Miung.com

Rabu, 04 Februari 2015

Resep Cara Membuat Cupcake yang Lembut dan Enak

Cupcake adalah salah satu jenis kue bolu/bolu kukus yang dicetak menggunakan cup dan disajikan sebagai makanan sampingan untuk keluarga. Cupcake atau Muffins ini adalah kue imut yang berasal dari Amsterdam, yang menjadi makanan kegemaran rakyat Amsterdam. Ciri khas dari kue ini adalah berbentuk cup yang dihiasi oleh berbagai hiasan cantik seperti krim lembut yang ditaburi messes, atau choco chips, keju dan lain lain. Resep Cupcake Lembut dapat kreasikan dengan bahan bahan sesuai selera anda.

Untuk itu bagi para penggemar cupcake agar dapat menghasilkan cupcake yang lembut dan enak ini dapat kita simak di Resep Cupcake Lembut berikut ini.

Bahan – bahan untuk membuat cupcake :
1. 100 gr gula

2. 100 gr mentega cair

3. 75 gr coklat pasta pekat cair

4. 75 gr terigu

5. ½ sdt cake emulsifier

6. ½ sdt baking soda

7. 12 sdm bubuk susu

8. 3 btr telur

Langkah – langkah pembuatan cupcake yang lembut dan enak :

1. Langkah pertama yaitu kita kocok dulu telurnya, kemudian masukkan gula pasir dan pengembang (cake emulsifier) hingga didapat warna putih dan mengembang. Setelah itu tambahkan tepung terigu, bubuk susu dan baking soda (diayak terlebih dahulu) dan aduk menggunakan spatula kayu hingga merata. Bisa juga menggunakan mixer agar lebih halus dan merata
sempurna.

2. Setelah adonan pertama sudah selesai kemudian masukkan margarin atau mentega cair dan coklat pasta yang telah dilelehan sebelumnya, dan aduk – aduk kembali hingga merata.

3. Setelah tercampur rata, kemudian tuangkan adonan tersebut ke dalam cetakan atau cup yang telah disediaan dan sebelumnya sudah dialasi dengan paper cup, tuangkan adonan cupcake hingga ¾ penuh. Lalu kukus adonan tadi kurang lebih 15 menit hingga matang.

4. Angkat dan sisihkan

5. Kini cupcake yang lembut dan enak siap untuk dihidangkan.

Cara pembuatan cream butter untuk cupcake yang lembut dan enak. Membuat cream butter sendiri mempunyai keuntungan diantaranya yaitu kita dapat menghasilkan cream butter yang sesuai dengan selera kita dan juga terhindar dari bahan pengawet. Berikut bahan dan cara pembuatannya :

Bahan :

1. 225 gr mentega putih
75 gr gula halus
1 ½ sdm susu kental manis

Cara membuat :

1. Masukkan mentega putih ke dalam loyang atau mangkuk alumunium lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga didapat adonan yang mengembang

2. Kemudian masukkan gula halus dan kocok dengan mixer hingga merata

3. Setelah itu masukkan 1 ½ sdm susu kental manis ke dalam adonan kemudian kocok dengan mixer berkecepatan sedang hingga merata dan mengembang, kurang lebih sekitar 30 menit.

4. Butter Cream yang sudah jadi dapat ditambahkan dengan perisa beberapa tetes atau secukupnya sesuai selera anda kemudian kocok kembali menggunakan mixer hingga merata.

5. Hiaskan butter cream di atas cupcake menggunakan cetakan butter cream sesuai selera anda. Lebih cantik lagi apa bila di atas cream dihiasi dengan butir coklat warna warni.

Selamat mencoba !

Rating: 4.5