Miung.com

Selasa, 17 Maret 2015

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan

Cara membuat kerajinan tangan dari sedotan. Kerajinan tangan adalah hasil dari kreatifitas yang dihasilkan oleh seseorang dengan menggunakan beberapa bahan yang dapat dimanfaatkan dari lingkungan tempat tinggalnya. Sering kita jumpai anak-anak yang masih sekolah diberi tugas oleh gurunya untuk membuat sebuah kerajinan tangan. Hal ini dilakukan guna mengasah kreatifitas yang dimiliki oleh anak didiknya. Pada zaman sekarang banyak sekali orang-orang yang menggeluti usaha dibidang kerajinan tangan, selain omset jual yang tinggi usaha kerajinan tangan ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Sehingga banyak orang yang minat untuk mendirikan usaha seperti ini.

Ada beberapa barang yang bisa dibikin kerajinan tangan, salah satu dari barang tersebut adalah sedotan. Sedotan adalah alat yang sering digunakan untuk minum. Orang seringkali menggunakan sedotan untuk sekali pakai, jadi setelah dipakai sedotan itu akan dibuang. Pada kesempatan kali ini akan saya jelaskan tentang cara membuat kerajinan tangan dari sedotan. Ada beberapa macam kerajinan yang bisa dibuat dari bahan sedotan diantaranya adalah kerajinan bunga hias.

Ada bermacam-macam jenis bunga yang bisa dibuat dari sedotan, beberapa diantaranya adalah bunga lili dan bunga teratai. Cara membuat kerajinan tangan dari sedotan ini tidaklah susah, karena anda hanya membutuhkan bahan berupa sedotan dan gunting untuk membantu dalam proses
pembuatannya. Cara membuat bunga lili dari sedotan adalah sebagai berikut, untuk membuat bunga lili anda harus menggunakan sedotan yang pipih, bagi sedotan itu menjadi tiga potong, setelah itu potonglah 2/3 dari lebar sedotan itu, bentuk sedotan supaya sedikit bulat pada ujung kiri bagian atas. Sedotan yang sudah dipotong lalu diserut supaya bisa melengkung pada bagian ujungnya. Tempelkan double tape dibagian paling bawah kemudian susun hingga sedotan itu menyerupai kipas. Bentuk lah sedotan yang sudah menyerupai kipas seperti bentuk corong dengan bagian bawah lebih kecil. Untuk menjaga agar bunga itu kuat maka gunakan double tape untuk mengencangkan bagian bawahnya. Setelah bunga terbentuk memasukan putik dan kelopak bunga. Untuk mempercantik bunga tersebut anda bisa menambahkan tangkai yang terbuat dari kawat kecil yang sudah diberi warna dengan menggunakan pilok atau cat.

Bunga lain yang bisa dibuat dari sedotan adalah bunga teratai, cara membuat bunga teratai pun tidak jauh beda dengan cara membuat bunga lili yaitu dengan cara membagi sebuah sedotan menjadi empat bagian. Kemudian gunting lebar sedotan menjadi 2/3. Gunting dari bagian bawah ke bagian yang paling atas dan ujung sedotan dibuat lancip. Bukalah potongan sedotan lalu lipat mengikuti garis yang ada pada sedotan dengan arah keluar, kemudian lipat balik kembali pangkal sedotan tetapi tidak usah banyak-banyak. Tusuklah bagian pangkal dengan jarum lalu masukan kawat ke dalam lubang yang sudah dibuat pada kelopak bunga. Masukan seluruh kelopak yang ada. Ikatlah bagian kelopak bunga secara melingkar dari satu sisi kesisi yang lain. Setelah itu anda bisa menambahkan putik dan tangkai. Mudah bukan cara membuat kerajinan tangan dari sedotan ? anda bisa mencobanya dirumah untuk mengisi waktu luang.
Rating: 4.5