Miung.com

Sabtu, 04 Oktober 2014

Bisnis Franchise Makanan dengan Modal Kecil Bahkan Gratis, Adakah?

Di Indonesia bisnis franchise semakin banyak, tetapi apakah ada bisnis franchise modal kecil atau bahkan bisnis gratis yang ditawarkan oleh franchiser?. Jenis bisnis franchise yang ada di Indonesia juga sangat beragam, mulai dari bisnis franchise makanan, minimarket,minuman, laundry dan lain sebagainya. Tetapi tidak semua bisnis franchise ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Apalagi, jika Anda baru akan memulai bsinis franchise ini. Tentu saja bisnis franchise modal kecil akan jadi prioritas untuk anda pertimbangkan.

Bisnis franchise atau waralaba itu sendiri adalah sebuah metode bisnis yang menggunakan induk bisnis, atau biasa disebut franchiser, yang mendistribusikan produknya melalui lokasi bisnis tertentu yang dijalankan oleh independen orang ketiga yang disebut pemegang waralaba. Seorang pengusaha yang menjalankan bisnis franchise membayar sejumlah biaya permulaan untuk royalti yang akan terus berjalan.

Di indonesia bisnis franchise makanan semakin berkembang, tidak hanya yang menawarkan menu-menu baru yang unik dan menarik tetapi juga tetap mengutamakan rasa. Sekarang bisnis franchise makanan tidak hanya sebatas franchise makanan yang cepat saji, bisnis franchise makanan tradisional juga mulai banyak bermunculan. Tetapi bagi pemula biasanya lebih melirik bisnis franchise makanan dengan modal kecil.

Sebenarnya Bisnis franchise modal kecil banyak ditawarkan di indonesa, tetapi masih banyak yang belum mengetahuinya. Skala modalnya adalah kurang dari Rp. 5 Juta. Biasanya usaha ditawarkan adalah bisnis franchise yang menggunakan booth atau gerobak dan kebanyakan adalah franchise makanan atau franchise minuman. Dan harga produk yang ditawarkan relatif murah, tidak sampai 5 ribu perbuahnya.dan modal diperkirakaan kembali sekitar 4-6 bulan.

Langkah awal memulai bisnis franchise makanan

1. Cari informasi sebanyak mungkin

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk memulai bisnis franchise ini adalah mencari informasi sebanyak mungkin tentang bisnis franchise makanan. Anda bisa mendapatkan informasi melalui majalah atau tabloid yang membahas tentang franchise. Cari tahu juga sudah berapa lama franchiser menjalankan usaha tersebut.sebaiknya pilihlah bisnis franchise yang sudah berjalan minimal 5 tahun karena hal ini membuktikan bahwa franchise tersebut banyak diminati konsumen.

2. Eksplorasi informasi yang sudah didapat

Setelah mendapatkan informasinya anda harus mempelajarinya dan segera menghubungi pemlik bisnis franchise tersebut. Tanyakan bagaimana respon konsumen terhadap produk tersebut, tanyakan pula bagaimana dukungan pemilik franchise tersebut kepada para mitranya. Berapa lama perkiraan kembali modalnya, apakah sesuai dengan yang dijanjikan atau dituliskan oleh pemilik franchise tersebut atau tidak. Jangan pernah tergiur pada janji cepatnya balik modal yang ditawarkan tanpa mempelajari dengan seksama kewajarannya.

3. Pemilihan tempat

pemilihan tempat untuk menjalankan bisnis franchise makanan ini juga sangat penting. Carilah tempat yang ramai seperti stasiun kereta, terminal bis, minimarket atau tempat-tempat umum lainnya yang ramai. Tak mudah memang mencari tempat usaha untuk bisnis franchise modal kecil ini karena pasti akan terbentur dengan masalah biaya sewa. Namun disinilah kreatifitas anda diuji. Salah memilih tempat berarti kerugian. Jadi harus dipertimbangkan matang-matang.

Itulah beberapa tips untuk memulai bisnis franchise makanan dengan modal kecil. Jadi menurut saya sebenarnya tidak ada bisnis gratis, bahkan bisnis yang hanya menjual produk orang lain secara onlinepun tetap membutuhkan biaya. Demikianlah artikel dari saya semoga bisa membantu.
Rating: 4.5