Miung.com

Minggu, 15 Desember 2013

Mencari rumus luas lingkaran, segitiga dan persegi

Lingkaran, segitiga dan persegi termasuk kedalam bangun datar, ini berarti tiga bangun tersebut hanya memiliki luas dan keliling. Sedangkan untuk bangun ruang memiliki luas permukaan dan volume. Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mencari luas lingkaran, segitiga dan juga persegi.

Sebelum mencari luas ada baiknya anda paham terlebih dahulu logika dari luas itu sendiri. Dulu saat saya masih duduk di bangku SD, saya juga kebingungan bagaimana menghafalkan rumus-rumus luas bangun datar namun setelah paham dengan logikanya akhirnya tak perlu di hafalpun kita bisa mencari luas bangun datar.

Logika luas bangun datar
Disini saya menjelaskan apa yang pernah saya alami dan saya terapkan dalam kehidupan waktu SD dulu, jadi mungkin semua orang memiliki pendapat yang berbeda-beda. Pertama mari kita artikan apa sih yang dimaksud dengan luas itu, tidak perlu kamus besar bahasa Indonesia untuk bisa tau artinya kita hanya butuh sedikit pemikiran untuk memiliki gagasan sendiri tentang luas. Perhatikan contoh-contoh dibawah ini;

Berapakah luas bangun dibawah ini?

Persegi panjang dengan banyak kotak

Jika bangun diatas memiliki panjang 3m dan lebar 2m, berapakah luasnya? dengan rumus kita bisa mencarinya. Rumus luas persegi panjang: Panjang x lebar = 3X2 = 6m². Nah cara menghitung luas tanpa menggunakan rumus adalah dengan menghitung jumlah kotak yang ada dalam persegi panjang diatas. Kita bayangkan saja bahwa panjang 3m itu berarti terdapat 3 orang sedang berbaris, sedangkan lebar 2m dari tiga orang tersebut di belakangnya masing-masing terdapat satu orang. Jadi kita tinggal hitung saja jumlah orang yang sedang baris berapa, ketemu deh sama luas.

Lalu bagaimana untuk bangun datar lingkaran, segitiga dan yang lainnya? Sama saja, hanya saja sepertinya sangat sulit untuk dijelaskan disini. Lagi pula sepertinya pemikiran masing-masing individu berbeda, dan inilah yang saya lakukan waktu saya SD dulu. So, saya tidak tau apakah anda akan memiliki pemikiran yang sama seperti saya.


Rumus Luas Lingkaran
Rumus Luas Lingkaran adalah "Phi x r²", dimana Phi bernilai 3,14 dan r merupakan jari-jari lingkaran yang nilainya setengah dari diameter. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan contoh dibawah ini;
Lingkaran bangun datar

Sebuah lingkaran dengan diameter 7 cm, berapakah luasnya?
Jawab: Pertama tentukan jari-jari lingkaran, jari-jari lingkaran adalah setengah dari diameter lingkaran. Jadi jari-jari lingkarannya adalah 3,5cm. Setelah itu gunakan rumus mencari luas lingkaran Phi x r².

luas= 3,14 x 3,5² = 3,14 x 3,5 x 3,5 = 38,465. Jadi luas lingkaran tersebut adalah 38,465cm²



Rumus luas segitiga
Untuk
mencari luas dari bangun datar segitiga kita menggunakan "½ x alas x tinggi", untuk lebih jelas langsung saja perhatikan contoh dibawah ini;

Sebuah bangun datar berbentuk segitiga terlihat seperti gambar disamping memiliki ukuran alas 5cm dan memiliki tinggi 6cm, berapakah luas dari segitiga tersebut?
Jawab: rumus mencari luas segitiga: ½ x alas x tinggi.

Luas= ½ x 5 x 6 = ½ x 30 = 15. Jadi luas segitiga tersebut adalah 15cm².

Rumus luas persegi
Bangun datar berbentuk persegi maupun persegi panjang pada dasarnya rumusnya sama. Hanya saja pada persegi panjang kita mengenal yang namanya Panjang dan lebar sehingga rumusnya"Panjang x Lebar" sedangkan untuk persegi kita hanya mengenal Sisi sehingga rumusnya "sisi x sisi".
bangun datar persegi

sebuah bangun datar berbentuk persegi salah satu panjang sisinya adalah 5cm, berapakah luas dari persegi tersebut?
Jawab: rumus luas persegi "sisi x sisi'

Luas = 5 x 5 = 25. Jadi luas persegi tersebut adalah 25cm².




Demikian semoga artikel singkat yang saya tulis membawa manfaat bagi anda yang membacanya.
Rating: 4.5