Miung.com

Selasa, 13 Januari 2015

Beberapa Faktor Yang Sangat Berpengaruh Pada Kecepatan Mengakses Internet

Seringkali orang yang menggunakan akses internet tidak mengetahui cepat lambatnya koneksi pada internetnya. Hal ini tentu ada faktor yang mempengaruhi tingkat kecepatan akses pada internetnya. Apabila komputer Anda yang dirumah atau yang di tempat bekerja telah terhubung dengan internet, Anda sebaiknya mengetahui berapa kecepatannya.

Berikut beberapa faktor yang sangat berpengaruh pada kecepatan mengakses internet :

1. Setiap provider internet memberikan berbagai pilihan paketan internet. Pilihlah paketan internet yang sesuai untuk kebutuhan anda.

2. Ada beberapa cara agar Anda dapat terkoneksi internet. Berikut ini jenis koneksi internet yang biasa digunakan di Indonesia:

· Dial Up, yaitu dengan sambungan kabel telepon rumah dengan menggunakan modem biasa

· ADSL, yaitu dengan sambungan kabel telepon rumah dengan menggunakan modem ADSL. Kelebihan jenis koneksi ADSL adalah tingkat kecepatannya lebih daripada Dial Up

· GPRS, yaitu dengan modem Handpon (mobile modem). Model modem ini ada 2 yaitu modem GSM dan modem CDMA. Tingkat kecepatan ini kalah dibandingkan dengan yang ADSL Modem

· Wireless, yaitu dengan Jaringan Wireless. Ini biasanya disediakan oleh provider internet. Tingkat koneksi ini terbukti lebih bagus dibanding ADSL Modem. Hal ini tergantung pada tingkat kecepatan yang disediakan provider dan kemampuan dari perangkat wireless di daerah Anda saat menangkap sinyal.

3. Spesifikasi komputer dapat mempengaruhi tingkat kecepatan dalam mengakses internet, maka semakin bagus spesifikasinya maka semakin baik pula koneksi internetnya.

4. Sistem komputer yang digunakan sangat berpengaruh pada kecepatan dalam mengakses internet, yaitu pada Operating System dan sistem keamanan dari komputer pada serangan virus internet seperti worm, trojan, dan lannya. Sistem yang fresh akan sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan dalam mengakses internet.

5. Penggunaan aplikasi browser

Aplikasi atau program atau software yang digunakan untuk browsing pada internet juga mempengaruhi kecepatan mengakses internet. Sekarang sudah banyak aplikasi untuk browser, pilihlah yang browsernya aman dan cepat. Beberapa pilihannya antara lain : Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Netscape, Opera, Maxthon dan lainnya.

6. Sinyal di Tempat Tinggal

Letak tempat tinggal sangat mempengaruhi tingkat koneksi. Semakin dekat dengan pemancar sinyal, maka semakin cepat pula kecepatan untuk mengaksesnya.

7. Modem yang digunakan.

Modem yang Anda beli juga tidak boleh sembarangan tanpa mengetahui tentang kualitas dari modem itu. Apabila ISP mampu memberikan kecepatan internetnya sebesar 3,2Mbps namun modemnya tidak mendukung ya tidak cocok. Tingkat kecepatan internet yang biasanya ditawarkan ISP bukan yang sebenarnya.

8. Penggunaan Modem Tidak Sampai Panas.

Modem yang panas sangat mempengaruhi kinerja pada modem itu sendiri, secara langsung dapat mempengaruhi kecepatan pada internet anda. Sebaiknya tambahkan kabel perpanjangan USB supaya modem bisa diletakkan dilantai demi menjaga suhu modem tetap stabil.

Beberapa faktor yang sangat berpengaruh pada kecepatan mengakses internet di atas dapat menjadi acuan Anda sebelum memilih koneksi internet. Apabila Anda salah pilih, bisa berakibat fatal karena tidak dapat digunakan di daerah Anda. Alangkah baiknya konsultasikan dahulu dan survey ke tetangga yang sudah memasang jaringan internet.
Rating: 4.5