Miung.com

Kamis, 12 Desember 2013

Simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme: pengertian+contohnya

Dalam kesempatan kali ini saya akan meluangkan sedikit waktu untuk menulis sebuah artikel mengenai pengertian simbiosis mutualisme, komensalisme dan juga parasitisme lengkap dengan contohnya. Simbiosis komensalisme, parasitime dan mutualisme biasanya diajarkan di sekolah dalam mata pelajaran IPA. Untuk SMK sendiri pelajaran ini diberikan saat saya menginjak kelas 3. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan simbiosis itu?

Pengertian simbiosis

Menurut wikipedia bahasa Indonesia simbiosis merupakan kata dari bahasa Yunani yakni symb dan biosis, sym memiliki arti dengan sedangkan biosis memiliki arti kehidupan. Simbiosis merupakan hubungan atau interaksi antar dua organisme yang berbeda spesies yang hidup secara berdampingan. Macam-macam simbiosis ada tiga, yakni simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme.

A. Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua organisme yang berbeda spesies yang saling menguntungkan. Pihak pertama diuntungkan dengan keberadaan pihak kedua sedangkan pihak kedua juga diuntungkan dengan keberadaan pihak pertama.
Contoh Simbiosis mutualisme:

Kerbau dengan burung jalak => Burung jalak merasa diuntungkan dengan keberadaan kerbau, karena dia mendapat makan berupa kutu di kutu di tubuh kerbau. Begitu juga kerbau juga diuntungkan dengan keberadaan burung jalak, karena kutu dalam tubuhnya bisa hilang dimakan burung jalak.
Kupu-kupu dengan bunga => Kupu-kupu mendapat makanan dari bunga berupa madu, sedangkan bunga merasa diuntungkan dengan adanya kupu-kupu karena membantu proses penyerbukan pada bunga.

B. Simbiosis Komensalisme
Simbiosis komensalisme adalah interaksi dua makhluk hidup (organisme) yang berbeda spesies dimana salah satu pihak merasa diuntungkan sedangkan pihak yang satunya lagi tidak merasa diuntungkan dan juga tidak dirugikan.
Contoh simbiosis komensalisme adalah:

Anggrek dengan inangnya
Ikan Hiu dengan ikan remora

C. Simbiosis Parasitisme
Simbiosis parasitisme adalah interaksi antar dua makhluk hidup (organisme) yang berspesies berbeda dimana salah satu pihak diuntungkan dan pihak yang satunya lagi dirugikan.
Contoh simbiosis parasitisme adalah:

Cacing pita dengan tubuh manusia
Benalu dengan inangnya
Tali putri dengan inangnya

Simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme mudah dijumpai di lingkungan sekitar anda tinggal. Contoh untuk simbiosis mutualisme anda bisa melihat secara langsung kupu-kupu yang mencari makan di bunga-bunga. Interaksi antara dua makhluk yang berbeda jenis tersebut dinamakan dengan simbiosis mutualisme, karena sang kupu mendapat keuntungan yakni berupa makanan sedangkan si bunga juga diuntungkan karena merasa terbantu pada proses penyerbukanna.

Rating: 4.5