Miung.com

Kamis, 11 Desember 2014

Tips Memulai Usaha Kuliner

Memulai usaha kuliner tentu menjadi pilihan utama bagi sebagian besar orang yang hendak membuka sebuah bisnis mandiri baik yang berskala kecil seperti bisnis rumahan hingga yang memiliki skala besar layaknya rumah makan atau restoran. Hal ini dikarenakan sebagai sebuah kegiatan usaha, kuliner acapkali dianggap sebagai kegiatan usaha yang paling ideal untuk dijalankan ketimbang jenis usaha yang lainnya. Ada beberapa hal yang melatarbelakangi anggapan tersebut, beberapa di antaraya adalah anggapan bahwa makanan merupakan kebutuhan pokok yang setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti memerlukannya sehingga hal ini berkaitan dengan kemudahan pemasaran khususnya dalam hal menjangkau konsumen yang tak terbatas, juga karena makanan memiliki keuntungan besar yang kian menjanjikan terutama jika kita melihat jumlah modal yang kita perlukan untuk bisnis makanan ini dapat kita sesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing.

Tapi ternyata memulai usaha kuliner ini bukan merupakan hal
yang semudah membalik telapak tangan loh! perlu ada beberapa pertimbangan khusus untuk memulainya agar dapat menjadi sebuah usaha besar yang menguntungkan. Simak selengkapnya pada tips yang saya sajikan berikut ini!

1. Tips pertama adalah pilih usaha kuliner atau jenis kuliner yang menarik konsumen. Dalam hal ini anda melihat kebutuhan calon konsumen anda. Misalkan ketika anda hendak memilih usaha tentang makanan berat atau makanan ringan, maka hal ini harus anda perhatikan minat konsumen, daya beli konsumen dan hal-hal tentang konsumen lainnya. Mengapa? Karena hal tersebut akan menjadi faktor yang amat penting bagi keberlangsungan usaha anda ini.

2. Lokasi yang strategis. Tak bisa kita pungkiri lagi bahwa salah satu hal yang paling penting dari sebuah kegiatan usaha, baik usaha kuliner maupun yang lainnya adalah faktor lokasi. Dengan adanya lokasi yang strategis maka hal tersebut akan berpengaruh besar pada laku atau tidaknya makanan anda, selain juga berpengaruh pada harga yang dapat anda tawarkan. Misalkan saja yang paling mudah anda temui adalah penjual makanan disekitaran rumah sakit biasanya akan bisa menjual makanan dengan harga lebih tinggi dari yang lain. Hal ini tentu dipengaruhi faktor lokasi, bukan!

Itu tadi beberapa ulasan yang dapat saya sajikan tentang tips memulai usaha kuliner kepada anda sekalian. Semoga bermanfaat!
Rating: 4.5