Miung.com

Sabtu, 07 Maret 2015

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Cara membuat kerajinan tangan dari Koran bekas. Koran bekas yang bertumpukan dirumah anda dapat anda manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan yang menarik, selain bisa mengurangi sampah yang ada dirumah anda hal itu juga bisa dijadikan sebagai suatu bisnis kerajinan tangan yang tidak membutuhkan modal besar. Koran bekas yang ada dirumah anda bisa anda sulap menjadi suatu barang yang memiliki nilai seni dan juga memiliki nilai jual. Beberapa kerajinan yang terbuat dari Koran bekas, seperti tempat sampah, kotak tisu, tempat pensil, kapal layar hiasan, tas, bahkan ada juga yang membuat sandal dari Koran bekas. Jadi apabila anda memiliki banyak Koran bekas dirumah anda, anda tidak perlu membuangnya.

Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan dalam mendaur ulang Koran bekas dirumah anda. Cara membuat kerajinan tangan dari Koran bekas yang pertama, anda bisa membuat beberapa aksesoris dari Koran bekas. Caranya adalah anda harus merendan beberapa Koran agar Koran tersebut hancur seperti bubur, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan blender. Setelah Koran berubah bentuk menjadi seperti bubur, anda harus menyiapkan lem kanji yang sedang atau tidak begitu kental. Apabila lem kanji sudah jadi, lalu tuangkan Koran yang menjadi bubur tersebut kedalam baskom lalu masukan lem kanji dan aduk hingga benar-benar merata. Buatlah seimbang antara lem dan bubur Koran tersebut. Setelah semua tercampur rata kemudian bentuklah adonan Koran tersebut menjadi aksesoris yang anda inginkan, seperti gantungan kunci, magnet kulkas, dan lain-lain. Untuk mempercantik hiasan tersebut berilah warna dengan menggunakan cat kertas pada hiasan yang sudah dibentuk dan dikeringkan.

Koran bekas selain dapat digunakan untuk membuat aksesoris seperti diatas, Koran bekas juga bisa didaur ulang untuk menjadi sebuah kotak tisu yang cantik. Anda penasaran dan ingin tahu bagaimana caranya ? disini saya akan menjelaskan cara membuat kerajinan tangan dari Koran bekas untuk disulap menjadi sebuah kotak tisu yang cantiik.

Banyak orang yang tidak menyangka kalau koran bekas bisa dibuat menjadi kotak tisu yang cantik. Kali ini anda bisa mencoba membuatnya dirumah, karena bahan-bahan yang diperlukan sudah barang pasti ada dirumah anda. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kotak tisu adalah Koran bekas, kardus bekas, anda bisa menggunakan kardus sepatu yang sudah tidak dipakai. Gunakan kardus yang ukurannya cukup untuk tisu, kertas sampul, lem fox, thiner, dan juga cat. Anda dapat menggunakan bahan-bahan tersebut untuk dijadikan sebagai kotak tisu. Cara membuat kerajinan tangan dari Koran bekas tersebut adalah mempelajari dua teknhik yang paling mendasar yaitu melinting Koran dan juga membuat kotak. Anda harus faham cara melilit Koran yang benar sehingga terbentuk lilitan yang cantik. Setelah anda selesai membuat kotakan kemudian anda bisa memulai untuk menutup kotak tesebut menggunakan lilitan Koran yang sudah dibuat dengan menggunakan lem untuk perekat. Lilitkan pada kotak hingga kotak tertutup oleh lilitan Koran tersebut. Anda bisa mewarnai kotak tersebut dengan menggunakan cat kertas dan beri hiasan pada atasnya untuk mempercantik kotak tisu itu. Selamat mencoba.
Rating: 4.5