Miung.com

Kamis, 12 Maret 2015

Kerajinan Tangan Botol Bekas

Kerajinan tangan botol bekas. Sebagian orang banyak yang menganggap bahwa botol-botol yang sudah tidak dipakai adalah sampah. Akan tetapi dari barang yang dianggap sampah ini sebenarnya bisa menghasilkan uang tambahan untuk anda jika anda bisa mengolahnya. Botol bekas ini bisa dijadikan sebagai barang-barang yang cantik. Selain bisa menghasilkan uang, dengan adanya pendaur ulangan botol bekas hal ini juga bisa membersihkan lingkungan. Ada beberapa macam barang yang bisa dihasilkan dari mengolah botol bekas tersebut diantaranya, bunga, vas bunga, souvenir yang menarik, pesawat-pesawatan, lampu hias kamar tidur, celengan dan lain-lain.

Nah sekarang mari kita buat bunga dari botol bekas. Bagaimana cara membuatnya ? simak cara untuk membuatnya pada penjelasan dibawah ini. Sebelum anda membuat kerajinan tangan dari botol bekas ini, anda harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terkebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah dua botol bekas yang berukuran besar, dua botol bekas yang berukuran kecil, pilox, kawat, gunting, spidol, sterefom dan juga kertas krep. Setelah semua bahan terkumpul anda bisa mulai membuat bunga tersebut dengan cara menggunting botol bagian yang atas, kemudian pada bagian botol yang sudah dipotong diberi garis yang berbentuk bunga, lalu tutup botol dan bawahnya dibuka, gunting botol pada bagian bagian yang sudah diberi garis bunga,
semprotkan pilok pada botol yang sudah berbentuk bunga tunggu hingga kering, setelah bunga itu kering masukan sterefom yang berbentuk bunga pada bagian dalam, lapisi kawat dengan menggunakan kertas krep untuk member warna atau motif pada kawat, lalu tusukan sebuah kawat pada sterefom, pada bagian atas botol bunga besar beri botol bunga yang kecil pada bagian atasnya kemudian masukan lagi kawat sehingga bunga nampak bertumpuk.

Botol  bekas selain dibuat sebagai bunga, juga bisa dibuat dengan bentuk lainnya.  Kerajinan tangan dari botol bekas yang lain adalah celengan. Mengolah botol bekas menjadi sebuah celengan memiliki beberapa keuntungan yaitu mengajarkan anak untuk berkreatifitas sehingga melatih ketrampilan motorik, kesabaran dan ketelitian anak, dan yang paling penting adalah mengajarkan anak agar senang manabung.

Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas berbentuk celengan adalah, menyiakan bahan yang diperlukan, anda harus menyiapkan satu botol bekas yang berbentuk bulat, siapkan kertas kado atau bisa juga kertas warna, empat tutup pasta gigi, dua bola mata yang terbuat dari plastik dan double tape. Cara membuatnya adalah bersihkan botol bekas dengan cara dicuci dan biarkan hingga botol itu benar-benar kering, setelah botol kering buatlah lubang pada bagian tutup botol dengan tujuan untuk memasukan uang yang akan ditabung, setelah itu gunting kertas dan bentuk menyerupai mata, hidung dan juga telinga, tempelkan kertas-kertas yang telah dibentuk tadi ke tutup pasta gigi yang sudah ada menggunakan double tape. Setelah semua bagian tertempel celengan botol bekas siap untuk digunakan. 

Mudah bukan untuk membuatnya, selamat mencobanya dirumah dan ajarkan buah hati anda untuk senantiasa menabung.
Rating: 4.5