Miung.com

Kamis, 26 Februari 2015

Cara Membuat Martabak Telur Kulit Lumpia

Resep martabak telur kulit lumpia sangat banyak dicari saat ini karena disamping mudah pembuatannya, peminatnya juga terbilang banyak dan jika dijadikan sebagai ladang bisnis pasti mendapatkan laba yang lumayan. Sedang martabak kulit lumpia sendiri adalah martabak telur yang kulitnya atau pembungkusnya menggunakan kulit lumpia yang biasanya sudah dicetak langsung menggunakan cetakan khusus untuk membuat kulit lumpia, jadi tidak menggunakan kulit martabak yang pembuatannya cukup ribet dan lama. Kulit lumpia ini dapat dibeli di pasar – pasar tradisional maupun warung sayuran. Harganya juga cukup murah sehingga para konsumen lebih memilih menggunakan kulit lumpia dari pada harus membuat kulit martabak itu sendiri.

Bagi para pecinta kuliner martabak dapat dikreasikan dengan isian martabak sesuai selera. Seperti martabak telur isi jagung manis, atau martabak telur pedas dengan menambahkan irisan cabai rawit atau cabai bubuk ke dalam adonan. Berikut bahan – bahan dan cara pembuatan martabak kulit lumpia :

Bahan – bahan pembuatan martabak kulit lumpia :

1. Kulit lumpia, yang sudah jadi atau anda bisa juga membuatnya sendiri, terserah anda.
2. 2 butir telur ayam/bebek
3. Daging sapi cincang atau kornet (dapat di ganti dengan jagung manis, jamur kancing atau sosis, dll)
4. 5 lembar daun bawang diiris halus ½
cm
5. Lada yang sudah dihaluskan/lada bubuk
6. Garam secukupnya
7. Bawang putih (di keprek dan diiris halus secukupnya)
8. 1 bawang bombay diiris halus
9. Kaldu sapi/ayam

Cara membuat martabak kulit lumpia :

1. Campur daging sapi/ayam cincang, bawang putih, bawang bombay kemudian tumis hingga matang lalu angkat
2. Campurkan tumisan dengan telur, garam, kaldu, lada, dan daun bawang, kocok hingga merata
3. Ambil selembar kulit lumpia, letakkan 1 sendok isi martabak atau secukupnya, kemudian lipat sesuai selera. Lakukan cara yang sama hingga adonan habis
4. Goreng martabak di atas wajan dengan api sedang sampai coklat keemasan, lalu tiriskan
5. Hidangkan dengan cabai hijau atau saus makan.

Sebagai resep tambahan, apabila anda ingin tahu cara membuat kulit lumpia, berikut bahan dan caranya. Cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan, anda hanya membutuhkan tepung terigu, dan air matang. Alat nya menggunakan cetakan khusus untuk membuat kulit lumpia yaitu seperti teflon yang terbalik, cara menggunakannya pun terbalik tidak seperti penggunaan wajan seperti biasanya, karena yang kita gunakan untuk mencetak adalah bagian luar dari wajan dan yang dipanaskan adalah bagian dalamnya.

Cara pembuatan kulit lumpia :

1. Campur tepung terigu dengan air matang sedikit demi sedikit di atas loyang cetakan lumpia dan aduk hingga merata, jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental
2. Panaskan wajan kulit lumpia di atas kompor dengan api kecil, kemudian celupkan bagian luar atau bagian yang cembung dari wajan ke loyang berisi adonan tipis namun merata lalu panaskan kembali hingga kering namun jangan sampai gosong, kemudian lepaskan kulit lumpia dari wajan, dinginkan sebelum digunakan.
3. Lakukan cara yang sama hingga adonan habis.

Bagaimana? Sangat mudah kan?
Selamat mencoba !
Rating: 4.5