Miung.com

Kamis, 05 Maret 2015

kerajinan tangan daerah

Kerajinan tangan daerah. Ada banyak sekali jenis kerajinan yang bisa kita temui. Masing masing daerah pun memiliki kerajinan tangan yang khas pula. Dari banyaknya daerah yang ada di Indonesia, ada kerajinan khas yang hanya ada di daerah tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kerajinan tangan yang ada di daerah daerah yang terdapat di Indonesia.

Berikut adalah macam-macam kerajinan tangan daerah yang ada di Indonesia, kerajinan yang pertama yaitu kerajinan tangan besi putih. Kerajinan tangan ini berasal dari daerah morotai. Kerajinan tangan besi putih diproduksi dengan menggunakan sisa dari perlengkapan PDII saat tempur. Dari sisa sisa tersebut diolah untuk dijadikan kerajinan tangan seperti cincin, kalung, gelang,pisau, dan masih banyak lagi kerajinan yang lainnya. Kerajinan tangan yang diproduksi oleh daerah morotai banyak disukai oleh orang karena barang barang yang dihasilkan tidak mudah berkarat jika dibandingkan dengan kerajinan dari daerah lain. Dari daerah Maluku juga ada kerajinan tangan yang khas yaitu kerajinan parang dan juga salawaku. Salawaku dan parang adalah kerajinan khas dari daerah Maluku karena ini merupakan senjata yang khas bagi masyarakat Maluku. Senjata ini sering digunakan oleh penari laki laki pada saat mereka sedang menari cakalele.

Tikar pandan juga merupakan kerajinan tangan daerah Halmahera bagian utara. Kerajinan tikar pandan ini sudah sangat turun temurun dari generasi terdahulu sampai dengan generasi saat ini dan seterusnya. Tikar pandan dibuat dengan menggunakan daun pandan, karena di daerah Halmahera banyak ditemui daun pandan. Daun pandan diolah dengan cara membuang duri duri yang ada pada daun pandan itu, setelah itu daun pandan harus direbus terlebih dahulu, setelah daun pandan mengalami proses perebusan lalu daun pandan harus dijemur agar diperoleh daun pandan yang lemas. Setelah daun pandan itu lemas, barulah bisa diolah menjadi sebuah tikar dengan cara dianyam. Untuk memberikan motif pada tikar yang dihasilkan, bisa ditambahkan pewarna pada saat proses perebusan daun. Kerajinan tangan daerah Halmahera yang lainnya adalah saloi, saloi atau tas punggung ini terbuat dari rotan. Tas khas masyarakat Halmahera ini sering digunakan oleh para wanita pekebun. Bentuk dari saloi ini sendiri adalah bundar dan mengerucut pada bagian bawah. Selain saloi tolu juga sering digunakan untuk berkebun bagi masyarakat Halmahera. Bahan untuk membuat tolu adalah pelepah pohon pinang yang telah dikeringkan. Tolu adalah suatu benda yang digunakan untuk berteduh saat hujan ataupun saat panas.

Ada juga kerajinan tangan piring rotan. Kerajinan tangan ini dibuat dengan menggunakan rotan. Cara membuat piring rotan ini adalah dengan melilitkan rotan rotan yang ada satu sama lain sehingga terbentuk menyerupai sebuah piring. Saat ini piring rotan banyak digunakan di resto resto yang menyajikan makanan seperti ayam goreng ayam bakar atau seafood baakar. Piring rotan ini adalah contoh lain kerajinan tangan dari Halmahera. Masih banyak lagi jenis kerajinan tangan daerah dari daerah daerah lain yang ada di Indonesia. Itu tadi diatas hanyalah sebagian kecil contoh kerajinan yang ada. Semoga informasi tersebut diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Amiiiin !!!!
Rating: 4.5