Miung.com

Senin, 13 Januari 2014

Manfaat buah tomat untuk kesehatan manusia

Buah tomat dan manfaatnya bagi kehidupan manusia, mungkin nama buah tomat sudah tidak asing ditelinga anda. Yup, buah tomat merupakan buah yang sangat mudah sekali ditemui di Indonesia. Buah tomat sebenarnya bukan tanaman asli Indonesia, buah tomat berasal dari Amerika Latin. Buah tomat yang memiliki nama latin Lycopersicum esculentum Mill ini merupakan buah yang kaya akan manfaat.

Buah tomat sendiri selain sebagai buah sebagaimana buah yang lainnya juga bisa dijadikan jus. Jus buah tomat kaya akan manfaat, dengan cara di blender maka anda sudah bisa menikmati jus buah tomat. Buah dengan rasa keasaman ini ternyata sangat menyegarkan, sehingga sering kali digunakan sebagai buah penyegar. Saat ini sudah ada aneka ragam jenis makanan dari tomat untuk meningkatkan konsumsi terhadap buah ini. Buah tomat bisa dijadikan sebagai jus, bisa di buat rujak, dan juga bisa dimakan secara langsung.

Buah tomat dan kandungan Gizinya

Sebagai makanan yang mudah dijumpai di Indonesia buah tomat ternyata mengandung nilai gizi yang sangat melimpah. Senyawa yang paling sering dijumpai (paling banyak) dalam buah tomat adalah betakaroten, paling utama adalah likopen, oleh tubuh manusia likopen ini dirubah menjadi vitamin A. Buah tomat juga memiliki sifat antioksidan karena juga mengandung vitamin C dan E.

Apa saja manfaat buah tomat untuk kesehatan manusia?

Selain nilai gizi yang sangat luar biasa yang saya tuliskan diatas, buah tomat juga memiliki segudang manfaat, apa saja manfaat buah tomat bagi kesehatan manusia? Berikut ini beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan manusia:

1. Menjaga kesehatan mata

Mata yang sehat membutuhkan vitamin A yang cukup dan tercukupi, pada buah tomat yang telah masak terkandung vitamin A sebanyak 1500Sl, hal ini berarti buah tomat dapat menyuplai kebutuhan vitamin A dalam tubuh anda.

2. Antioksidan

Sebagaimana yang sudah saya katakan diatas bahwa buah tomat sangat bagus dijadikan sebagai makanan antioksidan. Sistem kekebalan tubuh manusia akan menjaga dari serangan berbagai macam penyakit, dengan mengkomsumsi buah tomat berarti anda telah memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

3. Pencernaan lancar

Buah tomat kaya akan serat, air serta mineral hal ini menunjukkan buah tomat akan bisa membantu terjadinya proses pencernaan. Mineral yang terkandung dalam buah tomat akan merangsang air liur untuk keluar sehingga nafsu makan akan naik. Selain itu tomat juga memiliki sifat antiradang yang artinya tomat bisa mencegah radang usus buntu dan radang saluran pernapasan.

4. Penurun demam

Kandungan antiperitik yang terkandung dalam buah tomat dapat menurunkan demam pada diri anda. Perlu diketahui bahwa antiperitik adalah zat yang mampu menurunkan suhu tubuh saat dalam keadaan demam.

5. Mengatasi jerawat

Bingung dengan jerawat di wajah yang semakin hari semakin banyak? Cobalah untuk mengatasinya dengan tomat. kandungan antiradang dan antibakteri yang terkandung dalam buah tomat mampu menghilangkan jerawat. Cara menggunakan tomat sebagai penghilang jerawat adalah dengan menggosokkannya pada jerawat (sebelumnya dibelah dulu tomatnya), tunggu sampai kering dan bilaslah dengan air bersih yang dingin.

Nah demikianlah artikel singkat mengenai manfaat buah tomat bagi kehidupan manusia. Kalau anda memiliki pengetahuan seputar buah tomat boleh mempublikasikannya melalui kolom komentar dibawah. Sekian dan saya ucapkan terimakasih atas waktu yang telah diluangkan untuk membaca artikel pendek ini, semoga membawa sebuah bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar dengan cara mengisi form dibawah.
Rating: 4.5