Miung.com

Sabtu, 03 Mei 2014

Android vs windows phone 8

Android vs windows phone 8 merupakan topik pembicaraan yang hangat saat ini. Banyak yang mengatakan bahwa android lebih menarik. Ada juga yang mengatakan sebaliknya. Untuk pembaca yang masih awam pasti akan bingung menentukan mana yang lebih baik diantara keduanya. Simaklah artikel berikut ini karena dalam artikel ini akan dibahas keunggulan masing – masing sistem operasi perangkat mobile itu.
Android merupakan sistem operasi besutan google. Sistem operasi ini awalnya dikembangkan oleh android, Inc. dengan dukungan dana dari google. Namun di tahun 2005 google memutuskan untuk membelinya. Sedangkan ponsel bersistem operasi android baru dirilis ke pasaran pertama kali tahun 2008.
Sedangkan windows phone sendiri baru dikenalkan pada tahun 2007. Sistem operasi ini murni buatan para ahli yang bekerja dibawah naungan Microsoft, Inc. Meskipun sama – sama sistem operasi di perangkat komunikasi, terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya seperti antarmuka dan pengelolaan pesan. Berikut penjabarannya.
Antarmuka

Dengan deretan aplikasi yang bisa diatur sesuai keinginan penggunanya, android semakin membuat para penggunanya merasa memiliki perangkat mereka. Penggunanya bisa menempatkan widget dan shortcut di layar utama perangkat mereka. Semua diatur sesuai keinginan penggunanya. Namun, perlu diingat aplikasi yang telah ditutup tetap memakan daya pada baterai karena mereka tidak benar – benar menutup melainkan berjalan di background.

Sedangkan Windows Phone 8 menampilkan aplikasi dan folder dalam bentuk tiles atau kotak – kotak. Kotak – kotak ini mirip sekali dengan widget pada android yang mana dapat memperbarui informasi secara otomatis dan langsung. Penuh, rapi dan mudah digunakan tampaknya sangat tepat untuk menggambarkan antarmuka dari windows phone 8.

Pengelolaan pesan
Pengelolaan pesan merupakan aspek selanjutnya yang dapat kita perhatikan bilamana kita mencoba menganalisis fenomena android vs windows phone 8. Meskipun hampir sama dalam hal penyediaan aplikasi pengolahan pesan, terdapat sebuah perbedaan.

Perbedaan terdapat pada keyboard virtual dari masing – masing sistem operasi. Harus kita akui bahwa android lebih unggul dalam hal ini. Kenapa? Karena android memberikan kelonggaran pada penggunanya untuk mengunduh  dan menginstal keyboard virtual dari play store sehingga penggunanya mampu mengatur keyboard mereka sesuai keinginan mereka sendiri selain menggunakan keyboard bawaan.

Sedangkan windows phone 8 masih memisahkan aplikasi sms, email, maupun third party messaging. Meskipun tidak bisa mengatur keyboard virtual sendiri, pengguna windows phone ditawarkan sebuah fitur pengelolaan pesan yaitu live messenger.

Android vs windows phone 8 tampaknya masih akan berlanjut. Meskipun survey mengatakan android masih menjadi sistem operasi paling banyak diterapkan pada perangkat komunikasi di tahun 2013, tidak menutup kemungkinan windows phone akan menjadi pesaing berat dari android.
Rating: 4.5