Miung.com

Kamis, 02 Januari 2014

Tips komputer aman ketika bermain game

Siapa sih yang belum mengenal game di tahun 2014 ini? Game atau dalam bahasa Indonesia kita sebut dengan permainan merupakan salah satu aplikasi yang sangat digemari. Banyak ragam dari game, mulai dari video game, dan bahkan hingga game dengan kualitas HD.

Ada banyak perangkat yang bisa anda gunakan untuk bermain game, beberapa perangkat tersebut meliputi Komputer, Play Station, Hand Phone, PSP, tablet, laptop, dan masih banyak lagi. Saking banyaknya peminat game di dunia ini akhirnya muncul inovasi untuk menciptakan sebuah game dengan sebuah perangkat khusus. PS atau play station merupakan sebuah perangkat khusus yang dirancang hanya untuk bermain game saja, tentunya dengan kualitas tinggi.

Dalam PS sendiri terdapat banyak game dengan kualitas tinggi yang bisa dimainkan. Salah satu game yang populer dan banyak diminati dalam PS adalah game sepak bola, kemudian disusul dengan game aksi, perang-perangan dan game yang menggunakan strategi.

Di era modern ini muncul banyak sekali inovasi komputer dengan spesifikasi canggih. Spesifikasi yang ditawarkan sangat canggih dan melebihi batas rata-rata komputer yang ada saat ini. Dengan spesifikasi seperti ini maka sangat dimungkinkan game yang sebelumnya hanya bisa dimainkan di PS kini bisa dimainkan di komputer. Bahkan diperkirakan akan ada banyak perusahaan pembuat game yang akan lebih fokus ke pembuatan game komputer.

Tentu saja tidak semua komputer bisa digunakan untuk bermain game dengan kualitas tinggi. Semua itu bergantung pada spesifikasi yang di miliki oleh komputer. Komputer dengan spesifikasi rendah juga harus menyesuaikan dengan hanya menginstal game dengan kebutuhan spesifikasi rendah. Sedangkan untuk komputer dengan spesifikasi tinggi bebas memilih akan menginstal game yang seperti apa di komputer, termasuk game dengan spesifikasi rendah.

Untuk komputer dengan spesifikasi rendah seperti laptop yang masih menggunakan prosesor atom mungkin beberapa tips agar aman saat bermain game ini bisa bermanfaat untuk anda. Selain itu hardware pada laptop juga cenderung tidak begitu baik jika harus bekerja dengan keras terutama saat bermain game.

Tentukan game yang akan di isntal
Pertama sebelum memainkan sebuah game adalah menentukan game mana yang bisa anda instal di komputer. Harap baca dengan seksama komputer yang anda miliki, paling tidak spesifikasi dari komputer yang anda miliki harus berada diatas (atau mungkin sama) dengan sistem minimum yang diperlukan untuk memainkan game tersebut. Untuk informasi sistem minimum sendiri biasanya tertera pada informasi game, bisa anda baca di situs resmi game tersebut.

Gunakan komputer ketimbang Laptop
Kedua saya menyarankan untuk menggunakan komputer, mengapa? Karena pada dasarnya laptop ataupun notebook dirancang hanya untuk presentasi, bukan digunakan untuk bekerja keras seperti bermain game ataupun melakukan editing photo dengan photoshop. Selain itu komponen hardware yang terdapat pada komputer dan laptop berbeda jauh, bayangkan saja apakah sama kualitasnya laptop yang besarnya 5X lebih kecil dari komputer?

Tambahkan pendingin CPU
Biasanya pada laptop maupun komputer sudah dilengkapi dengan kipas pendingin CPU, apa tujuannya? Jelas saja untuk mendinginkan CPU saat sedang bekerja. Saat bermain game CPU benar-benar bekerja dengan keras sehingga menimbulkan resiko panas dan kerusakan yang lebih besar, untuk itu menambahkan kipas angin pendingin bisa memperkecil resiko kerusakan tersebut. Ada banyak kipas pendingin eksternal yang bisa anda beli di toko perangkat elektronik komputer terdekat di kota anda.

Bersahabat dengan waktu
Mungkin anda merasa masih muda dimana belum memikirkan begitu berharganya waktu untuk sekedar bekerja maupun berkumpul dengan istri dan keluarga. Jika anda terbiasa menghabiskan waktu untuk bermain game seharian mungkin sudah saatnya untuk sedikit mengurangi kebiasaan tersebut. Paling tidak dalam satu hari maksimal anda hanya boleh memainkan game selama 4 jam.

Nah demikianlah tips mudah agar komputer ataupun laptop yang anda gunakan bisa sedikit lebih aman untuk bermain game semoga bermanfaat.
Rating: 4.5