Miung.com

Kamis, 26 Maret 2015

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Cara membuat kerajinan tangan dari kain perca. Kita bisa membuat kerajinan tangan dengan menggunakan kain perca. Kain perca adalah kain sisa yang sudah tidak bisa digunakan untuk membuat pakaian. Kain perca sering disebut dengan limbah yang dihasilkan oleh para penjahit. Kain kain yang sudah tidak dipakai atau kain perca itu sebenarnya bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan. dari kumpulan kumpulan kain perca yang ada bisa disatu padukan menjadi sebuah barang yang bisa digunakan kembali dan bahkan bisa dijual jika kerajinan yang dibuat memiliki nilai seni. Untuk membuat kerajinan kain perca anda harus benar benar memperhatikan permainan warna. Karena perpaduan warna yang cantik akan menghasilkan kerajinan yang cantik meskipun bahan yang digunakan merupakan bahan bekas atau bahan yang sudah dianggap sebagai sampah.

Sampah tidak selamanya hanya menjadi barang yang menyebabkan adanya pencemaran lingkungan. Dari sampah bisa juga dibuat menjadi barang yang bermanfaat kembali. Tergantung dari bagaimana anda mendaur ulang sampah tersebut. Seperti sampah kain perca, buat sebagian orang mungkin kain perca hanya dianggap sebagai sampah atau limbah yang pada akhirnya akan dibuang begitu saja. Tetapi sebenarnya kain ini dapat didaur ulang menjadi sebuah kerajinan tangan jika anda bisa mengolahnya dan tau tentang cara membuat kerajinan tangan dari kain perca. Jika anda memiliki ide yang kreatif untuk mengolah kain perca, kain ini bisa dibuat berbagai macam jenis kerajinan tangan, misalnya untuk membuat sandal japit.

Cara membuat kerajinan tangan dari kain perca sandal japit. Anda hanya membutuhkan sedikit kreatifitas untuk membuat sandal jepit anda menjadi lebih cantik dengan menggunakan kain perca. Sebelum anda membuat sandal dengan kain perca, anda harus mempersiapkan bahan bahan yang diperlukan terlebih dahulu seperti, sandal yang berwarna polos, beberapa kain perca, gunting, pensil, lem,hiasan (kancing baju, pita atau manic manic),dan pensil.

Langkah pertama untuk membuat sandal japit dari kain perca adalah, membuat pola sandal diatas kain perca, kemudian gunting pola yang sudah digambar.setelah digunting berilah lubang pada bagian tengah dan pada bagian sisi kanan dan kiri untuk mengkaitkan tali sandal. Kemudian tempelkan potongan kain perca pada sandal secara rapi hingga semua bagian sandal tertutup oleh kain perca kecuali bagian yang ada talinya. Tempelkan dengan menggunakan lem sebagai perekatnya. Pada bagian tali anda bisa melilitkan kain perca untuk menutup bagian talinya, sebelum dililitkan kain harus diberi lem agar kuat. setelah semua bagian tertutup kain perca saatnya member hiasan agar lebih canti, anda bisa menggunakan pita atau membuat bunga dengan kain perca lalu ditempelkan pada bagian tali agar sandal lebih terlihat menarik. Dalam membuat kerajinan perca ini anda harus pintar pintar memadukan warna. Mudah bukan bukan cara membuat kerajinan tangan dari kain perca? Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.
Rating: 4.5