Miung.com

Selasa, 05 November 2013

Pengertian rantai makanan dan contohnya (ekosistem)

Pengertian rantai makanan, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan rantai makanan itu? Apa yang terdapat dalam bayangan anda ketika mendengar istilah rantai makanan? Jika anda membayangkan sekumpulan makhluk yang berhubungan dan saling memakan dan dimakan antara satu makhluk dengan makhluk yang lain berarti anda sudah paham dengan pengertian rantai makanan. Sekarang apa sih pengertian rantai makanan menurut gaya bahasa yang benar? Rantai makanan adalah hubungan antar makhluk hidup makan dan dimakan dalam lingkungannya dan berdasarkan urutan tertentu. Sedangkan menurut wikipedia bahasa Indonesia rantai makanan adalah perpindahan pada energi makanan melalui sumber daya tumbuhan dari organisme atau jenjang makan.

Intinya pengertian rantai makanan yaitu hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup dalam lingkungan tertentu dan dalam urutan tertentu. Contohnya Produsen-Konsumen tingkat 1 (herbivora)- Konsumen tingkat 2 (Karnivora) - Konsumen tingkiat 3 (omnivora) - bakteri pengurai (dekomposer). Yang harus anda ketahui dalam rantai makanan adalah selalu diawali dengan tumbuhan sebagai produsennya, karena tumbuhan mampu mengubah air menjadi karbohidrat dengan bantuan cahaya matahari melalui fotosintesis atau dengan kata lain tumbuhan membuat makanannya sendiri. Jadi rantai makanan selalu diawali dengan tumbuhan, tak ada rantai makanan yang tak melibatkan produsen didalamnya.

Pada contoh gambar rantai makanan pada awal artikel diatas, dapat dilihat bahwa Rumput bertindak sebagai makhluk yang bisa menciptakan makanan sendiri melalui fotosintesis sehingga berperan sebagai produsen. Kemudian belalang memiliki peran sebagai konsumen tingkat satu yakni memiliki makanan berupa produsen (rumput), biasanya konsumen tingkat satu masuk dalam golongan Herbivora dan biasa juga disebut dengan konsumen primer. Selanjutnya Belalang dimakan oleh katak yang berperan sebagai konsumen sekunder, konsumen sekunder biasanya terdiri dari makhluk dengan tipe karnivora (pemakan daging). Katak dimakan oleh Ular yang berperan sebagai konsumen tingkat 3, pada konsumen tingkat 3 biasanya diduduki oleh makhluk jenis Omnivora  (pemakan segala) meskipun bisa juga diduduki oleh hewan karnivora, pada rantai makanan ini ular sekaligus menjadi konsumen puncak. Terakhir dekomposer berfungsi menguraikan ular yang telah mati kemudian dekomposer ini menyuburkan tanah dan kembali tumbuhlah rumput begitu seterusnya.

Secara konseptual rantai makanan terstruktur dalam tingkatan yang dinamakan dengan tingkatan tropik. Dalam satu tingkatan tropik terdiri dari organisme yang memiliki posisi yang sama dalam rantai makanan. Pada tingkatan tropik terendah diduduki oleh produsen yang tidak memakan spesies yang lain / membuat makanannya sendiri dengan cara fotosintesis. Kemudian dilanjutkan oleh konsumen yang paling besar (paling banyak) dalam konsumen tingkat 1, yakni herbivora yang memakan secara langsung produsen. dalam tingkatan tropik tingkat tertingginya disebut dengan konsumen puncak yang diduduki oleh predator, pada konsumen puncak tidak terdapat pemangsa yang lain kecuali dekomposer yang berberan sebagai pengurai saat konsumen puncak telah mati.

Rating: 4.5