Miung.com

Minggu, 01 Februari 2015

Resep Sederhana Membuat Pancake

Kalau tertarik dengan cara sederhana membuat pancake coba anda simak Resep Pancake Mudah dan sepesial ini agar dapat anda kreasikan sendiri dengan rasa favorit yang anda sukai dan dapat menggunakan buah-buahan sesuai selera. Mengapa penulis membuat resep pancake mudah ini? Karena kue pancake ini salah satu kuliner yang paling banyak diminati dari segala kalangan, yang biasa mereka sajikan untuk acara seperti acara keluarga, arisan, maupun cemilan sehat di rumah.

Mari kita simak apa saja bahan-bahan, cara membuat pancake dan toppingnya berikut ini :

Bahan – bahan untuk membuat pancake :
1. 100 gr tepung terigu
2. 250 ml susu cair
3. 1 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
4. Garam secukupnya
5. Sedikit margarin untuk olesan
6. Es krim atau sirup mapel untuk topping

Cara membuat pancake :
1. Campur rata dan aduk tepung terigu, kuning telur, garam dan susu dengan spatula sampai rata, apabila menggunakan mixer gunakan kecepatan rendah.
2. Kocok putih telur sampai kaku.
3. Kemudian masukkan adonan tepung ke dalam putih telur yang sudah di kocok sampai kaku tadi, kemudian aduk sampai rata.
4. Panaskan pan teflon yang berdiameter paling kecil (yang untuk bikin telor ceplok), oles dengan margarin, panaskan dengan api kecil.
5. Tuang adonan sekitar 2,5 sendok sayur, tutup sebentar agar adonan cepat matang
6. Balik jika adonan sudah ada sedikit berpori dan sedikit mengeras pinggirnya.
7. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.

Cara menyajikan pancake sederhana :
1. Letakkan satu buah pancake di atas piring, oleskan es krim atau sirup maple sedikit untuk merekatkan, kemudian letakkan satu lagi pancake di atasnya lakukan hal sama hingga 3 sampai 4 tumpukan pancake.
2. Tuangkan sirup maple perlahan hingga meleleh.
3. Pancake sederhana yang lezat siap di santap.

Kini resep pancake mudah dapat anda buat sendiri di rumah bersama keluarga dan semakin sempurna karena dapat disajikan dengan taburan keju, gula halus atau choco chips, sesuai selera anda.

Cara membuat topping pancake :
1. Topping Pisang Keju : Bahan untuk topping ini menggunakan irisan pisang yang ditenggelamkan dalam pancake yang setengah matang agar pisangnya dapat menyatu dengan adonan. Adapun kejunya diparut panjang – panjang sehingga menyelimuti sebagian pisang seperti rambut.
2. Topping Susu Keju : tentunya menggunakan bahan susu dan keju. Susu dapat di tuangkan saat masih di wajan atau setelah di letakkan di piring. Tetapi apabila masih di wajan usahakan jangan sampai meleleh karena dapat mengotori wajan. Untuk kejunya cukup dengan menaburkan parutan keju cheddar seperti biasa di atasnya.
3. Topping ice krim dan choco chips : pada bagian atas tumpukan pancake tuangkan ice cream beberapa sendok atau secukupnya, kemudian taburkan choco chips di atasnya.

Selamat mencoba!

Rating: 4.5