Miung.com

Selasa, 27 Januari 2015

Mengukur Kecepatan Mengakses Internet (i-net)

Ukuran Kecepatan Akses Internet- Internet (i-net) mempunyai kecepatan mengakses yang berbeda-beda, tergantung pada provider atau saluran yang digunakan. Tingkat kecepatan mengakses i-net bisa diukur dengan lebar pita bandwidth sebagai kapasitas untuk transfer data. Bandwidth yan lebih besar, maka kecepatan mengaksesnya semakin besar. Misal komputer A mempunyai ukuran kecepatan akses internet dengan bandwidth 10Mbps, sedang komputer B mempunyai bandwidth 20Mbps. Keduanya memakai provider sama. Pada saat Anda akan mengirim atau menerima e-mail, dengan asumsi besarnya e-mail dapat dikirim atau diterima adalah 4 Kb, maka secara teori, dengan bandwidth 10 Mbps atau 10.000 Kbps dapat menerima atau mengirim sebanyak 2.500 e-mail per detik. Sedangkan, dengan bandwidth 20 Mb atau 20.000 Kbps, dapat menerima atau mengirim 5.000 e-mail per detik. Semakin banyak e-mail yang diterima atau dikirim, maka arus transport data semakin lancar. Yang artinya, kecepatan mengakses akan semakin besar.

Satuan kecepatan mengakses i-net adalah kilobits per second (Kbps) atau megabits per second (Mbps). 1.000 bits sama dengan 1 kilobits dan 1.000.000 bits sama dengan 1megabits. Misal, ukuran kecepatan mengakses i-net pada satu komputer yaitu 56 Kbps. Maka artinya komputer itu dapat mendownload sebuah data yang sebesar 56 Kb dengan waktu 1 detik.

Berikut beberapa ukuran kecepatan dalam mengakses i-net:

A. Kecepatan Mengakses I-net Melalui Jaringan Telepon Umum

1. Kecepatan Mengakses I-net dengan Dial Up melalui Jalur PSTN

Saluran telepon dapat terkoneksi ke komputer Anda. Cara menghubungkan ke i-net yaitu menggunakan kabel telepon yang biasa atau sering disebut dial up. Dial up ini membutuhkan alat untuk membantu agar terkoneksi yang disebut dengan modem. Ukuran kecepatan akses i-net menggunakan dial up mencapai 56kbps. Akan tetapi, apabila mengakses di siang hari, kecepatan i-net bisa berkurang karena saluran utama telepon super sibuk.

2. Kecepatan Mengakses I-net dengan ADSL

ADSL singkatan dari Asymetric Digital Subscriber Line, yaitu teknologi modem pada frekuensi antara 34 kHz - 1104 kHz. Kelebihan ADSL adalah memberikan kemampuan akses I-net dengan kecepatan tinggi dan suara
atau fax secara simultan. Contoh Koneksi ADSL adalah Speedy dari PT. Telkom.

B. Kecepatan Akses I-net Melalui Jaringan Telepon Celluler (Operator GSM/CDMA)

1. Kecepatan Akses I-net dengan GPRS (2.5G)

General Packet Radio Service (GPRS), yaitu komunikasi data dengan suara yang dilakukan memakai gelombang radio. Ini mempunyai kemampuan untuk menghubungkan data dengan suara saat alat komunikasi sedang bergerak (mobile). Pada teorinya, GPRS berkecepatan antara 56 kbps - 115 kbps maka memungkinkan dapat akses I-net.

2. Kecepatan Akses I-net dengan 3G

Third-generation technology (3G). 3G merupakan evolusi dari GSM (2G) menjadi GPRS (2.5G). GPRS menjadi EDGE (2.75G) dan akhirnya WCDMA (3G). Pada CDMA, 3G ini menggunakan teknologi Evolution Data Optimized (EVDO). 3G memiliki kecepatan akses dengan bandwidth sampai 384 kilobit per detik dengan kondisi diam atau saat kecepatan pejalan kaki.

3. Kecepatan Akses I-net dengan HSDPA (3.5G)

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) ini 3,5G. Di lingkungan perumahan bisa berkecepatan 3,7 Mbps. Saat di kendaraan berkecepatan 100 km/jam dapat mengakses i-net berkecepatan 1,2 Mbps. Di lingkungan perkantoran bisa kecepatan 300 Kbps.

4. Kecepatan Akses I-net dengan 4G

Fourth-generation technology (4G) merupakan pengembangan dari 3,5G

C. Kecepatan Akses I-net Melalui Wireless (Wifi & Wibro)

1. Kecepatan Akses I-net dengan WiFi

Teknologi jaringan ini tanpa kabel disebutnya Wirelless Fidelity (WiFi) dengan frekuensi tinggi pada spektrum 2,4 GHz. WiFi berkemampuan akses i-net hingga 11 Mbps.

2. Kecepatan Akses I-net dengan Wireless Broadband

Ini pengembangan dari WiFi. Jika WiFi hanya bisa mengakses 100 meter, wireless broadband dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari pemancarnya. Wireless broadband dapat digunakan saat berkecepatan 60 kilometer/jam. Teknologi ini dapat mengirim data berkecepatan hingga 50 Mbps.

D. Kecepatan Akses I-net Melalui Jaringan Kabel ( LAN dan TV Kabel )

1. Kecepatan Akses I-net dengan LAN (Local Area Network)

Ini merupakan cara agar terhubung ke I-net adalah dengan menghubungkan komputer ke jaringan I-net. LAN berkecepatan transfer data antara 10 Mbps, 100Mbps, atau 1000 Mbps.

2. Kecepatan Akses I-net dengan TV Kabel

Jaringan TV kabel berkecepatan 2,5 Mbps.

E. Kecepatan Akses I-net Melalui VSAT (Satelit)

Very Small Aperture Terminal (VSAT) yaitu adalah stasiun penerima sinyal dari satelit berbentuk piringan dengan diameter 3 meter. Kecepatan akses i-net nya yaitu:

1. Kapasitas download (muat turun) : 1 Mbps tetapi boleh dinaikan hingga 45 Mbps

2. Kapasitas upload (muat naik) : 128 Kbps tetapi boleh dinaikan hingga 1.1 Mbps
Rating: 4.5