Miung.com

Rabu, 01 Oktober 2014

Bisnis Kue, Bisnis Kuliner Modal Kecil yang Menjanjikan

Bisnis kue merupakan salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan yang mulai banyak diminati masyarakat indonesia. Bisnis kue juga merupakan salah satu bisnis yang tidak mengharuskan pelakunya mempunyai modal yang besar, atau bisa dikatakan bisnis kue ini merupakan bisnis kuliner modal kecil yang menjanjikan. Bisnis ini masih sangat menjanjikan karena sifatnya yang emosional. Maksudnya konsumen tidak membeli kue hanya karena rasanya saja, tetapi juga karena adanya perasaan emosional seperti berkaitan dengan perayaan hari ulang tahun,promosi pekerjaan, hari kasih sayang, atau momen spesial lainnya.

Berikut beberapa hal dan tips yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis kue

1. Daur hidup produk (life cycle).

Kue ataupun jenis makanan lainnya tentu memiliki batas kadaluarsa. Sangat penting untuk mengetahui batas kadaluarsa makanan yang akan Anda jual. Anda juga harus mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasan kue yang anda jual. Selain karena alasan kesehatan pencantuman tanggal kadaluarsa juga bisa menimbulkan nama baik bagi pebisnis kue karena melindungi konsumennya dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk kue anda.

2. Jenis kue apa yang akan Anda jual.

Ada bermacam-macam jenis kue yang bisa anda jadikan bisnis. Sebelum memulai menjalankan suatu bisnis kue anda harus menentukan dengan pasti jenis kue apa yang akan anda jual. Apakah kue kering atau kue basah. Jika anda menjual kue kering mungkin resikonya lebih kecil karena batas tanggal kadaluarsa lebih lama daripada kue basah. Tetapi meskipun kue basah batas kadaluarsa lebih pendek tetapi memiliki pangsa pasar yang terus meningkat. Jadi silahkan pilih jenis kue apa yang akan anda jadikan sebagai produk bisnis kue anda sesuai dengan minat dan tentu saja sudah memperhitungkan resikonya.

3. Penampilan atau packaging, baik makanan maupun kemasannya.

Konsumen seringkali menilai berkualitas atau tidaknya suatu makanan dari penampilannya. Penampilan juga bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli produk kue anda. Bahkan mungkin saja ada konsumen yang kurang menyukai jenis kue yang anda jual tetapi dia tertarik dengan penampilannya akan membuatnya membeli produk anda. Jadi penampilan produk Anda harus menarik sehingga konsumen pun yakin dengan kualitasnya.

4. Rasa.

Meskipun penampilannya menarik tetapi tanpa didukung rasa yang nikmat tentu akan mengurangi nilai jual kue anda. Untuk itu lakukanlah percobaan-percobaan kecil untuk mendapatkan komposisi yang pas sebagai ciri khas kue Anda.dengan rasa yang lezat dan memiliki ciri khas tentu akan membuat produk kue anda diburu konsumen.

5. Konsisten dan terus menciptakan varian baru

Dalam bisnis kue ini anda harus konsisten menjalankannya.anda harus konsisten mengenai produk, waktu, serta tempat anda berjualan, sehingga konsumen tidak kesulitan mendapatakan produk anda. Pertahankan produk-produk andalan dan selau ciptakan varian-varian baru kue anda sehingga menambah jumlah konsumen dari kue anda.

6. Menjaga kualitas

Meskipun harga bahan baku naik, meskipun bahan-bahan yang diperlukan sedang langka atau terbatas, jangan sekali-kali citarasa produk kue anda berubah atau menurun kualitasnya. Karena bisa jadi anda akan kehilangan pembeli anda jika anda merubah rasa dari produk anda. Jagalah kepercayaan pelanggan anda dengan cara tetap mempertahankan kualitas produk anda.

Semoga beberapa tips tentang bisnis kue tersebut bisa menjadi inspirasi dan dapat menambah pengetahuan anda.
Rating: 4.5