Miung.com

Minggu, 08 Maret 2015

Bumbu Ayam Goreng Sederhana.

Bumbu ayam goreng bermacam-macam, tergantung dari nama ayam goreng yang dimasak. Ada ayam goreng bumbu madu, ayam goreng bumbu kuning, ayam goreng bumbu bali, ayam goreng bumbu kunyit, ayam goreng bumbu rempah, hingga ayam goreng bumbu lada. Ayam goreng dengan bumbu berbeda seperti yang disebutkan tadi tentu juga berbeda cara pengolahannya. Terlepas dari itu semua bumbu yang digunakan untuk membuat ayam goreng cenderung sama dan tidak jauh berbeda.

Ayam goreng tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir dalam setiap acara pasti menyajikan menu ini. Rumah makan dan restoran juga banyak yang menawarkan ayam goreng ke dalam menunya.

Membuat ayam goreng yang lezat dan gurih tidaklah sulit, dan cukup menggunakan bumbu sederhana. Pembuatan ayam goreng bumbu sederhana juga tidak sulit. Untuk mendapatkan ayam goreng yang lezat dan gurih sebaiknya rebus ayam terlebih dahulu beserta bumbu-bumbu yang telah dihaluskan agar bumbu meresap ke dalam daging ayam, atau anda juga dapat melumuri ayam yang telah direbus dengan bumbu dan diamkan beberapa saat hingga bumbu meresap.

Bahan membuat ayam goreng :

a. 1 ekor ayam yang dipotong menjadi 6 bagian atau sesuai selera

b. Minyak goreng secukunya

Bumbu membuat ayam goreng :

a. 3 siung bawang putih

b. 6 siung bawang merah

c. 6 butir kemiri

d. 2 ruas jari kunyit

e. 1 sendok teh garam

Haluskan bumbu-bumbu di atas.

Cara membuat ayam goreng :

a. Rebuslah daging ayam hingga empuk kemudian tiriskan

b. Masukkan ayam beserta bumbu halus ke dalam wadah dan diamkan 30 menit agar bumbu meresap, anda juga dapat melumuri ayam dengan bumbu halus.

c. Panaskan minyak goreng dan masukkan ayam hingga berwarna kecoklatan kemudian angkat ayam dari penggorengan dan tiriskan.

Untuk mendapatkan ayam goreng yang lebih gurih anda dapat merebus ayam dengan santan kelapa.

Ayam goreng akan lebih nikmat disajikan bersama sambal tomat, lalapan dan nasi hangat. Anda juga dapat membuat sambal tomat sendiri di rumah.

Bumbu dan bahan membuat sambal tomat :

a. 1 buah tomat besar yang masih segar

b. 8 buah cabai merah keriting

c. 2 siung bawang putih

d. 1 sendok teh terasi

e. 1 sendok teh gula merah

f. 1 sendok teh garam

g. Minyak goreng secukupnya


Cara membuat sambal tomat :

a. Tumis tomat, cab
Rating: 4.5