Miung.com

Kamis, 12 Juni 2014

Bisnis Sampingan Mahasiswa

Mahasiswa saat ini buka hanya dituntut untuk belajar saja. Tetapi, lebih dari itu di berbagai kesempatan mereka dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan yang akan berguna dalam kehidupannya semisal salah satu contohnya adalah berwirausaha. Untuk memulai sebuah wira usaha yang besar tentunya mereka harus berlatih untuk memulai dari usaha yang kecil terlebih dahulu. Selain karena modal yang terbatas, juga karena waktu yang dimiliki oleh para mahasiswa tidak bisa penuh karena mereka harus membagi waktu antara saat mereka harus berperan sebagai wira usahawan dan saat mereka harus belajar sebagai mahasiswa. Karenanya diperlukan sebuah pemikiran tentang usaha bagi para mahasiswa sebagai sampingan dari kegiatan kuliah yang mereka jalani. Nah di bawah ini ada beberapa contoh usaha sampingan yang membutuhkan modal usaha yang kecil dan waktu yang relatif fleksibel bagi para mahasiswa, sebagai berikut.

Bimbingan belajar. Bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa pendidikan mungkin dapat membuka sebuah kursus atau bimbingan belajar. Ini tidak membutuhkan modal yang besar, karena anda bisa melakukannya di rumah anda sendiri maupun dengan cara mendatangi peserta didik anda. Sepintas usaha jasa ini terbilang kecil, namun seiring berjalannya waktu dan kepuasan para orang tua peserta didik terhadap bimbingan belajar anda akan turut membesarkan bimbingan belajar yang anda kelola dan mungkin suatu saat akan menjadi sebuah lembaga yang besar.

Bisnis Pulsa. Bisnis ini merupakan bisnis yang relatif fleksibel karena dapat dilakukan di manapun dan kapanpun, serta membutuhkan modal yang kecil. Sehingga dengannya hal ini akan menjadi sebuah usaha sampingan yang menarik bagi para mahasiswa.

Bagi mahasiswa yang memiliki ketrampilan dalam berbicara yang baik mungkin dapat menjadi reseller barang tertentu. Saat ini anda dapat dengan mudah menjadi reseller dari berbagai produk barang yang dibutuhkan teman, keluarga maupun orang yang ada di sekitar anda dengan mudah. Berbagai produk layaknya fashion, perawatan tubuh, dan lain sebagainya menjadi produk yang memiliki minat pasaran tinggi sehingga akan membuka peluang usaha yang besar bagi anda.

Beberapa contoh di atas hanya sebagian kecil usaha yang dapat dijalankan mahasiswa. Selain beberapa contoh tersebut, tentunya masih terdapat banyak jenis usaha yang menguntungkan lainnya. Semoga bermanfaat.
Rating: 4.5