Miung.com

Jumat, 13 Maret 2015

Bumbu Rica-rica

Bumbu rica-rica identik dengan bumbu pedas yang nikmat dan menggugah selera. Bumbu rica-rica merupakan bumbu yan digunakan untuk memasak ayam rica-rica. Ayam rica-rica merupakan salah satu makanan khas manado yang sudah menyebar ke seluruh pelosok tanah air. Ayam rica-rica sangat digemari oleh masyarakat di seluruh pelosok tanah air. Ayam rica-rica mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan menu olahan ayam lainnya, yaitu cita rasa yang khas dan bumbu rempah yang digunakan sangat terasa sehingga tercipta rasa gurih dan manis yang istimewa.


Selera lidah orang Indonesia cenderung menyukai makanan dengan rasa rempah-rempah yang menonjol, sehingga tidak mengherankan jika banyak restoran dan rumah makan yang menawarkan menu ayam rica-rica bumbu pedas.


Bagi anda yang sangat menyukai makanan pedas, ayam rica-rica menjadi salah satu menu yang dapat anda nikmati bersama keluarga di rumah. Bagi anda yang tidak menyukai masakan pedas, anda tetap dapat menyajikan ayam rica-rica tanpa menggunakan bumbu pedas, sehingga hanya rasa manis dan gurih yang dapat anda nikmati. Berikut resep ayam rica-rica bumbu pedas yang dapat anda sajikan bersama keluarga di rumah.


Bahan ayam rica-rica bumbu pedas:

a. 1 ekor ayam yang sudah dipotong-potong

b. Air putih secukupnya

c. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu dan menggoreng ayam

d. 2 batang sereh yang dimemarkan

e. 8 lembar daun jeruk nipis

f. 1 sendok teh gula pasir

g. 1 sendok teh garam

h. penyedap rasa secukupnya


Bumbu membuat rica-rica :

a. 20 cabai rawit merah

b. 8 buah cabai merah besar

c. 4 siung bawang putih

d. 4 buah bawang merah

Haluskan semua bumbu di atas.


Cara Membuat Ayam Rica-Rica Bumbu Pedas :

a. Bersihkan ayam kemudian potong ayam menjadi beberapa bagian.

b. Panaskan minyak goreng kemudian masukkan ayam, setelah berwarna agak kekuningan angkat ayam dan tiriskan.

c. Panaskan minyak goreng secukupnya kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan garam, gula pasir dan penyedap rasa aduk hingga merata dan tunggu hingga berbau harum.

d. Masukkan ayam yang sudah di goreng ke dalam bumbu tumis kenudian aduk aduk agar bumbu menutupi ayam.

e. Masukkan air, jahe, sereh dan daun jeruk nipis aduk hingga merata agar bumbu meresap dan tunggulah hingga daging ayam empuk dan matang kemudian angkat ayam dan sajikan.


Anda dapat menambahakan irisan tomat dan daun selada air untuk menghias ayam agar menggugah selera makan anda. Anda juga dapat menambah atau mengurangi bumbu rica-rica sesuai selera anda. Anda juga dapat mengganti daging ayam dengan daging bebek ataupun daging mentok sesuai selera anda.

Demikianlah resep dan bumbu rica-rica ayam, selamat mencoba.
Rating: 4.5