Miung.com

Kamis, 11 September 2014

Belajar Bisnis Dari Aneka Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Belajar tidak melulu tentang matematika, fisika, kimia atau bahasa saja, tetapi kita juga butuh belajar usaha untuk memenuhi Kebutuhan hidup.Semakin bertambahnya usia semakin menuntut kita untuk memutar otak bagaimana caranya mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Sementara saat ini banyak sekali lulusan sarjana yang hanya bisa duduk manis dirumah karena semakin ketatnya persaingan mencari kerja. Setiap tahun universitas mencetak banyak lulusan sarjana,lulusan diploma, juga banyak tersebar lulusan SMA tetapi tidak dibarengi dengan banyaknya lapangan pekerjaan yang ada, sehingga kita harus kreatif untuk mempunyai aneka usaha sendiri atau istilah kerennya menjadi pelaku bisnis.Tetapi bisnis apa yang harus kita jalani dengan banyaknya aneka bisnis yang sudah ada di pasaran?

Darimana kita harus mulai bisnis?

Pertanyaan pertama yang muncul pastilah darimana kita harus memulai bisnis?

Bagi pemula lebih baik kita memulai dengan bisnis atau usaha rumahan. Bisnis rumahan merupakan kegiatan usaha yang di kerjakan di rumah atau pusat kegiatannya dikerjakan dirumah. Usaha Rumahan menjadi jenis usaha yang memiliki kelebihan tersendiri di bandingkan dengan beberapa usaha yang lain. Kita tentu diuntungkan dengan modal yang tidak terlalu banyak karena kita tidak mengorbankan uang guna menyewa tempat sehingga usaha rumahan cenderung lebih hemat karena membutuhkan modal yang relatif kecil. Tetapi kita jangan khawatir, karena dari aneka usaha rumahan yang kecil dapat berpotensi menjadi usaha rumahan dengan omset yang besar.

Sebagai pemula dalam bidang bisnis rumahan memang seringkali ada banyak kendala yang dihadapi, mulai dari kebingungan menentukan usaha, ketakutan akan merugi hingga rasa kurang percaya diri atau minder karena minimnya pengalaman yang kita miliki serta banyaknya pesaing pelaku aneka bisnis yang sudah ada.

Untuk Pemula, Bisnis rumahan haruslah memiliki kriteria yang dapat meminimalkan resiko dengan tanpa meninggalkan pertimbangan peluang pasar dan keuntungan.Banyaknya aneka usaha yang sudah ada juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan bisnis apa yang akan kita jalani. Inilah kriteria yang pas untuk pemula dalam memilih jenis bisnis yang baik dengan resiko kecil.

1. Pilihlah Usaha rumahan yang sesuai dengan kegemaran atau hobi kita.

2. pilihlah jenis bisnis atau usaha yang sesuai dengan keahlian.

3. Pilihlah yang memiliki persaingan belum terlalu ketat namun memiliki potensi besar

4. Untuk awal, jangan terlalu berpatok pada keuntungan yang besar, namun standar.

Beberapa contoh Aneka usaha rumahan dengan modal dan resiko kecil.

Berikut adalah contoh beberapa bisnis atau usaha rumahan dengan modal dan resiko yang kecil diantaranya :

1. Bisnis Counter pulsa berjalan

Sebagai pemula jangan langsung menghayal pada keuntungan yang besar, namun yang terpenting adalah kita belajar bagaimana untuk melayani konsumen dengan baik, bagaimana melakukan promosi produk kita, bagaimana memperhitungan keuangan,dsb.

Bisnis Pulsa tentu beresiko kecil dibanding dengan aneka bisnis yang lainnya karena pulsa tidak akan basi atau terbuang sia-sia. Hampir setiap orang membutuhkan pulsa, dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan hingga tukang becak sekalipun kini membutuhkan pulsa, dan kalaupun tidak habis terjual, bisa kita gunakan sendiri.

2. Jualan Tabung Gas

Saat ini tabung gas juga merupakan kebutuhan pokok setelah adanya kebijakan pemerintah tentang konversi dari minyak ke tabung gas. Hampir setiap rumah membutuhkan gas untuk keperluan memasak, jadi bisnis ini lumayan diminati banyak konsumen. Keuntungan yang didapat juga lumayan apalagi jika kita langsung mengambil dari perusahaan. Sama halnya seperti pulsa, seandainya tidak laku bisa kita gunakan sendiri.

Itulah contoh beberapa aneka bisnis dengan resiko yang minim. Untuk memilih usaha bisnis yang akan dijalani kuncinya itu adalah :

Produk yang ditawarkan atau dijual tidak mudah busuk

Produk yang ditawarkan tidak bernyawa seperti peternakan

Produk yang ditawarkan juga kita butuhkan, jadi jika tidak laku kita bisa gunakan untuk diri kita sendiri

Usaha yang dijalankan tidak membutuhkan peralatan yang mahal.

Demikianlah artikel tentang Belajar bisnis atau belajar usaha dari aneka usaha rumahan bermodal kecil, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda memulai bisnis rumahan dengan beberapa contoh aneka usaha yang sudah ada. Info lebih lengkap mengenai bisnis lihat disini
Rating: 4.5