Miung.com

Minggu, 01 Februari 2015

Resep Membuat Pancake Keju

Pancake adalah kue yang sangat praktis untuk dibuat kapan saja karena cukup mudah bila hanya dibuat di rumah. Maka dari itu kue ini sering disajikan menggunakan taburan keju, coklat, gula bubuk, buah – buahan dan keju. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat pancake keju sepesial.

Nah, pancake keju spesial adalah jenis makanan yang biasa di hidangkan di acara pesta, arisan, pernikahan, acara keluarga dan acara-acara lainnya. Pancake keju juga sering dijumpai dijual di pasaran. Bagi penggemar pancake yuk kita simak Resep Pancake Keju spesial yang saya buat untuk anda :

Bahan :
1. 250 cc susu cair
2. 1 butir telur ayam
3. 2 sdm mentega yang dilelehkan
4. 100 gram tepung terigu
5. 3 sdm gula pasir manis
6. ½ sdt baking soda
7. ½ sdt garam
8. ¼ sdt bubuk vanilla
9. 100 gram keju cheddar parut untuk campuran
10. 100 gram keju cheddar parut untuk dressing
11. 75 gram choco chips

Cara Membuat :
1. Campurkan susu cair, telur dan mentega, kemudian kocok dengan kecepatan tinggi. Dapat menggunakan mixer apabila menggunakan tangan kurang adekuat.
2. Dalam mangkuk lain campurkan tepung, gula, garam, baking soda aduk hingga merata (mengaduk dapat menggunakan ballon whisk atau spatula kayu yang khusus untuk mengaduk adonan)
3. Campurkan dengan adonan pertama, aduk hingga merata dan mengental
4. Panaskan pada wajan anti lengket di atas api kecil, dan oleskan mentega secukupnya
5. Tuangkan adonan hingga ketebalan 1 cm. Apabila tepi pancake sudah agak mengering dan berpori – pori balik pancake dengan hati-hati dan biarkan matang.
6. Lakukan cara tersebut berulang kali sampai adonan habis.
7. Tata di atas piring dan taburi dengan keju cheddar parut dan choco chips secukupnya.
8. Resep pancake keju spesial sudah siap disantap.

Pancake keju sepesial ini akan lebih lengkap apabila ditambah dengan lelehan sirup maple atau buah – buahan seperti strawberry, cherry, atau selai coklat.

Cara membuat pancake yang enak dan lembut
1. Kenapa pancake di atas bisa bertekstur lembut walaupun tanpa menggunakan buttermilk, rahasianya ada pada pemisahan kuning telur dengan putih telurnya.
2. Untuk membuat hasil pancake yang lebih terasa manis bisa menambahkan 1 (satu) sendok makan gula pasir yang diaduk bersama dengan terigu, garam, kuning telur, dan susu.
3. Bila tidak punya pan teflon seukuran telur ceplok, bisa menggunakan wajan teflon biasa namun nanti bentuk pancakenya menjadi tidak seragam. Atau dapat juga menggunakan cetakan pancake seperti bentuk bulat, bintang, dll.
Selamat mencoba !

Rating: 4.5