Miung.com

Rabu, 08 Januari 2014

Perbedaan windows 32 bit dan 64 bit pengertiannya


Dalam dunia informasi dan teknologi berkembangnya komputer menjadi salah satu indikator berkembang pesatnya teknologi yang dimiliki oleh manusia. Dalam dunia komputer sendiri dikenal dengan sistem operasi Windows 32 Bit dan sistem operasi windows 64 Bit, sebenarnya apa perbedaan sistem operasi windows 32 Bit dan 64 Bit ini? pada artikel singkat kali ini kita akan membahas apa yang dimaksud dengan sistem operasi windows 32 Bit dan 64 Bit dan juga membahas perbedaan antara keduanya.

Apa sih sebenarnya istilah Bit itu?
Sudah berbicara panjang lebar mengenai perbedaan windows 32 Bit dan 64 Bit namun tidak tau apa yang dimaksud dengan Bit rasanya akan menjadi sebuah lelucon. Bit dalam istilah sistem operasi adalah cara CPU (Prosesor) menangani dan membaca sebuah informasi, untuk windows 32 Bit maksudnya  prosesor yang dimaksud mampu memproses 32 digit dalam sekali waktu kode binary. Sedangkan untuk yang 64 Bit pengertiannya sama dengan 32 Bit hanya saja mampu membaca informasi 64 digit sekaligus.

Windows 32 Bit dan 64 Bit bagusan mana?
Kalau berbicara mengenai bagus yang mana antara 32 dan 64 Bit sebenarnya ini relatif. Windows 32 bit dan Windows 64 Bit keduanya akan berjalan dengan lancar apabila dijalankan pada komputer maupun laptop dengan spesifikasi yang tepat. Jadi terdapat spesifikasi tersendiri untuk mengetahui sistem operasi windows yang mana yang sebaiknya anda gunakan. Untuk keunggulan OS sendiri, windows 64 Bit lebih unggul daripada 32 Bit hal ini karena adanya dukungan, komputer yang menggunakan 64 Bit spesifikasinya berada diatas 32 Bit sehingga performa yang dihasilkan juga akan lebih baik.

Bagaimana menentukan sistem operasi yang harus saya gunakan 32 atau 64 Bit?
Untuk menentukan sistem operasi yang harus digunakan pada komputer harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya adalah untuk apa komputer itu digunakan? Jika komputer hanya digunakan untuk aktifitas ringan seperti membuat sebuah makalah dengan MS Word, mengerjakan tugas online di internet dan aktifitas hiburan seperti facebookan maka menggunakan OS 32 Bit saja sudah cukup. Namun jika komputer hendak digunakan untuk kegiatan yang sifatnya membuat komputer bekerja keras seperti Merender 3Ds Max, maka menggunakan Windows 64 Bit bisa anda jadikan solusi.

Untuk menggunakan OS Windows 64 Bit anda juga harus memperhatikan kapasitas memori RAM (Random Acces Memory) yang terpasang pada komputer. Untuk notebook biasanya hanya terpasang memori RAM pas-pasan misal saja 2 GB atau malah lebih kecil lagi misal 1 GB, nah jika demikian OS yang harus anda gunakan adalah 32 Bit. Sedangkan untuk komputer terbaru dengan spesifikasi tinggi misal saja RAM diatas 4 GB dan prosesor yang mumpuni maka menggunakan windows 64 Bit bisa pasang dengan mudah dan komputer tetap akan bisa berjalan dengan lancar.

Alasan menggunakan 64 Bit di era modern ini
Pada awalnya sempat dikatakan bahwa dengan kapasitas RAM 2 GB maka semua software yang ada sudah bisa dijalankan dengan baik, namun ternyata hal ini terbantahkan. Terbukti saat ini marak sekali game-game HD dengan kualitas gambar tinggi yang membutuhkan memori RAM lebih dari sekedar 2 GB. Untuk itu windows 64 Bit diciptakan, dengan windows 64 Bit ini game-game yang sebelumnya tidak bisa dijalankan di wiondows 32 Bit bisa dijalankan dengan lancar di windows 64 Bit.

Kelemahan windows 64 Bit
Kalau berbicara kelemahan pastilah ada, mengingat ciptaan manusia tidak ada yang sempurna. Namun windows 64 Bit diciptakan untuk menutupi kekurangan windows 32 Bit sehingga kelemahan yang terdapat pada windows 64 Bit lebih minimalis dibanding 32 Bit. Salah satu kelemahan utamanya adalah tidak adanya driver khusus bagi sebagian perangkat hardware. Anda tentunya tau bukan bahwa semua perangkat keras yang terdapat pada komputer dikendalikan oleh driver, bayangkan jika modem yang anda gunakan untuk berinternetan tiba-tiba tidak bisa dijalankan untuk berinternetan karena tidak terkontrol dengan driver. Namun jangan khawatir hanya sebagian kecil saja yang belum tersedianya driver, secara keseluruhan sudah banyak yang lengkap dengan driver.

Lalu apa kesimpulannya?
Kesimpulannya gunakan windows 32 atau 64 Bit sesuai dengan kebutuhan anda. Misalkan anda hendak menggunakan komputer untuk aktifitas berat seperti editing video maka hendaklah membeli sebuah komputer dengan spesifikasi diatas rata-rata dengan demikian anda bisa menginstal sebuah sistem operasi windows 64 Bit pada komputer tersebut. Lalu jika anda membeli komputer hanya untuk sarana hiburan saja seperti facebookan dan twitteran maka anda bisa membeli sebuah komputer dengan spesifikasi standar dan biasanya harganya lebih murah, kemudian instal sebuah sistem operasi windows 32 Bit dalam komputer tersebut.

Rating: 4.5