Miung.com

Minggu, 14 Desember 2014

Persiapan untuk Memulai Usaha Kecil

Beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk memulai usaha kecil, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Modal. Modal merupakan sebuah hal penting yang jelas diperlukan oleh setiap orang yang hendak memulai sebuah kegiatan usaha sekalipun itu merupakan memulai usaha kecil. Modal yang saya maksudkan di sini terdiri dari beberapa bagian yakni sumber daya manusia atau pelaku usahanya. Lalu, uang atau kebutuhan lain untuk menjalankan usaha seperti perlengkapan dan peralatan. Jika modal tersebut telah anda siapkan maka anda dapat memulai untuk menyiapkan hal yang lainnya.

2. Lokasi. Pemilihan lokasi yang strategis untuk memulai sebuah kegiatan usaha memang menempati posisi yang sangat penting. Perlu untuk anda simak bahwa penentuan lokasi yang tepat seringkali membuat para pengusaha menjadi lebih mudah meraup kesuksesan. Kriteria dari lokasi yang strategis ini sangat variatif namun yang jelas utama adalah kemudahan konsumen dalam menjangkau usaha anda.

3. Jenis kegiatan usaha yang anda pilih. Saat ini jenis usaha kecil yang dapat anda pilih untuk dijalankan sangatlah banyak. Sehingga perlu kejelian dalam mempertimbangkan faktor-faktor pendukung usaha yang anda miliki agar dapat memilih sebuah jenis usaha yang menguntungkan dan sesuai dengan diri anda.

4. Peluang usaha di kedepannya. Bisnis usaha kecil umumnya terdiri dari dua jenis peluang, Yakni peluang jangka panjang atau peluang jangka pendek (musiman). Peluang jangka panjang artinya jika bisnis anda berhasil maka dapat menjadi sebuah bisnis besar dalam jangka panjang. Sedangkan untuk peluang musiman artinya anda harus terus mengubah jenis kegiatan usaha anda mengikuti perkembangan minat para konsumen. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing jadi terserah anda mau memilih yang mana.

Demikianlah tadi beberapa informasi yang dapat saya sajikan kepada anda sekalian tentang beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memulai usaha kecil. Semoga apa yang telah saya sajikan dapat memberikan manfaatnya. Sampai jumpa!

Rating: 4.5