Miung.com

Selasa, 06 Januari 2015

Jenis - Jenis Koneksi Internet di Indonesia

Jaringan internet dapat tersalurkan ke pengguna dengan layanan internet service provider (ISP). Koneksi internet yang lebih cepat dapat mendorong pengembangan pada teknologi komunikasi. Pada beberapa tahun yang lalu, akses internet dial up dengan jaringan telepon. Untuk saat ini, banyak jenis koneksi internet yang disediakan oleh beberapa provider. Jenis koneksi internet pengguna internet menginginkan dapat mengakses data internet dengan cepat, misalnya mendengarkan siaran radio di internet, telepon internet, menonton siaran di televisi online, atau pun melakukan konferensi dengan jarak jauh. Semua hal tersebut membutuhkan koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Oleh sebab itu, penyedia jasa internet (ISP) membuat beberapa pilihan paketan yang sesuai dengan kebutuhannya pelanggan.

Berikut ini jenis- jenis koneksi internet yang ada di Indonesia:

1. Koneksi Dial Up

Komputer yang dilengkapi dengan modem analog dapat melakukan dial up, yaitu menghubungi server milik ISP untuk memperoleh akses internet. Koneksi dial-up tidak hanya menggunakan jalur telepon rumah (PSTN), tetapi juga bisa menggunakan telepon genggam berteknologi CDMA.

2. ADSL (Kecepatan Akses Internet-ADSL)

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) ini merupakan teknologi modem yang dapat bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai dengan 1104 kHz. Hal ini sebagai penyebab utama, pada perbedaan kecepatan transfer data yaitu antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz). Keuntungan ADSL ini adalah memberikan kemampuan mengakses internet dengan kecepatan tinggi dan suaranya/fax secara simultan. Pada sisi pelanggan, ini menggunakan splitter untuk memisahkan saluran pada telepon dan saluran modem.

3. Koneksi menggunakan Jaringan Leased Line

Jaringan internet leased line adalah jaringan yang tersedia untuk mengakses internet selama seharian penuh. Program ini berbeda dengan dial up, yaitu akses internet hanya tersedia pada saat Anda menghubungkan ke ISP. Oleh sebab itu jaringan leased line sering disebutnya jaringan dedicated line. Jaringan ini dikhususkan untuk dapat koneksi ke internet. Jaringan leased line ini dapat menggunakan jaringan telepon, kabel khusus untuk internet, ataupun koneksi wireless. Jaringan yang memakai kabel, tersedia layanan ISDN dan DSL. ISDN yaitu komunikasi melalui jaringan telepon yang bisa memisahkan aplikasi suara dengan data yang nonsuara seperti teks, video, dan gambar pada jaringan yang sama. Sistem ISDN ini dikembangkan pada jaringan telepon. Modem ISDN tidak mengubah data digital menjadi data analog atau sebaliknya seperti pada modem dial up Kecepatan transfer data dengan menggunkan layanan ini hanya mencapai 128 kbps, lebih cepat apabila dibandingkan dengan kecepatan koneksi pada dial up.

4. Satelite VSAT

Koneksi menggunakan satelite adalah koneksi yang lebih cepat namun sangat mahal. Koneksi ini kita harus memakai payung parabola khusus agar dapat menangkap signal satelit. Kecepatan Satelite VSAT dapat mencapai 64 hingga 2mb. Hal ini berlaku hanya di Indonesia. Untuk international lebih dari 2mb. Layanan ini berbayar bulanan dan dapat mengkases internet tanpa batas (unlimited). Lokasi pemasangan ditentukan oleh ISP yang menyediakan fasilitas ini.

5. HANDPHONE

Handphone dapat menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Hal ini dihubungkan dengan Bluetooth atau pun usb kabel data. Pada saat Anda online, jalur telepon tidak akan terganggu. Apabila menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb – 2mb.

6. WIFI / Hotspot

Jenis koneksi ini mulai rame digunakan akhir-akhir ini. Layanan ini seringkali digunakan di kafe, mall dan lainnya secara gratis untuk para pengunjung / langganan mereka. Kalo bayar maka biasanya di hitung oleh jumlah kb yang digunakan, model seperti isi voucher hp. semua ini tergantung kepada ISP / penyedia jasa internet. Kecepatan 11mb — 100mb.

7. Cable Modem Cable Modem.

Modem ini menyediakan dua arah komunikasi sata melalui frekuensi radio (RF) pada struktur saluran kabel tv. Kabel modem ini digunakan untuk memberikan akses internet broadband dalam bentuk internet cable dengan mengambil bandwidth yang tinggi dari jaringan televisi kabel.
Rating: 4.5