusia yang dianugerahi sebagai makhluk yang paling sempurna di dunia ini sudah seharusnya bisa menjaga keseimbangan alam. Terjadinya kepunahan beberapa jenis tumbuhan dan hewan di dunia ini sudah seharusnya menjadi pembelajaran bagi kita supaya lebih lagi dalam menjaga alam. Jika kita bersahabat dengan alam, maka alam juga akan bersahabat dengan kita. Namun jika kita merusak alam maka alam akan menegur kita dengan caranya sendiri. Semoga bumi yang kita tinggali ini tetap seimbang dan kita sebagai makhluk yang sempurna bisa menjaganya dengan sebaik-baik mungkin.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya, terimakasih.
Rating: 4.5