Miung.com

Kamis, 02 Oktober 2014

Bisnis Kecil yang Menguntungkan dengan Sistem Kemitraan

Bisnis kemitraan, bisnis kecil yang menguntungkan menjadi salah satu alternatif bisnis yang bisa di jalankan. Bisnis kecil menjadi salah satu harapan yang dapat membantu mengurangi permasalahan kemiskinan dan pengangguran di Indonesia. Berbagai usaha bisnis kecil untung besar yang menguntungkan bagi masyarakat hendaknya semakin ditingkatkan untuk lebih mensejahterakan masyarakat Indonesia.

Keinginan untuk membangun sebuah bisnis kecil sering terkendala beberapa faktor. Salah satu kendalanya adalah sulitnya menentukan bisnis kecil yang menguntungkan yang akan dijalani. Selain itu kekurangan dana juga merupakan salah satu kendala yang paling berat yang harus dihadapi untuk memulai bisnis kecil untung besar yang dapat menopang ekonomi kearah yang lebih baik lagi.

Mungkin bisnis kemitraan bisa dipertimbangkan bagi yang masih kesulitan menemukan jenis bisnis dan terkendala modal yang terlalu besar. Bisnis kemitraan merupakan suatu strategi bisnis yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu untuk meraih keuntungan bersama dengan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan atau menguntungkan. Bisnis kemitraan ini untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi kuat dan juga mandiri, dengan pemanfaatan dana bergulir dari Perseroan.

Kemitraan merupakan suatu rangkaian proses yang dimulai dengan mengenal calon mitranya,mengetahui keunggulan dan kelemahan usahanya, mulai membangun strategi, menjalankan, memantau, dan mereview hingga target tercapai.

Bisnis kemitraan sendiri terdiri dari lima pola, yaitu bisnis inti plasma (usaha besar sebagai inti membina dan mengembangkan ukm yang menjadi plasmanya dalam menyediakan lahan, sarana produksi, pemeberian bimbingan), pola subkontrak (Ukm memproduksi komponen yang diperlukan oleh Usaha Besar sebagai bagian dari produksinya), pola dagang umum ( usaha besar memasarkan hasil produksi ukm), pola keagenan (ukm diberi hak khusus untuk memasarkan barang dan jasa usaha besar sebagai mitranya), pola waralaba (pemberi waralaba memberikan hak penggunaan lisensi, merk dagang, dan saluran distribusi perusahaannya kepada penerima waralaba).

Dari kelima pola bisnis kemitraan, Di indonesia lebih banyak yang menggunakan bisnis kemitraan pola keagenaan dan pola waralaba. Di samping banyaknya jenis bisnis yang bisa dipilih, modal untuk memulai bisnis kemitraan pola ini juga tidak terlalu besar. beberapa contoh bisnis kecil untung besar dengan sistem kemitraan :

1. Waralaba tela-tela

2. Franchise martabak mini

3. Waralaba minuman teh

4. Waralaba mi ayam grobakan

5. Waralaba super tela

6. Waralaba soyaku (kedelai hitam)

Itulah beberpa contoh binis kecil untung besar dengan sistem bisnis kemitraan yang bisa anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Rating: 4.5