Miung.com

Senin, 09 Maret 2015

Bumbu Nasi Goreng Lezat

Bumbu nasi goreng menentukan cita rasa nasi goreng. Nasi goreng, siapa yang tidak tahu masakan yang satu ini ? Nasi goreng merupakan salah satu masakan yang digemari oleh masyarakat. Mulai dari kalangan bawah hingga para pejabat tentunya sudah pernah mencicipi masakan yang satu ini. Nasi goreng tidak hanya dinikmati oleh orang Indonesia tetapi juga banyak dijumpai di Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand dan negara-negara timur tengah. Negara di Eropa juga banyak yang menawarkan menu yang satu ini. Nasi goreng biasa disajikan pada malam hari.


Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai cara dan resep tersendiri dalam menyajikan menu yang satu ini. Jenis nasi goreng juga bermacam-macam, mulai dari nasi goreng ayam, nasi goreng pete, nasi goreng sosis, nasi goreng kambing, nasi goreng bakso atau tergantung bahan yang ditambahkan dalam penyajiannya. Ada juga nasi goreng magelangan, nasi goreng jawa, nasi goreng kampung, nasi goreng Chinese. Nasi goreng banyak ditawarkan oleh warung-warung pinggir jalan yan biasanya buka pada malam hari maupun oleh restoran dan rumah makan.

Membuat nasi goreng cukup mudah, tetapi seringkali nasi goreng yang anda buat rasanya kurang sedap, karena bumbu nasi goreng yang digunakan kurang tepat.

Berikut bumbu dan resep membuat nasi goreng lezat :

Bahan-bahan nasi goreng :

a. 500 gram nasi matang

b. 2 sendok makan kecap manis

c. 2 sendok makan minyak goreng


Bumbu-bumbu nasi goreng :

a. 3 siung bawag putih

b. 6 siung bawang merah

c. 4 buah cabai merah

d. 1 sendok teh garam

e. 1 sendok teh ketumbar

f. 1/2 sendok teh gula pasir


Bahan pelengkap nasi goreng :

1. Mentimun yang dipotong kecil-kecil

2. Kerupuk udang atau kerupuk lainnya sesuai selera

3. Telur mata sapi atau telur dadar sesuai selera

4. Bawang goreng secukupnya

5. Ayam, sosis, bakso, pete, teri atau bahan lainnya sesuai selera


Cara membuat nasi goreng :

a. Haluskan bumbu-bumbu nasi goreng

b. Panaskan minyak kemudian tumis bumbu nasi goreng hingga harum

c. Masukkan nasi dan aduk rata bersama dengan bumbu tadi

d. Masukkan bahan tambahan seperti pete, ayam, udang, bakso, sosis sesuai selera anda

e. Aduk-aduk nasi hingga matang


Sajikan nasigoreng bersama dengan kerupuk, mentimun, dan telur. Anda juga dapat mengurangi atau menambah bumbu-bumbu nasi goreng sesuai dengan selera anda.


Jika anda menambahkan ayam, daging, bakso, sosis pastikan bahanbahan tersebut sudah matang atau setengah matang saat ditambahkan ke dalam nasi goreng yang sedang dimasak. Untuk mendapatkan nasi goreng yang lebih nikmat sebaiknya gunakan nasi yang sudah dingin bukan nasi yang baru matang.

Demikianlah bumbu dan resep membuat nasi goreng, selamat mencoba
Rating: 4.5