Miung.com

Jumat, 03 Oktober 2014

Bisnis Makanan yang Menjanjikan untuk Masa Depan Lewat Internet

Mulai berpikir membangun bisnis masa depan yang menjanjikan dengan bisnis lewat internet? Jangan berpikir bahwa bisnis makanan tidak bisa dijalankan sebagai bisnis lewat internet, sekarang ini bisnis online tidak hanya tentang fashion, atau barang-barang elektronik saja, tetapi makanan atau kuliner juga mulai dijalankan melalui media online, bahkan memberikan lebih banyak keuntungan dari segi jangkauan konsumennya, karena kita bisa mempromosikan produk kita lebih luas lagi.

Bisnis makanan adalah jenis bisnis yang akan selalu laku sepanjang masa, hal ini dikarenakan makanan adalah kebutuhan pokok bagi manusia untuk tetap mempertahankan hidup. Bisnis makanan yang menjanjikan ini juga memiliki banyak kategori, mulai dari makanan ringan (camilan), minuman serta makanan pokok. Semua kategori di bisnis kuliner ini memiliki potensi yang sangat menjanjikan, tergantung bagaimana cara kita dalam memasarkannya. Saat kita berpikir untuk menjalankan bisnis, jangan hanya berpikir hanya untuk saat ini. Tapi mulailah berpikir untuk bisnis yang bisa terus berkelanjutan dan menjanjikan buat masa depan kita.

Bisnis lewat internet memang terkesan mudah, hanya duduk manis di depan komputer dan memasarkan produk sambil menunggu pesanan datang sendiri. Meski terlihat gampang tapi tak sedikit yang mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnis lewat internet. Mungkin saja ini dikarenakan produk yang dijual kurang menarik atau bahkan sang pemilik bisnis tidak serius menjalankan bisnisnya, atau mungkin juga sang pemilik bisnis kurang paham bagaimana menjalankan bisnis secara online.

Sebenarnya peluang bisnis lewat internet merupakan bisnis yang menjanjikan untuk masa depan, masyarakat sekarang semakin melek teknologi. Para pemilik telepon yang mampu terkoneksi internetpun semakin banyak karena harga ponsel yang semakin terjangkau. Dengan media internet, jangkauan konsumen menjadi lebih luas. Bisnis lewat internet ini juga cocok bagi para pemilik modal kecil, anda hanya cukup memiliki komputer yang terkonenksi internet, alat transportasi serta alat telekomunikasi saja sudah bisa menjaankan bisnis lewat internet ini.

Persiapan usaha bisnis lewat internet

Untuk menjalankan bisnis lewat internet tentu anda harus mengetahui bagaimana cara mengoperasikan komputer dan ponsel. tapi pasti saja anda sudah tidak terlalu asing dengan dua media tersebut. Mungkin anda hanya perlu belajar sedikit tentang pengelolaan websitenya. Dan ini bisa dipelajari sambil jalan, atau learning by doing. Jadi jangan terlalu khawatir. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam persiapan bisnis llewat internet :

1. Produk yang akan dijual

Tentukan jenis makanan yang akan anda jual, jangan menjual makanan yang mudah basi, kalaupun anda tetap ingin menjual makanan basah, anda harus membatasi daerah wilayah pengirimannya, serta berikan petunjuk pada konsumen tentang bagaimana menyajikan makanan setelah sampai tujuan apabila melalui proses pengiriman yang memakan waktu lebih dari satu hari. Bisnis makanan basah lewat internet berbeda dengan bisnis fashion atau barang elektronik. Makanan basah mudah basi, jadi anda harus mempertimbangkan jangkauan pemasaran makanan yang akan anda jual.

2. Tentukan media penjualan atau promosi yang akan digunakan.

Apakah anda akan menggunakan media sosial seperti facebook, twitter ataukah menggunakan media website. Jika memungkinkan pakailah ketiganya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan media sosial kita bisa menjaring komunitas lebih banyak yang kemudian diarahkan ke website untuk melihat profil dan informasi lebih banyak tentang produk yang anda tawarkan. Tampilan foto produk yang menarik dalam website akan sangat membantu meyakinkan calon konsumen. Meski anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dengan menggunakan ketiga media tersebut namun anda juga harus tetap memperhatikan kapasitas produksi anda. Jika memang belum memadai jangan langsung memanfaatkan ketiganya. Pilih salah satu dulu agar pesanan tidak overload yang bisa membuat konsumen kecewa. Jika memang produksi anda sudah memadai anda bisa meningkatkan dengan memanfaatkan ketiga media tersebut. Jangan lupa juga cantumkan informasi yang lengkap toko online anda, seperti alamat dan nomor telepon.

3. Bangun kredibilitas.

Kredibilitas ini penting demi kepuasan konsumen dan untuk mempertahankan konsumen agar tida berpindah ke tempat lain.

4. Bangun komunikasi dengan pelanggan

Bangun komunikasi dengan konsumen, misalnya dengan menghubungi mereka memastikan pesanan sudah sampai atau belum, dan apabila anda sudah mendapatkan konsumen jangan dibiarkan begitu saja, selalu jaga komunikasi.

Pelaku bisnis makanan lewat internet memang semakin banyak, tetapi aslakan anda bisa memberikan kepuasan terhadap konsumen anda , anda tidak akan ditinggalkan konsumen. Anda harus menjaga kepercayaan konsumen anda dan tetap pertahankan citarasa produk makanan anda.
Rating: 4.5